Musium Kota Makassar
  • 103 Hotel dekat Musium Kota Makassar

Lihat Semua Hotel

Penerbangan Ke Makassar, Indonesia (UPG)
Penerbangan Ke selayar, Indonesia (YKR)
Penerbangan Ke Palopo, Indonesia (LLO)
Penerbangan Ke selayar, Indonesia (KSR)

Musium Kota Makassar

Alamat : Balai Kota Street, makassar

Musium bergaya arsitektur eropa abad ke-17 ini menyimpan benda-benda koleksi bersejarah yang menjadi saksi perjalanan kota Makassar dari masa ke masa. Musium ini dibangun pada tahun 1916 dan pada masa kolonial difungsikan sebagai kantor walikota. Pada tahun bulan Juni 2011 beberapa ruangan dari musium ini pernah dilalap si jago merah. Cukup banyak penginggalan yang habis terbakar namun masih ada yang bisa diselamatkan. Lokasi museum ini berada di jantung kota makassar yaitu area perkantoran. 

Memasuki area musium pengunjung akan disambut oleh patung rusa berwarna coklat dan meriam tua yang berumur lebih dari 300 tahun. Memasuki gedung musium suasana kolonial belanda kian kental terasa. Jendela-jendela lebar bergaya kolonial menghiasi bagian dalam musium. Di ruang utama musium terdapat dua tangga bercabang yang menghubungkan lantai dasar dengan lantai atas musium. Di ruangan ini pula terdapat dua unit lemari yang memamerkan kerajinan keramik yang dibawa oleh para para pelaut dari negeri Cina. Keramik tersebut merupakan peninggalan budaya Cina dan Jepang pada masa Dinasti Ming dari abad 14 hingga 17.

Musium ini juga menyimpan jenis piano langka dan tua yaitu piano Steinway C-211 buatan Hamburg. Piano ini merupakan jenis piano yang pertama kali dibuat di dunia. Selain piano, Musium ini juga mengoleksi teks bersejarah, patung kuno, medali perunggu bergambar ratu Wihelmina, pakaian adat dan alat musik tradisional, koin mata uang kerajaan Gowa dan VOC, foto-foto bangunan di Makassar zaman kolonial, dan peta udara kota Makassar.

Untuk Masuk ke Musium ini tidak di pungut biaya tiket alias gratis.

Galeri Foto Musium Kota Makassar

Hotel dekat Musium Kota Makassar