Pulau Moyo
  • 0 Hotel dekat Pulau Moyo

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Bima, Indonesia (BMU)
Penerbangan Ke Mataram, Indonesia (LOP)
Penerbangan Ke Sumbawa, Indonesia (SWQ)

Pulau Moyo

Pulau Moyo bisa dikatakan sebagai tujuan wisata utama di Sumbawa, pulau ini merupakan sebuah pulau yang terletak di teluk Saleh sebelah utara Sumbawa. Pulau Moyo memiliki daya tarik wisata yang cukup lengkap, dataran pulau moyo merupakan habitat dari kawanan rusa, sapi liar, babi hutan dan burung gosong (megapodius) yang dilindungi. Selain itu juga terdapat air terterjun bertingkat yang indah. Sementara di pantai Moyo menyajikan panorama pantai yang indah, serta kekayaan alam bawah air yang mempesona, sangat cocok untuk melakukan snorkeling dan diving. Laut di sini sangat kaya akan ikan, bahkan dari atas pun kita sudah bisa melihat ribuan ikan yang berenang di pantai. Moyo Island sudah terkenal akan keindahan alamnya.

Pulau Moyo merupakan pulau kecil namun memiliki daya tarik yang luar biasa dengan kekayaan alamnya. Pulau Moyo adalah tempat wisata berkelas dunia, beberapa orang besar seperti Lady Diana dan Mick Jagger pun pernah mengunjungi pulau ini untuk berlibur, terletak sekitar 2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat . Pulau Moyo menawarkan keindahan dan keaslian alamnya yang banyak diminati wisatawan dalam negri maupun mancanegara untuk mencari ketenangan saat berlibur dengan keindahan pantai, laut maupun alamnya.

Pulau seluas 30.000 hektar ini masih sangat alami, hal ini bisa di lihat dengan banyaknya hewan liar yang masih hidup di habitatnya seperti, babi, rusa, ada pula 86 jenis burung di antaranya kakatua berkepala kuning dan burung gosong terdapat juga 21 jenis kelelawar. Di karenakan masih sangat alami, maka di sarankan pengunjung menggunakan jasa pemandu untuk memasuki pulau Moyo.

Terdapat air terjun, sungai dan hutan yang nyaris tak tersentuh serta keindahan bawah lautnya akan memanjakan mata. Kamu bisa hiking di hutan, menyusuri sungai, air terjun maupun gua.  Salah satunya gua Ai Manis, kita juga bisa trekking selama dua jam yang di mulai dari Labuhan Haji ke arah Air Terjun Brang Rea yang terletak di tengah pulau.

Aktifitas lain yang bisa kamu lakukan adalah snorkeling atau menyelam. Terdapat sponge dan crustacea di taman lautnya yang membentuk formasi karang lunak dan keras yang indah, hampir keseluruhan pulau Moyo dikelilingi karang yang masih utuh. Di kawasan ini juga terdapat hiu dengan panjang sekitar dua meter, belut, anemon, pelangik, bahkan manta, jika kamu beruntung kamu juga bisa melihat sekumpulan ikan terbang dari dalam air ke atas permukaan. Kamu juga bisa diving di sekitar Pulau Medang yang berada di Barat Laut Pulau Moyo. Pulau Moyo biasanya sering menjadi tempat persinggahan bagi kapal pesiar dari Bali, Lombok bahkan dari mancanegara. Di sebelah timur pulau Moyo terdapat pulau mungil yaitu Pulau Satoda yang memiliki danau air asin di tengahnya.

Untuk menuju pulau Moyo sangatlah mudah, dari Bali ke Sumbawa Besar menuju Air Bari sebuah kampung pesisir, dengan waktu tempuh sekitar 60 menit dan kemudian perjalanan di lanjutkan menggunakan speedboat atau kapal ketinting ke pulau Moyo yang ditempuh sekitar 15 menit.

Galeri Foto Pulau Moyo

Hotel dekat Pulau Moyo