Candi Mendut
  • 46 Hotel dekat Candi Mendut

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Solo, Indonesia (SOC)
Penerbangan Ke Semarang, Indonesia (SRG)
Penerbangan Ke Cilacap, Indonesia (CXP)

Candi Mendut

Alamat : Jl. Mayor Kusen No.92, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah 56512, Indonesia

Jika berwisata ke Magelang, Anda bisa mempertimbangkan untuk memesan hotel dekat Candi Mendut. Candi Mendut adalah sebuah candi bercorak Buddha yang berlokasi di dekat Candi Borobudur. Candi ini berjarak hanya sekitar 3 kilometer dari Candi Buddha terbesar di Indonesia. Candi Mendut ini dibangun sejak abad ke-9 Masehi pada masa pemerintahan dinasti Syailendra di Kerajaan Mataram Kuno. Candi Mendut merupakan salah satu candi tertua di Jawa Tengah, selain Candi Pawon dan Candi Borobudur.

Seperti halnya Candi Borobudur, Candi Mendut juga dibangun oleh wangsa Syailendra. Candi yang dibangun dengan dasar berbentuk segiempat ini juga memiliki beragam relief Indah pada dinding-dindingnya. Salah satu pemandangan yang paling mencolok ketika pengunjung datang ke Candi Mendut adalah tiga arca Buddha berukuran besar. Ketiga arca Buddha yang berada di Candi Mendut ini adalah Arca Dhyani Buddha Vairocana, Arca Buddha Avalokiteswara, dan Arca Bodhisatva Vajrapani. 

Terdapat semacam garis imajiner yang menghubungkan antara Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon. Candi Mendut ini dikepung oleh saluran air yang disebut sebagai Jalawadra. Jalawadra ini mengelilingi Candi Mendut, seperti halnya jalawadra yang bisa ditemukan di sekitar Candi Borobudur maupun di sekitar Candi Prambanan.

Meskipun banyak ahli sejarah yang percaya bahwa Candi Mendut dibangun pada abad ke-9, tetapi belum ada yang memastikan kapan tepatnya Candi Mendut ini dibangun. Salah satu pendapat dari ahli sejarah menyatakan bahwa Candi Mendut ini didirikan pada tahun 824 Masehi, meskipun belum dapat dibuktikan kebenarannya yang pasti.

Saat ini, lokasi wisata Candi Mendut tidak hanya menawarkan liburan bernuansa sejarah dengan mengunjungi Candi Mendut saja. Lokasi wisata Candi Mendut juga menawarkan pengalaman wisata Mendut Rafting. Pengalaman wisata Mendut Rafting ini dapat dinikmati di sekitar lokasi wisata Candi Mendut, tepatnya berjarak 150 meter dari area berdirinya Candi Mendut. Anda bisa berarung jeram di Sungai Elo Magelang, Sungai Progo Atas, Sungai Progo Bawah, maupun Sungai Bogowonto bersama layanan wisata Mendut Rafting.

Tempat wisata Candi Mendut ini berlokasi di Jalan Magelang, Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Dari tempat wisata Candi Borobudur, Anda dapat mencapai tempat wisata Candi Mendut ini dengan berkendara selama sekitar 10 menit.

Selain itu, sebagai salah satu pilihan terbaik untuk penginapan di Magelang, hotel dekat Candi Mendut juga bisa dipesan dengan mudah di tiket.com. Kami menyediakan berbagai macam hotel dekat Candi Mendut yang bisa Anda jadikan pilihan tempat untuk menginap.

Nikmati pengalaman berwisata yang tak terlupakan dengan memesan hotel dekat Candi Mendut. Segera pesan hotel dekat Candi Mendut di tiket.com dengan harga terjangkau sekarang juga.

Di mana pun menginapnya, tiket.com aja!

Galeri Foto Candi Mendut

Hotel dekat Candi Mendut