Taman Nasional Teluk Cenderawasih
  • 0 Hotel dekat Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Sorong, Indonesia (SOQ)
Penerbangan Ke Kaimana, Indonesia (KNG)
Penerbangan Ke Manokwari, Indonesia (MKW)
Penerbangan Ke FakFak, Indonesia (FKQ)
Penerbangan Ke Raja Ampat, Indonesia (RJM)

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Alamat : KANTOR BALAI BESAR TAMAN NASIONAL TELUK CENDERAWASIH, Jalan Esau Sesa Sowi Gunung, Manokwari, Papua Barat, Po Box: 229, Telp: 0986-212303, Fax: 0986-214719, e-mail: telukcenderawasih@gmail.com

Kategori

Taman Nasional Teluk Cenderawasih adalah taman nasional laut terbesar di Indonesia. Taman nasional ini terletak di Teluk Cenderawasih, provinsi Papua Barat. Taman Nasional Teluk Cenderawasih meliputi pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon dan Yoop, merupakan perwakilan ekosistem terumbu karang, pantai, mangrove dan hutan tropika daratan pulau di Papua/Irian Jaya.Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia, terdiri dari daratan dan pesisir pantai (0,9%), daratan pulau-pulau (3,8%), terumbu karang (5,5%), dan perairan lautan (89,8%).

Cara pencapaian lokasi: Dari Jakarta, Surabaya, Denpasar, Ujung Pandang, Jayapura, Honolulu dan Darwin menggunakan pesawat ke Biak, selanjutnya dari Biak menggunakan pesawat ke Manokwari atau Nabire. Dari Jakarta, Surabaya, Ujung Pandang dan Jayapura menggunakan kapal laut ke Manokwari atau Nabire. Dari Manokwari ke lokasi taman nasional (Pulau Rumberpon) menggunakan longboat dengan waktu 5,5 jam. Atau dari Manokwari ke kota kecamatan Ransiki dengan mobil sekitar tiga jam dan dilanjutkan dengan motorboat sekitar 2,5 jam.

Fasilitas penginapan, rumah makan, cafe, bar dan sarana berkomunikasi telah tersedia bagi para pengunjung yang bermalam di kota Manokwari atau Nabire. Sedangkan fasilitas yang ada di Balai Taman Nasional yang bisa menunjang kegiatan pengunjung berupa speedboat, radio komunikasi SSB, pondok wisata, pondok jaga dan pondok kerja serta ada juga home stay milik masyarakat. Alternatif lain bagi pengunjung yang akan bermalam di kawasan Taman Nasional dapat membawa peralatan camping atau menginap di rumah- rumah penduduk.

Galeri Foto Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Hotel dekat Taman Nasional Teluk Cenderawasih