Cara Pesan Cek Pesanan
Tix Point
Anda belum memesan
Kompeks Makam Engku Puteri Raja Hamidah
  • 299 Hotel di dekat Kompeks Makam Engku Puteri Raja Hamidah

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Tanjung Pinang, Indonesia (TNJ)
Penerbangan Ke Batam, Indonesia (BTH)
Penerbangan Ke NatunaRanai, Indonesia (NTX)

Kompeks Makam Engku Puteri Raja Hamidah

Alamat : Indonesia , 29114, Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, Tanjung Pinang Timur, Penyengat

Kategori

Tidak terlalu jauh dari Masjid Raya Sultan Riau, terdapat kompleks makam yang memiliki struktur atap bersusun dengan ornamen yang indah. Dikompleks makam ini terdapat beberapa makam pembesar kerajaan Riau, salah satu diantaranya adalah makam Enku Puteri. Engku Puteri yang memiliki nama lahir Raja Hamidah merupakan anak dari Raja Haji Yang Dipertuan Muda Riau ke IV.

Sejarahnya, perkawinan dengan Sultan Mahmud mengantar Engku Puteri Raja Hamidah menjadi tokoh yang sangat penting dalam kerajaan Riau-Johor pada awal abad ke-19. Karena di dalam tangannya diamanahkan alat-alat kebesaran kerajaan (insignia atau rgelia). Tanpa alat-alat kebesaran itu penobatan seorang sultan menjadi tidak sah menurut adat setempat.

Konon, pulau Penyengat adalah mas kawin dari Sultan Mahmud kepada Engku Puteri. Berdasarkan catatan sejarah, Engku Puteri wafat pada tahun 1844. Selain makam Engku Puteri juga terdapat makam Raja Haji Abdullah Yang Dipertuan Muda Riau IX, dan makam Raja Ali Haji Sastrawan dari kerajaan Riau Lingga, karyanya yang terkenal adalah Gurindam Dua Belas.

Galeri Foto Kompeks Makam Engku Puteri Raja Hamidah

Hotel di dekat Kompeks Makam Engku Puteri Raja Hamidah