Baca info penting tentang penerbangan & hotel selama pandemi Virus Corona (COVID-19).

Makassar

Wisata Makassar

Sebagai kota terbesar kedua di wilayah timur Indonesia, Makassar, pun memiliki destinasi wisata yang apik dan ciamik, mulai dari wisata sejarah, budaya, hingga panorama alam. Kalau kamu belum menentukan di mana kamu ingin menghabiskan waktu liburanmu yang selanjutnya, gimana kalau ke Makassar aja? Ada banyak banget alasan yang bisa bikin kamu tertarik untuk jalan-jalan ke kota ini. Banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Salah satu daya tarik dari Makassar adalah pilihan kulinernya yang beragam dan sayang banget kalau nggak kamu cicipi.Kota ini pun punya khasanah akan jenis makanan berkuah, yakni Coto Makassar (sup daging berisi beragam jeroan sapi, seperti babat, hati, limpa, paru, dan jantung), Coto Ranggong, dan Coto Nusantara. Selain itu, kamu wajib mencoba Sop Konro Karebosi (berisikan daging iga dengan kuah sup berwarna gelap) dan Konro Bakar Karebosi (berisikan iga sapi yang dibakar bersama tulangnya). Terakhir, kamu bisa menyantap gurihnya mi kering berkuah (mi tipis yang digoreng, kemudian diguyur kuah kental berisi sayuran, telur kocok, ayam, bakso, dan udang). Bukan hanya wisata kuliner saja, kamu juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata hits di Makassar, yakni Pantai Losari, Tanjung Bira, Tana Towa, Benteng Fort Rotterdam, Makam Pangeran Diponegoro, Pulau Samalona, dan Trans Studio Makassar. Supaya liburanmu kian berkesan, Makassar juga memiliki sejumlah festival yang unik dan menarik. Pertama, ada Festival Pasar Seni Makassar yang menyajikan sederet seniman Indonesia, pameran dan pertunjukkan seni, kompetisi mode, dan sebagainya. Festival ini digelar setiap bulan Maret.Kedua, kamu bisa menyaksikan puluhan penari yang menampilkan tarian tradisional di atas kapal nelayan di Festival Bahari dan Budaya. Festival ini dihelat di Pantai Losari setiap bulan Maret.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Makassar

Kota Makassar adalah salah satu kota paling terkenal di Sulawesi Selatan. Hal ini karena selain di pusat kota (yang punya banyak tempat wisata untuk dieksplorasi), Makassar juga berdekatan dengan lokasi-lokasi lain dengan tempat wisata alam yang menarik. Berikut adalah 30 rekomendasi tempat wisata di Makassar dan sekitarnya!

1. Pantai Losari

Pantai Losari bisa dibilang adalah ikonnya Kota Makassar. Tentu saja kamu tak boleh melewatkan tempat wisata yang satu ini saat berwisata di Makassar. Pemandangannya indah karena pantai tersebut masih bersih dan asri. Lalu, pantai ini juga mudah diakses dari pusat kota.

2. Trans Studio Mini Makassar

Ingin jalan-jalan ke tempat wisata keluarga yang juga cocok untuk si kecil? Kamu bisa langsung ke Trans Studio Mini Makassar! Seperti cabang lainnya di kota lain, Trans Studio Mini Makassar adalah taman bermain indoor yang penuh dengan pilihan wahana dan permainan yang cocok untuk semua umur. Karena berada di dalam mal, kamu tak perlu khawatir soal cuaca ataupun masalah tempat parkir!

3. Masjid Amirul Mukminin

Masjid Amirul Mukminin tak hanya berdiri sebagai salah satu tempat ibadah utama di Makassar, tapi juga yang unik. Hal ini karena masjid ini mengapung di pinggir pantai. Selain itu, pada malam hari, lampu-lampu cantik di sekitar bangunan ini juga menyala terang, menjadikan masjid ini semakin terlihat megah.

4. Ekowisata Mangrove Lantebung

Hutan bakau yang satu ini sudah sering menjadi salah satu destinasi di Makassar yang paling digemari warga lokal dan turis. Selain karena pemandangannya yang cantik dan suasananya yang menyegarkan, tempat ini sudah terfasilitasi dengan baik. Ada jembatan warna-warni instagrammable serta area duduk yang nyaman.

5. Air Terjun Lengang

Meski perlu perjalanan sekitar 2 jam 30 menit dari pusat Kota Makassar, tempat wisata yang satu ini pasti akan sepadan dengan perjalananmu! Di sini, daya tarik utamanya adalah infinity pool alami dengan udara sejuk dan pemandangan alam yang sangat menyegarkan. Kamu bisa berfoto di atas air terjun atau di dasarnya. Dua-duanya sama-sama keren!

