Baca info penting tentang penerbangan & hotel selama pandemi Virus Corona (COVID-19).

Cirebon

Tentang Cirebon

Jika kamu ingin merasakan pengalaman baru berwisata ke destinasi yang jarang dikunjungi di Indonesia, kamu harus memasukkan Cirebon ke dalam daftar wisatamu. Kota di Jawa Barat ini terkenal dengan kekayaan budayanya sehingga menjadikannya tempat yang cocok untuk menghabiskan liburan seru bersama keluarga. Cirebon merupakan kota pelabuhan yang menghadap langsung ke Laut Jawa. Kota ini juga terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah. Jika kamu berencana liburan ke Cirebon, ayo buat perjalananmu semakin praktis dengan memesan tiket tempat wisata di Cirebon di tiket.com! Temukan Cirebon dengan mengunjungi peninggalan sejarah Kesultanan Cirebon karena ini adalah wilayahnya pada abad ke-15 dan ke-16. Maka, tak heran ketika kamu berkunjung ke kota ini, kamu akan menemukan banyak tempat wisata yang kaya akan nilai sejarah. Selain kekayaan sejarah, Cirebon juga menawarkan banyak tempat wisata menarik. Kamu mencari wisata alam, kuliner, dan wisata keluarga? Temukan semuanya di Cirebon! Untuk memesan tiket tempat wisata di Cirebon, gunakan aplikasi tiket.com dengan mudah dari smartphone kamu. Jangan lupa juga untuk mencoba beberapa kuliner khasnya yang terkenal seperti empal gentong, nasi jamblang, dan mie kocok. Kamu juga bisa membeli makanan populer sebagai oleh-oleh dari Cirebon untuk dibawa pulang, seperti regginang, ketan, dan terasi. Tak perlu khawatir menghabiskan liburan di Cirebon. Pesan tiket tempat wisata dalam kota hanya di tiket.com. Untuk cara yang lebih nyaman dan proses pemesanan yang mudah, instal aplikasi tiket.com di smartphone kamu dan pesan tiket hanya dengan beberapa klik. Nikmati liburan seru di Cirebon bersama tiket.com, sobat tiket!

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Cirebon

Cirebon adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau, air terjun, persawahan, kuliner hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini!

1. Setu Sedong

Buat kamu yang suka dengan pemandangan alam, bisa banget berkunjung ke Setu Sedong. Tempat wisata di Cirebon ini menyuguhkan panorama Gunung Ciremai dengan melihatnya di bagian belakang waduk. Waktu yang tepat untuk datang ke destinasi wisata hits ini adalah saat sore hari untuk menikmati momen matahari tenggelam.

2. Cirebon Waterland

Tempat wisata di Cirebon ini merupakan wahana air yang cocok untuk wisata keluarga dan wisata anak. Tak hanya bermain air dan menikmati semua wahana asyik, kamu juga dapat melihat pemandangan laut.

3. Telaga Remis

Kalau kamu ingin tempat wisata yang penuh ketenangan, bisa datang ke Telaga Remis. Tempat wisata di Kabupaten Kuningan ini menyuguhkan keindahan di airnya yang berwarna hijau. Selain suasana yang sejuk, banyak pepohonan rindang yang juga menambah eksotis tempat wisata hits ini.

4. Keraton Kasepuhan Cirebon

Objek wisata yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Keraton Kasepuhan Cirebon. Destinasi wisata hits ini adalah bangunan utama dari Kesultanan Cirebon dan masih menjadi tempat tinggal dari keluarga kerajaan. Saat masuk ke dalam keraton, kamu akan menemukan bangunan kerajaan dengan fungsi masing-masing.

5. Keraton Kanoman Cirebon

Tak jauh dari Keraton Kasepuhan Cirebon, terdapat Keraton Kanoman Cirebon yang wajib dikunjungi. Di sini, kamu akan menemukan peninggalan dari Sunan Gunung Jati, seperti dua kereta bernama Paksi Naga Liman dan Jempana. Lalu, ada juga Bansal Jinem yang merupakan pendopo untuk menerima tamu.

6. Taman Sari Gua Sunyaragi

Destinasi wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Taman Sari Gua Sunyaragi. Gua ini berada di atas permukaan tanah yang bentuknya serupa bangunan kuno berbatu. Untuk kamu yang berburu spot foto instagrammable, cocok banget dateng ke sini!

7. Pantai Kejawanan

Tempat wisata di Cirebon ini selalu ramai oleh pelancong ketika akhir pekan atau hari libur nasional. Ombaknya yang tenang dan juga pemandangan matahari tenggelam yang ciamik sangat instagrammable.

