Tentang Bangunkarta

Kereta api Bangunkarta adalah kereta api kelas eksekutif satwa yang dioperasikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Pasar Senen - Jombang dan sebaliknya.Kereta api Bangunkarta dioperasikan pertama kali pada bulan Januari 1985 melayani pemerjalan ekonomi dari Jombang ke Jakarta. Pada tanggal 24 Desember 1994 layanan kereta api Bangunkarta ditingkatkan dengan menambah rangkaian kereta kelas bisnis, dan sejak tanggal 1 Agustus 1996 semua rangkaian berubah layanannya menjadi kelas bisnis.Penambahan layanan kelas eksekutif dilakukan sejak tanggal 1 Februari 1999 dan pada tanggal 1 Juli 2001 sampai dengan sekarang KA Bangunkarta melayani perjalan eksekutif dan bisnis dengan membawa rangkaian 2 kereta kelas eksekutif dan 8 kereta kelas bisnis.Nama Bangunkarta diambil dari singkatan nama kota asal dan tujuan kereta api yaitu jomBANG melalui madiUN dan jaKARTA (BANGUNKARTA), Sebelumnya Bangunkarta melayani relasi Jombang-Pasar Senen, kemudian rutenya di teruskan sampai Jakarta Kota namun tidak melewati Gambir.kereta api Bangunkarta akan di diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Pasar Senen, tepat pkl.16.05 dan akan berhenti di Cirebon, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Brumbung, Paron, Madiun,Nganjuk dan Kertosono serta sampai di Jombang diperkirakan pkl.04.22 dan dari stasiun Jombang, tepat pkl.16.45 dan akan berhenti di stasiun Kertosono, Nganjuk, Madiun, Semarang Tawang, Pekalongan, Tegal, Cirebon Prujakan, Cirebon, Jatinegara dan diperkirakan sampai di stasiun Pasar Senen pkl.05.22 wib.

Kelas Bisnis, Eksekutif & Ekonomi

Kelas Eksekutif

  • Interior :

    Desain disesuaikan dengan aspek estetika, keselamatan & kenyamanan, dilengkapi dengan peredam suara & isolasi panas tidak mudah terbakar. Semua ditujukan agar keamanan dan kenyamanan penumpang selama perjalanan yang ditempuh dapat terjaga.

  • Tempat Duduk :

    1. - Kapasitas 50 tempat duduk perkereta
    2. - Reclining & revolving seat system
    3. - Dilengkapi meja statis & sandaran kaki
    4. - Desain ergonomis

  • Pintu Ruangan :

    Pintu ruangan menggunakan Sistem geser otomatis

  • Jendela :

    Kaca Jendela terbuat dari Kaca tetap dupleks, lapisan laminasi isolator panas dilengkapi dengan tirai

  • Penyegar Ruangan :

    2 set Air Conditioner (AC) per kereta temperatur 21- 26­­­­­o C

  • Jenis Bogie :

    K5/TB.398 dan K8/NT.60 dengan sistem suspensi ganda: rubber pad dan coil spring serta bolster anchor dan vertical shock absorber

  • Fasilitas Keselamatan :

    Terdapat Tabung pemadam kebakaran, emergency brake yang dapat digunakan dalam keadaan yang diperlukan.

  • Fasilitas Lainnya :

    Toilet

  • Type :

    Eksekutif