Museum Kailasa Dieng
  • 13 Hotel dekat Museum Kailasa Dieng

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Solo, Indonesia (SOC)
Penerbangan Ke Semarang, Indonesia (SRG)
Penerbangan Ke Cilacap, Indonesia (CXP)
Penerbangan Ke Karimunjawa, Indonesia (KWB)

Museum Kailasa Dieng

Alamat : Banjarnegara, Batur, Dieng Kulon

Kailasa adalah sebuah museum yang berisi artefak dan keterangan geologi, pertanian, kesenian, kepercayaan, flora, fauna dan warisan arkeologi Dataran Tinggi Dieng. Museum kailasa terletak di komplek candi Gatutkaca secara administratif masuk Kabupaten Banjarnegara.

Museum ini diberi nama Kailasa, yang diambilkan dari nama salah satu gunung tempat tinggal Dewa Syiwa. Nama ini diambil karena kepurbakalaan Dieng diwarnai dengan pemujaan terhadap Dewa Syiwa, yang dapat diketahui dari percandian maupun prasasti. Museum kailasa diresmikan pada tanggal 28 Juli 2008 Oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia (Ir Jero Wacik).

Museum kailasa merupakan salah satu obyek wisata religius yang terdapat di dataran tinggi dieng, didalam museum terdapat peninggalan peradaban Hindu Jawa kuno pada abad ke-7 sampai dengan abad ke -8.

Di dalam Museum Kailasa dilengkapi dengan teater yang berisi film dokumenter tentang candi, arkeologi, dan prasasti dieng.

Fasilitas lain yang terdapat disekitar museum kailasa seperti, Cafe sebagai tempat peristirahatan yang nyaman untuk wisatawan dan pusat oleh - oleh berupa cideramata khas dieng.

Galeri Foto Museum Kailasa Dieng

Hotel dekat Museum Kailasa Dieng