8. Makam Sunan Gunung Jati

Destinasi wisata yang terkenal di Cirebon lainnya adalah Makam Sunan Gunung Jati. Makam ini berada di sebuah kompleks pemakaman yang terletak di atas lahan seluas lima hektar dan dibagi menjadi dua. Kompleks utamanya adalah tempat makam Sunan Gunung Jati berada, yaitu di Gunung Sembung, yang memuat sekitar 500 makam. Saat berkunjung ke kompleks Makam Sunan Gunung Jati, setiap pengunjung harus melepas alas kaki, mengisi buku tamu, dan diharapkan memberikan sumbangan sukarela kepada juru kunci yang merawat kompleks pemakaman ini.

9. Batu Lawang

Batu Lawang adalah objek wisata yang terdiri dari tebing-tebing serta batu yang rupanya seperti lawang atau pintu. Buat kamu yang ingin menikmati suasana dari ketinggian, kamu bisa menuju puncak-puncak batu.

10. Alun-Alun Kejaksaan

Destinasi wisata hits yang satu ini tidak hanya digunakan untuk tempat bersantai. Tapi juga merupakan tempat berkumpulnya komunitas-komunitas ternama di Cirebon, salah satunya adalah klub otomotif. Kamu juga bisa wisata kuliner loh di alun-alun karena banyak pedagang makanan.

11. Keraton Kacirebonan

Bangunan ini memiliki pendopo terbuka yang sangat luas dan disanggah oleh tiang-tiang kayu. Keraton Kacirebonan biasa digunakan raja untuk menyambut tamu. Beberapa meja dan kursi tampak tersusun rapi saling berhadapan. Foto-foto para anggota keraton terdahulu juga terpasang di dinding-dinding bangunan sehingga kamu bisa dengan mudah mengenali siapa saja mereka. Di dalam keraton, ada banyak koleksi benda-benda bersejarah, mulai dari gamelan kuno, topeng, koleksi batik, uang koin dan kertas kuno, hingga koleksi pedang milik sultan.

12. Masjid Merah

Masjid Merah menjadi tempat wisata yang terkenal di Cirebon. Tampilan masjid ini memang unik karena warna merah bata yang mendominasi. Menariknya lagi, tidak ada kaligrafi Arab yang menghiasi masjid ini, kecuali tulisan kalimat syahadat di atas pintu kecil, tepatnya di depan tempat imam masjid. Sebaliknya, piring-piring porselen dengan beraneka ragam motif menjadi penghias dinding, membuat masjid ini semakin terlihat unik.

13. Vihara Dewi Welas Asih

Selain masjid, objek wisata lainnya yang wajib dikunjungi adalah Vihara Dewi Welas Asih. Klenteng tua berusia ratusan tahun ini memiliki nuansa Hindu Bali yang dipadukan dengan arsitektur China seperti ukiran di pilar-pilar klenteng dan ornamen naga di bagian utama atap.

14. Kampung Batik Trusmi

Salah satu kekayaan budaya khas Cirebon yang jarang diketahui pelancong adalah batik. Tak hanya Yogyakarta dan Solo saja, tetapi Cirebon juga salah satu kota pusat batik di Indonesia. Di sepanjang jalan, kamu akan melihat rumah-rumah penduduk yang menjual batik dan menawarkan pengalaman membatik di Kampung Batik Trusmi. Jangan ragu untuk masuk ke setiap rumah, karena batik yang ditawarkan memiliki motif dan warna yang tidak pasaran dikarenakan dibuat sendiri oleh pemilik rumah.

15. Gedung BAT

Tempat wisata di Cirebon yang terkenal selanjutnya adalah Gedung BAT (British American Tabacco). Menyusuri keindahan bangunan tua ini akan menjadi aktivitas wisata yang menyenangkan. Meskipun kini Gedung BAT sudah tidak lagi digunakan untuk memproduksi rokok, keindahan dan kemegahan arsitektur bangunan yang klasik membuat gedung ini tetap menjadi spot berfoto instagrammable favorit anak-anak muda.

16. Curug Putri

Terletak di kaki Gunung Ciremai membuat Kuningan punya banyak curug yang indah. Salah satunya adalah Curug Putri yang berada di area Bumi Perkemahan Palutungan. Curug ini memiliki air yang jernih dan segar. Kamu bisa bermain air dan menikmati semburan air deras di sini sehingga cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak. Bila sedang berada di Kuningan, gunakan waktu liburanmu untuk menikmati pemandangan alam yang indah.

17. Gedung Perundingan Linggarjati

Rumah tua bergaya kolonial Belanda ini merupakan saksi perjuangan diplomatik para pendiri bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan dari Belanda. Peristiwa tersebut kemudian dikenal dengan nama Perjanjian Linggarjati. Beberapa peninggalan sejarah seperti meja perundingan, berbagai foto hitam putih, hingga hasil naskah Perjanjian Linggarjati juga bisa saya lihat dari dekat. Semua peninggalan sejarah tersebut masih terjaga dengan baik keasliannya.

