Sarkofagus Sumbawa
  • 0 Hotel dekat Sarkofagus Sumbawa

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Bima, Indonesia (BMU)
Penerbangan Ke Mataram, Indonesia (LOP)
Penerbangan Ke Sumbawa, Indonesia (SWQ)

Sarkofagus Sumbawa

Alamat : Indonesia , 84371, Nusa Tenggara Barat, Sumbawa, Moyo Hulu, Batu Tering

Rasa kagum akan muncul di benak kita, saat menyaksikan kuburan batu atau yang lazim disebut sarkofagus. Disimpan di tebing bukit yang jaraknya cukup jauh dari pemukiman warga, sarkofagus masih bisa ditemukan di Ai Renung, Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu dan beberapa tempat di Kabupaten Sumbawa. Banyak lambang yang dibuat di kuburan batu itu, seperti pahatan binatang melata yang melambangkan sesuatu yang berhubungan dengan alam arwah juga alat kelamin yang melambangkan kesuburan. Sarkofagus Ai Renung dibuat pada zaman megalitik, sekitar 2000 SM, dijadikan tempat pemakaman kepala suku. Lokasi ini sering dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Situs sarkofagus Ai Renung di daerah Batu Tering, Sumbawa Besar adalah bukti sejarah bahwa daerah Sumbawa telah berkembang sejak masa jaman Neo Lithicum.

Situs berupa makam yang terbuat dari batu ini terdapat di beberapa lokasi di daerah Batu Tering. Masing-masing lokasi tidak terlalu berjauhan jaraknya dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki dalam hitungan menit saja. Di beberapa makam terdapat relief yang menjelaskan siapa yg dimakamkan disitu dan ada pula relief yg konon menceritakan kematian sang empunya makam. Makam-makam itu sendiri dibuat dari batu besar yg dipahat sedemikian rupa hingga bisa menempatkan jenazah manusia didalamnya. Kemudian dibuat penutup yang juga terbuat dari batu yang dipahat.

Yang sering dikunjungi wisatawan lokal dan luar negeri hanya sarkofagus di Ai Renung, berjarak sekitar 28 km dari Sumbawa Besar. Tiap tamu yang datang ke Ai Renung masih mengalami hambatan, karena yang dilalui hanya jalan setapak, berjarak sekitar 7 km dari Batu Tering. Jangankan mobil, sepeda motor saja tidak bisa ke lokasi sarkofagus. Ini karena jalan masih setapak, mengakibatkan sulit dijangkau kendaraan. Kendati sarana transportasi sangat terbatas ada juga wisatawan yang datang ke Ai Renung dengan cara menunggang kuda. Ini sebagai bukti betapa besar minat wisatawan melihat dari dekat keberadaan sarkofagus, yang merupakan peninggalan sejarah masa silam. Cagar budaya ini bisa ditempuh selama 2 jam dari kota Sumbawa Besar dgn menggunakan kendaraan mobil. Dari Sumbawa Besar kita harus melalui desa Batu Tering sebelum masuk ke Sarkofagus. Dari desa terdekat ini cuma butuh waktu sekitar 30 menit saja. Tapi sebaiknya mobil yang digunakan adalah mobil dengan gardan ganda, karena medannya lebih mirip jalur off road ketimbang sebuah jalan umum. Saat musim hujan, tingkat kesulitan bisa jadi akan lebih tinggi.

Galeri Foto Sarkofagus Sumbawa

Hotel dekat Sarkofagus Sumbawa