Sunan Sendang Duwur
  • 1 Hotel dekat Sunan Sendang Duwur

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Surabaya, Indonesia (SUB)
Penerbangan Ke Malang, Indonesia (MLG)
Penerbangan Ke banyuwangi, Indonesia (BWX)
Penerbangan Ke Jember, Indonesia (JBB)
Penerbangan Ke Sumenep, Indonesia (SUP)

Sunan Sendang Duwur

Alamat : Indonesia , ,Jawa Timur, Lamongan, Paciran, Paciran

Kategori

Mempelajari penyebaran agama Islam di Pulau Jawa tidak bisa dipisahkan dari sejarah Sunan Sendang Duwur. Bukti peninggalan makam dan masjid kuno, memberi jawaban bagaimana kiprah sunan yang makamnya terletak di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan itu.

Ada yang mengatakan Sunan Sendang Duwur sebagai putra Abdul Qohar dari Sedayu (Gresik), salah satu murid Sunan Drajad. Ada pula yang menyebut Sunan Sendang Duwur tidak berguru pada Sunan Drajad. Namun dari perbedaan itu, sepakat bahwa Raden Noer Rochmat alhirnya diwisuda Sunan Drajad sebagai Sunan Sendang Duwur.

Masjid itu kini sudah berusia 474 tahun (didirikan R. Thoyib di Mantingan pada 1531). Karena usianya yang tua, beberapa konstruksi kayunya terpaksa diganti dan yang asli tetap disimpan di lokasi makam, di sekitar masjid.

Bangunan yang menunjukkan Hindustis masih tampak di masjid dan makam. Meski halaman dan makam menyatu, masjid ini mempunyai halaman sendiri-sendiri. Dari arah jalan, yang tampak lebih dulu adalah kompleks pancandian. Sedangkan gapura halaman berbentuk candi Bentar di Bali. Bentuk candi seperti ini telah dikenal sejak zaman Majapahit, seperti Gapura Jati Pasar dan Waringin Lawang.

Galeri Foto Sunan Sendang Duwur

Hotel dekat Sunan Sendang Duwur