6. Masjid 99 Kubah Makassar

Kamu mungkin sudah bisa menebaknya dari namanya. Ya, masjid ini memiliki 99 kubah yang konon diambil dari jumlah Asmaul Husna. Selain menjadi salah satu destinasi utama untuk beribadah, banyak turis yang juga datang untuk mengagumi arsitektur luarnya.

7. Taman Nasional Bantimurung

Kamu suka jalan-jalan ke tempat wisata alam yang mengagumkan dan keren? Langsung saja ke Taman Nasional Bantimurung! Destinasi di Makassar ini merupakan rumah bagi berbagai macam spesies flora dan fauna, termasuk kupu-kupu yang masih termasuk baru. Taman nasional ini biasanya lebih populer di musim kemarau di kalangan turis dan peneliti.

8. Bantimurung Waterpark

Tak jauh dari Taman Nasional Bantimurung, kamu bisa ke Bantimurung Waterpark untuk menambah kesegaran. Di sini, ada banyak wahana keren untuk kamu dan si kecil. Tapi, daya tarik utamanya adalah udara dan airnya yang segar karena lokasinya. Tentu akan terasa berbeda jika dibandingkan dengan waterpark di pusat kota.

9. Air Terjun Batulappa

Karena lokasinya yang cukup tersembunyi, kamu harus berkendara sekitar 2-3 jam dari Makassar untuk mencapai air terjun ini. Yang menjadikan air terjun ini unik adalah undakan-undakannya yang bisa kamu naiki dan bahkan jadikan spot foto.

10. Pulau Gusung

Menggunakan perahu, kamu bisa mencapai pulau yang satu ini dari pusat kota Makassar. Pulau Gusung ini sebenarnya terbentuk dari tumpukan pasir sehingga semakin hari pun semakin besar. Kamu bisa menikmati pemandangan laut, langit, dan juga mencoba aktivitas memancing di sini.

11. Apparalang

Terletak di Bulukumba atau sekitar 4,5 jam dari Makassar, daya tarik utama tempat ini adalah tebing di pinggir pantainya yang memberikan akses pemandangan menakjubkan. Kamu bisa jalan-jalan santai sambil menikmati angin sepoi-sepoi bersama orang-orang tersayang di sini.

12. Bendungan Singgasana Balang Malino, Gowa

Terletak sekitar 2 jam dari Makassar, bendungan ini sudah sering menjadi destinasi wisata warga lokal. Namun, tempat ini masih terbilang tersembunyi dan biasanya tidak ramai wisatawan. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan hijau yang rindang, menikmati kesegaran suasana, dan berfoto-foto sampai puas.

13. Lembah Hijau Camp, Malino

Untuk mencapai tempat wisata yang satu ini, kamu harus berkendara sekitar 2 jam dari pusat Kota Makassar. Objek wisata yang satu ini bisa dibilang merupakan tempat rekreasi keluarga yang sempurna! Ada river tubing, sepeda gantung, dan berbagai spot foto menarik dengan latar belakang pemandangan keren.

14. Pantai Tanjung Bayang

Objek wisata di Makassar ini adalah salah satu yang paling digemari masyarakat lokal dan turis. Hal ini karena bibir pantai cukup luas dan panjang sehingga kamu bisa mengeksplorasi sampai puas. Kamu bisa jalan-jalan santai atau mengasah kemampuan fisikmu dengan berenang dan bermain voli pantai.

15. Bugis Waterpark Adventure

Ingin melepas penat dan rasa panas selama jalan-jalan di Makassar? Langsung saja ke Bugis Waterpark Adventure! Kamu bisa bersantai di kolam dengan arus pelan, atau justru memacu adrenalin dengan berbagai wahana yang menyenangkan! Ada kolam khusus anak-anak juga, loh!

16. Celebes Canyon

Celebes Canyon adalah destinasi wisata alam yang sempurna untuk jalan-jalan santai di akhir pekan. Saat tiba di sana setelah berkendara sekitar 2 jam dari Makassar, kamu akan disambut hamparan sawah yang cantik. Setelah melalui hamparan tersebut, kamu akan mencapai ngarainya. Di sini, airnya benar-benar tidak pernah berhenti mengalir, loh!

17. Bukit Kanari Camba

Terletak di Maros (2 jam dari Makassar), tempat ini menyediakan berbagai spot foto cantik dengan latar belakang langit cerah serta pemandangan hijau yang rindang. Biasanya, wisatawan paling banyak mengunjungi tempat ini menjelang matahari terbenam untuk hasil foto yang lebih keren lagi.

