Pencarian Terakhir

Kamu belum pernah mencari apa pun

Setelah melakukan pencarian, daftar item yang baru dilihat akan ada di sini.

Kereta Api Bisnis

Dari
Ke
Pergi
Penumpang
Cari

Kereta Bisnis: Menikmati Perjalanan yang Nyaman dan Produktif

Kereta bisnis merupakan salah satu jenis kelas kereta api yang menyediakan fasilitas dan layanan yang lebih baik dibandingkan dengan kelas ekonomi. Mungkin kamu pernah mendengar kereta api bisnis. Mungkin juga kamu bertanya-tanya apakah kereta kelas bisnis masih ada di Indonesia. 

 

Dalam kereta bisnis, penumpang dapat menikmati kenyamanan yang lebih tinggi serta fasilitas yang lebih lengkap. Namun, sejak tahun 2016, PT KAI (Persero) secara bertahap menghapus layanan kereta api kelas bisnis di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menyeragamkan fasilitas dan penetapan tarif kereta api, serta meningkatkan pelayanan bagi penumpang kelas ekonomi.

 

Meskipun kereta api bisnis tidak lagi tersedia secara eksklusif, PT KAI telah menggantinya dengan kereta ekonomi premium yang menawarkan kenyamanan dan fasilitas yang lebih baik dari kelas ekonomi reguler.

Perbedaan antara Kelas Bisnis dan Kelas Eksekutif

Meskipun kereta bisnis tidak lagi ada, penting untuk mengetahui perbedaan antara kelas bisnis dan kelas eksekutif. Perbedaan ini akan membantu kamu memilih kelas yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu saat memesan tiket kereta api.

 

Kelas Bisnis:

  • Harga tiket yang relatif terjangkau dibandingkan dengan kelas eksekutif.
  • Posisi duduk dapat diatur sesuai keinginan penumpang, baik berhadapan maupun membelakangi arah laju kereta.
  • Dilengkapi dengan AC dan stop kontak.
  • Tidak memiliki fasilitas reclining seat seperti kelas eksekutif.

 

Kelas Eksekutif:

  • Harga tiket yang lebih mahal dibandingkan dengan kelas bisnis.
  • Posisi duduk yang nyaman dengan sandaran kursi yang dapat diatur sesuai keinginan penumpang.
  • Dilengkapi dengan AC, wifi, selimut, TV, meja makan, colokan listrik, dan toilet.
  • Jarang berhenti di banyak stasiun, sehingga durasi perjalanan lebih cepat.

Susunan Kursi Kereta Bisnis

Kelas bisnis memiliki susunan kursi yang mirip dengan kelas ekonomi premium. Pada umumnya, kursi ditempatkan dalam susunan 2-2. Ini memungkinkan penumpang duduk berhadapan atau menghadap arah laju kereta.

 

Meskipun tidak dilengkapi dengan fasilitas reclining seat seperti kelas eksekutif, kursi di kelas bisnis tetap nyaman dan dapat diatur sesuai dengan preferensi penumpang.

 

Fasilitas di Kereta Kelas Bisnis

Meskipun tidak lagi tersedia secara eksklusif, kereta punya fasilitas yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas yang mungkin kamu temui di kereta api bisnis adalah:

 

  • AC yang nyaman untuk menjaga suhu dalam kereta.
  • Selimut untuk kenyamanan saat tidur atau beristirahat.
  • Colokan listrik untuk mengisi daya perangkat elektronik Anda.
  • Toilet yang bersih dan nyaman digunakan.

 

Pastikan untuk melakukan pengecekan fasilitas yang tersedia di kereta api yang kamu pilih sebelum memesan tiket.

 

Kelebihan Kereta Bisnis

Meskipun kereta bisnis tidak lagi tersedia, sebelum dihapuskan, kereta api kelas bisnis punya beberapa kelebihan bagi penggunanya. Sebelum hadir kereta ekonomi premium, kereta kelas bisnis menjadi pilihan banyak orang yang ingin perjalanan nyaman dengan budget terbatas. Berikut ini beberapa kelebihan kereta api bisnis:

 

  • Kenyamanan yang lebih tinggi dengan fasilitas yang lebih baik dari kereta ekonomi lama.
  • Ruang kaki yang lebih luas dan kursi yang dapat diatur sesuai keinginan.
  • Durasi perjalanan yang lebih cepat karena jarang berhenti di banyak stasiun.
  • Lingkungan yang lebih tenang dan nyaman untuk bekerja atau beristirahat.

Harga Tiket Kereta Bisnis

Harga tiket kereta bisnis dapat bervariasi tergantung pada rute dan jenis kereta yang kamu pilih. Sebelum hadirnya kereta ekonomi premium, kereta kelas bisnis ini jadi primadona karena harga tiket kereta bisnis yang lebih terjangkau dan kenyamanan hampir seperti kereta eksekutif. Meskipun kursi kelas bisnis tidak seperti kelas eksekutif, gerbongnya mengikuti kereta eksekutif sehingga tidak berhenti di banyak stasiun seperti kereta ekonomi dulu.

 

Untuk mendapatkan harga tiket terbaik, pastikan untuk membandingkan harga tiket dari berbagai sumber dan memanfaatkan promo atau diskon yang mungkin ditawarkan oleh PT KAI atau agen perjalanan seperti tiket.com.

 

Promo Kereta Bisnis dari Tiket.com

tiket.com, sebagai salah satu agen perjalanan terkemuka di Indonesia, menawarkan promo menarik untuk tiket kereta api kelas bisnis atau kelas ekonomi premium. Pastikan untuk mengunjungi situs web mereka atau mengunduh aplikasi mobile Tiket.com untuk mendapatkan informasi terbaru tentang promo dan diskon yang tersedia.

 

Dengan memanfaatkan promo ini, kamu dapat mendapatkan tiket kereta bisnis atau kelas ekonomi premium dengan harga lebih terjangkau dan menikmati perjalanan yang lebih nyaman.

 

Daftar Kereta dengan Kelas Bisnis

Meskipun PT KAI menghapus kereta bisnis, beberapa kereta menyediakan kelas ekonomi premium yang merupakan pengganti dari kelas bisnis. Berikut adalah beberapa kereta yang menawarkan kelas ekonomi premium:

Argo Cheribon

Argo Parahyangan

Wijayakusuma

Malabar

Harina

Mutiara Selatan

Fajar Utama Solo

Mataram

Fajar Utama Yogya

Sawunggalih

Lodaya

Tawang Jaya Premium

Kertanegara

Malioboro Ekspres

Sancaka

Kamandaka

Joglosemarkerto 

Kaligung

Pangrango

Jayakarta

Kertajaya

Kutojaya Utara

Menoreh

Ambarawa Ekspres

Blora Jaya

Mutiara Timur

Pastikan untuk memeriksa jadwal dan ketersediaan tiket kereta api sebelum memesan, karena kereta dengan kelas ekonomi premium mungkin tidak tersedia di semua rute.

Selalu periksa jadwal dan ketersediaan tiket kereta api sebelum memesan, serta memanfaatkan promo dan diskon dari tiket.com. Dengan begitu, kamu bisa menikmati perjalanan yang nyaman dan hemat biaya dengan kereta api bisnis yang telah digantikan oleh kelas ekonomi premium.