18. Pemandian Cibulan

Bermain air di kolam renang mungkin terdengar biasa, tapi bagaimana rasanya jika berenang bersama ikan-ikan “keramat”? Jika kamu penasaran, pastikan untuk singgah di Kolam Pemandian Cibulan. Yang jarang diketahui, kolam renang di sini diisi oleh ratusan ikan dewa yang dianggap suci oleh masyarakat sekitar. Masyarakat percaya bahwa ikan dewa merupakan para prajurit Prabu Siliwangi yang dikutuk karena membangkang.

19. Nasi Jamblang

Tempat wisata kuliner di Cirebon yang wajib dikunjungi adalah Nasi Jamblang Ibu Nur yang sudah terkenal sejak dulu dan selalu ramai pengunjung. Sesuai namanya, tempat kuliner yang selalu ramai ini menyediakan sajian utama, yakni nasi jamblang. Nasi jamblang merupakan nasi yang diberikan alas daun jati. Untuk lauknya, tersedia berbagai macam masakan, seperti sate kentang, otak sapi goreng, cumi hitam, perkedel, dan lainnya.

20. Restoran Klapa Manis

Selanjutnya, tempat makan di Cirebon yang wajib dikunjungi adalah Restoran Klapa Manis. Menu andalan Restoran Klapa Manis ini yaitu, nasi tutug oncom, nasi bakar tongkol, nasi timbel polos, nasi pepes, dan lain-lain.

21. Restoran Seafood Jumbo

Buat kamu penyuka seafood atau olahan masakan laut harus berkunjung ke tempat makan kuliner di Cirebon yang satu ini. Sesuai namanya, restoran seafood jumbo ini menyajikan hidangan seafood seperti udang atau kepiting dengan ukuran jumbo.

22. Serabi Pulasaren

Tempat makan di Cirebon ini menyajikan aneka menu serabi. Mulai dari yang rasanya asin sampai yang rasanya manis. Ada pilihan topping yang melimpah, seperti irisan nangka, meses, irisan sosis ayam, hingga taburan keju.

23. Nasi Lengko

Masih dengan menu nasi yang mengenyangkan, di Cirebon ada Nasi Lengko H Barno yang bisa kamu cicipi. Kuliner khas Cirebon ini disajikan dengan nasi putih, taoge rebus, tempe, dan tahu yang disiram dengan saus kacang. Tidak lupa ada taburan kucai dan kecap.

24. Bubur M Toha

Suka merasa lapar di tengah malam? Tenang, di Cirebon ada tempat makan bubur yang buka 24 jam. Lokasinya berada di jalan Moh Toha, Cirebon. Menjual seporsi bubur ayam dengan topping komplit. Ada tambahan telur setengah matang sebagai pilihan topping, jika suka. Selain bubur ayam, ada manis bubur manis yang bisa kamu coba yakni bubur ketan hitam dengan santan yang terasa gurih.

25. Trans Studio Mini Cirebon

Tempat wisata indoor yang satu ini pas sekali untuk jalan-jalan bersama keluarga! Ada banyak permainan dan wahana yang cocok untuk semua usia, mulai dari yang menyenangkan hingga edukatif. Dan karena lokasinya indoor, kamu tak perlu khawatir soal masalah cuaca.

26. Sate Kalong

Sate Kalong bukan terbuat dari kalong atau kelelawar, melainkan dari irisan daging kerbau. Penempatan kata kalong dalam nama sate berarti kuliner ini hanya aktif saat malam hari seperti kelelawar. Cita rasa dari sate kalong terasa manis seperti dendeng karena ditambahkan larutan gula pada bumbu. Aroma karamel dari gula tercium menggugah selera saat dibakar.

27. Telaga Niren

Telaga Nilem atau Telaga Biru Cicerem ini merupakan salah satu tempat wisata di Cirebon yang terbaru. Airnya begitu jernih, suasananya sejuk, dan dikelilingi pepohonan rindang sehingga instagrammable. Salah satu daya tariknya adalah puluhan ikan mas yang bisa diajak foto.

28. Banyu Panas Palimanan

Masih seputar wisata air, kini kita beranjak ke Jalan Raya Cirebon, Desa Palimanan Barat. Di sana terdapat sebuah sumber air panas yang dipercaya dapat mengatasi rasa letih. Tempatnya pun begitu indah dan menyejukkan dan cocok untuk wisata keluarga atau wisata anak.

29. Bukit Gronggong

Nikmati keindahan pemandangan Cirebon dari atas bukit Gronggong. Bukit yang berlokasi di Patapan, Beber, ini akan memberikan nuansa romantis, terutama saat senja dan instagrammable.

30. Hutan Kera Plangon

Kawasan hutan seluas 48 hektare ini merupakan salah satu objek wisata purbakala. Selain dipenuhi monyet atau kera, kamu bisa mengunjungi makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan.