Wisata Loko Pabrik Gula
  • 3 Hotel dekat Wisata Loko Pabrik Gula

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Surabaya, Indonesia (SUB)
Penerbangan Ke Malang, Indonesia (MLG)
Penerbangan Ke banyuwangi, Indonesia (BWX)
Penerbangan Ke Jember, Indonesia (JBB)
Penerbangan Ke Sumenep, Indonesia (SUP)

Wisata Loko Pabrik Gula

Alamat : Indonesia , 68157, Jawa Timur, Jember, Semboro, Pabrik Gula Semboro

Pabrik Gula Semboro yang terletak 35 km, arah Barat Kota Jember didirikan pada masa penjajahan Belanda oleh HENDELES VERENIGING AMSTERDAM (Perusahaan Swasta Belanda) pada tahun 1921 dengan luas lahan tebu 2.103 Ha yang tersebar di wilayah Jember bagian barat dan selatan.

Pada jaman pendudukan Jepang kegiatan PG. Semboro sempat terhenti karena lokasi pabrik dijadikan pabrik soda untuk memenuhi kebutuhan pemerintahan Jepang. Setelah Indonesia merdeka sampai tahun 1949 PG. Semboro dijadikan pabrik amunisi sebagai suplai persenjataan pejuang Indonesia dalam melawan penjajah Belanda yang ingin kembali menduduki Indonesia.

Mulai tahun 1950 kegiatan penggilingan diaktifkan kembali sampai tahun 1957 yang merupakan nasionalisasi perusahaan asing di Indonesia, yang berarti berakhir pula kepemilikan HVA.

Wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Agrowisata PG. Semboro disamping bernostalgia dengan menaiki loko uap sepanjang 45 km (2 jam perjalanan) juga bisa menikmati pemandangan indah dan sajian tarian, baik pada saat di penginapan maupun di pemberhentian sepanjang perjalanan loko.

Galeri Foto Wisata Loko Pabrik Gula

Hotel dekat Wisata Loko Pabrik Gula