Teluk Saleh
  • 1 Hotel dekat Teluk Saleh

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Bima, Indonesia (BMU)
Penerbangan Ke Mataram, Indonesia (LOP)
Penerbangan Ke Sumbawa, Indonesia (SWQ)

Teluk Saleh

Alamat : Saleh Bay

Kategori

Merupakan gugusan berpasir putih dengan koralnya yang indah dan beranekan ragam ikan hias dengan airnya yang tenang, sangat cocok sebagai tempat berenang, dan menyelam untuk melihat pemandangan bawah laut. Teluk Saleh merupakan perairan yang kaya dengan aneka ikan laut seperti ikan kerapu yang hasilnya telah diekspor ke berbagai negara antara lain Jepang, Hongkong dan Singapura. Dari Teluk Saleh ini tampak jelas Gunung Tambora yang mempunyai kawah (Caldera) terluas di dunia.

Disekitar Teluk Saleh ini juga terdapat beberapa pulau-pulau kecil. Semua pulau tersebut dikelilingi oleh taman coral reefs. Pulau Ngali, Liang, Dangar, dan Rakit adalah pulau utama, yang pada hamparan air lautnya para pengunjung bisa berenang, menyelam, bahkan memancing.

Gili Tapan adalah salah satu pulau kecil yang ada di kawasan Teluk Saleh. Merupakan salah satu pulau yang secara administratif termasuk dalam Desa Labuan Sangoro. Suku Bugis adalah orang-orang yang mendiami pulau ini secara turun-temurun. Alamnya sungguh eksotis.

Pemerintah Provinsi NTB juga telah mencanangkan Program SAMOTA ( Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Tambora ) yang akan dijadikan sebagai kawasan Megaminapolitan dan Pariwisata Nasional. Melalui program ini diharapkan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak kurang lebih 85.000 orang dengan nilai produksi 11,6 trilyun pertahun. Nilai produksi itu diharapkan diperoleh dari Udang, Rumput Laut dan ikan Kerapu serta dari keragaman Ikan bersirip yang banyak dijumpai dikawasan itu diluar nilai pariwisata.

Teluk Saleh, ibarat akuarium raksasa yang menyimpan potensi ekonomi lestari yang wajib dijaga kelestariannya oleh seluruh masyarakat NTB,  maupun para pengunjung yang datang ke tempat ini.

Galeri Foto Teluk Saleh

Hotel dekat Teluk Saleh