Cara Pesan Cek Pesanan
Tix Point
Anda belum memesan
Rumah Pengasingan Bung Karno Flores
  • 748 Hotel di dekat Rumah Pengasingan Bung Karno Flores

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke LabuanBajo, Indonesia (LBJ)
Penerbangan Ke Kupang, Indonesia (KOE)
Penerbangan Ke Maumere, Indonesia (MOF)
Penerbangan Ke Waingapu, Indonesia (WGP)
Penerbangan Ke Ende, Indonesia (ENE)
Penerbangan Ke Bajawa, Indonesia (BJW)
Penerbangan Ke Tambolaka, Indonesia (TMC)
Penerbangan Ke Atambua, Indonesia (ABU)
Penerbangan Ke Alor Island, Indonesia (ARD)
Penerbangan Ke Ruteng, Indonesia (RTG)
Penerbangan Ke rote ndao, Indonesia (RTI)
Penerbangan Ke flores timur, Indonesia (LKA)

Rumah Pengasingan Bung Karno Flores

Alamat : Indonesia , 86319, Nusa Tenggara Timur, Ende, Ende Utara, Kota Raja

Terletak di jalan Perwira, Kelurahan Kotaraja Kecamatan Ende Utara (Kota Ende). Bangunan ini merupakan bekas rumah atau tempat tinggal Bung Karno dan keluarga  semasa pembuangan/ pengasingan di Ende oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1934-1938 yang masih dijaga, dirawat dan dipertahankan keasliannya oleh Pemerintah Kabupaten Ende. Bung Karno diasingkan sejak 14 Januari 1934 bersama istrinya, Inggit Garnasih; mertuanya, Ibu Amsih; anak angkatnya, Ratna Juami; serta guru anak angkatnya, Asmara Hadi. Rumah dan pohon sukun, dua saksi sejarah yang berada di jantung Kota Ende tetap dipelihara dengan baik sampai sekarang. Di kalangan masyarakat Ende, rumah pengasingan Bung Karno ini dianggap sakral. Siapa pun yang memasuki halaman rumah harus meminta izin kepada Bung Karno dengan mengucapkan kata 'permisi'. "Kalau Anda tidak mengucapkan kata permisi, nanti ada saja rintangan. Misalnya kalau memotret, gambarnya tidak tampak. Dan dibelakang museum Bung Karno ada sumur yang dalamnya 12 meter, digunakan oleh Bung Karno untuk mandi, cuci dan minum serta wudhu untuk sembayang. Konon air sumur ini mempunyai khasiat untuk kesembuhan penyakit dan awet muda.

Semua barang koleksi milik Bung Karno masih tersimpan dengan baik di dalam museum ini seperti : foto keluarga, foto pribadi Bung Karno, barang keramik, dua buah tongkat berkepala monyet, pulpen ukuran besar, piring nasi, cerek air minum, besi seterika, alat gantungan pakaian, lemari pakaian, tempat tidur besi, lukisan- lukisan dan masih banyak barang koleksi lainnya.

Di dalam Situs Rumah Bung Karno juga terdapat tempat sujud/ ruang semedi dan tempat sembahyang/ sholat yang selalu digunakan oleh Bung Karno bersujud kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk memohon bantuan bagi Perjuangan Kemerdekaan bangsa Indonesia hingga membekas di lantai.

Galeri Foto Rumah Pengasingan Bung Karno Flores

Hotel di dekat Rumah Pengasingan Bung Karno Flores