Cara Pesan Cek Pesanan
Tix Point
Anda belum memesan
Taman Wisata Suranadi
  • 50 Hotel di dekat Taman Wisata Suranadi

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Bima, Indonesia (BMU)
Penerbangan Ke Lombok, Mataram, Indonesia (LOP)
Penerbangan Ke Sumbawa, Indonesia (SWQ)

Taman Wisata Suranadi

Alamat : Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat

Kelompok Hutan Suranadi yang terletak di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat telah ditetapkan sebagai Taman Wisata Suranadi dengan luas 52 Ha. Berdasarkan SK Menteri Pertanian tanggal 15 Oktober 1976 No. 646/Kpts/Um/10/76 Jo tanggal 30 Mei 1977 No. 274/Kpts/Um/5/77, guna meningkatkan fungsi konservasi baik flora/fauna maupun ekosistemnya, agar tercapai keserasian lingkungan dan yang dimanfaatkan sebagai obyek rekreasi, pendidikan, kebudayaan, penelitian dan kepariwisataan.

Di dalam Taman Wisata Suranadi kita bisa menemukan beberapa jenis satwa yang meskipun jumlahnya relatif lebih kecil dibanding dengan Taman Nasional Rinjani, akan tetapi masih tetap menarik bagi wisatawan asing maupun lokal. Diantaranya :

Jenis Mamalia :

-Kera Abu-abu (Macaca Fascicularis)
-Kera Hitam (Presbytis cristata)
-Musang Air (Cyngale benniti)
-Jelarang (Ratufa bicolor)
dll.

Jenis Burung (Aves) :

-Burung Elang (Falchonidae)

-Burung Madu (Nectariniidae)

Jenis Reptil :

-Biawak (Varanus Salvator)

-Ular (Calobridae)

Selain itu vegetasi yang menutupi kawasan Taman Wisata Suranadi merupakan vegetasi campuran yang tersebar merata dan ditandai dengan tumbuhnya pohon-pohon yang tinggi bercampur dengan perdu, semak dan padang rumput, sehingga secara keseluruhan membentuk lapisan tajuk tertutup yang dapat dibagi dalam 3 etage :

  1. Pohon dengan ketinggian 25 s/d 30 meter letaknya tidak beraturan dan tersebar seperti Beringin (Ficus sp.), Garu (Dysoxilum sp.), Terep (Artocarpus elastica), Suren(Toona sureni), Kemiri (Aleurites meluccana) dan Purut (Parartocarpus venenota).
  2. Etage Dominan : Pulai (Alstonia scholaris), Salam (Eugenia sp) Kopang(Parkiabiglobo), Durian (Durio zibertinus), Sentul (Aglaia sp) dan Berora (Kleinhovia hospita).
  3. Semak-semak dan jenis liana.

Apabila anda mempunyai rencana untuk berwisata ke tempat ini, didalam kawasan pengunjung telah disediakan beberapa fasilitas penunjang yang disediakan oleh pihak pengelola. Antara lain terdapat jalan pengunjung, shelter, pusat informasi, bumi perkemahan, ruang pertemuan, musholla, MCK, plaza, taman bermain, open theatre, pondok jaga, kolam pancing, dan kandang satwa. 

Sedangkan diluar kawasan terdapat restaurant, hotel, kolam renang, dan warung kelontong.

Perlu diperhatikan bagi anda yang akan berkunjung di tempat ini, ada beberapa ketentuan umu yang telah ditetapkan pihak pengelola demi keamanan dan kenyamanan bersama. Yaitu,

  1. Sampah kertas, plastik, kaleng, botol,dan lain sebagainya harus dibuang pada tempat yang disediakan
  2. Para pengunjung dihimbau ikut menjaga keutuhan kawasan wisata dengan tidak mencorat-coret atau memahat pohon, batuan, bangunan, dan segala properti milik tempat wisata
  3. Para pengunjung diharapkan peran serta aktifnya dalam menjaga kelestarian dan isinya dengan tidak menebang pohon, mengambil ranting, daun, tidak berburu, menangkap atau memiliki satwa yang diliindungi baik dalam keadaan hidup maupun mati
  4. Untuk masuk ke area taman wisata Suranadi pengunjung diharuskan membeli karcis masuk
  5. Untuk melakukan penelitian/praktek lapangan, harus ada ijin khusus dari kantor Sub Balai Konservasi Sumber Daya Alam Nusa tenggara Barat, alamat Jln.Majapahit No. 54 B Mataram.

Galeri Foto Taman Wisata Suranadi

Hotel di dekat Taman Wisata Suranadi