18. Pelabuhan Paotere

Banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi salah satu pelabuhan tertua di Makassar ini. Hal ini karena ada banyak kapal megah yang singgah di sini, termasuk Phinisi dan Lambo, kapal khas Makassar. Kalau kamu ke sini menjelang matahari terbenam, pemandangannya akan lebih spektakuler lagi!

19. Leang-Leang, Maros

Ketika berkunjung ke sini, kamu akan merasa seperti sedang di film “Jurassic Park”! Ada sejumlah bebatuan kapur yang tersebar di seluruh taman. Tentu menjadi sebuah pemandangan yang unik dan keren, bukan? Karena merupakan tempat wisata yang terkenal, fasilitas di sini juga sudah memadai, termasuk jalanan aspal untuk pejalan kaki.

20. Vihara Girinaga

Tempat ibadah umat Buddha di Makassar ini memiliki sembilan lantai dan tingginya mencapai 30 meter. Di dalamnya, masih ada banyak patung dan arca yang lengkap dan terawat dengan baik.

21. Lappa Laona, Barru

Saat tiba di sini, kamu mungkin merasa sedang jalan-jalan di luar negeri. Ada hamparan rumput hijau sejauh mata memandang, rumah-rumah kecil gaya Barat, spot-spot foto keren, dan fasilitas rekreasi yang menarik.

22. Pantai Akkarena

Jika kamu ingin bersantai di pantai bersama keluarga dan menikmati langit yang cerah, Pantai Akkarena bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu bisa menikmati suasana pantai yang khas namun juga dengan fasilitas yang lengkap. Area bersantai di sini sudah tersedia, begitu juga dengan restoran di sekitarnya.

23. Gunung Bawakaraeng, Malino

Untuk kamu yang suka aktivitas outdoor, gunung yang satu ini tak boleh kamu lewatkan. Selain pendakian yang tidak terlalu sulit, pemandangan di puncaknya benar-benar tiada duanya! Kamu akan merasa seperti sedang melayang di atas awan. Tentu bisa jadi spot yang keren juga, bukan?

24. Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang menawarkan keindahan terumbu karang yang mungkin kini tidak terlalu mudah ditemukan. Jika kamu suka jalan-jalan di pantai, tempat yang satu ini pasti cocok untukmu!

25. Pulau Lae-Lae

Pulau Lae-Lae adalah satu lagi pulau di dekat Kota Makassar yang tak boleh kamu lewatkan! Pulau yang satu ini merupakan tempat tinggal bagi sekitar dua ribu penduduk lokal. Karena merupakan destinasi yang populer, fasilitasnya pun sudah lengkap. Kamu bahkan bisa menyewa gazebo begitu tiba.

26. Fort Rotterdam

Untuk kamu yang hobi wisata sejarah, Fort Rotterdam bisa jadi destinasi yang cocok untukmu. Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Padang dulu berfungsi sebagai benteng pada masa perang. Kini, setelah pemeliharaan, tempat ini menjadi salah satu destinasi populer di Makassar.

27. Bendungan Kampili

Bendungan ini sekilas tidak ada bedanya dengan bendungan pada umumnya. Tapi, begitu kamu mencapai bagian dasarnya, pemandangannya langsung berubah! Karena ada formasi batu yang berkelok-kelok, tempat ini jadi terlihat unik dan sangat cocok untuk berfoto-foto.

28. Museum Balla Lompoa

Berbagai koleksi dan peninggalan dari Kerajaan Gowa tersimpan dengan rapi di museum yang satu ini. Jika kamu suka wisata ke museum yang unik dengan koleksi yang lengkap dan aktivitas interaktif, kamu bisa mencoba ke sini.

29. Chinatown Makassar

Para pecinta wisata budaya pasti suka jalan-jalan ke Chinatown Makassar. Di sini, kamu bisa melihat bangunan-bangunan khas Tiongkok, termasuk klenteng, lalu melanjutkan perjalanan dengan wisata kuliner. Selain lezat dan banyak pilihannya, harganya juga terjangkau!

30. Danau Tanralili

Nama danau yang dikelilingi Lembah Loe ini memiliki arti ‘tidak dapat ditundukkan’. Jadi, kamu pasti sudah terbayang perjalanan menuju tempat ini, kan? Yup, memang butuh usaha lebih untuk melewati jalur yang menantang namun menyenangkan sebelum tiba di danau. Tapi, perjalananmu pasti akan sepadan begitu kamu melihat langsung keindahannya yang juga fotogenik.