Baca info penting tentang penerbangan & hotel selama pandemi Virus Corona (COVID-19).

Medan

Tentang Medan

Sobat tiket ingin berkunjung ke Medan? Siapa yang tak tahu ibukota Provinsi Sumatera Utara yang satu ini. Terkenal dengan sebutan kota Melayu Deli, kota Medan juga menjadi salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia. Tentunya, banyak tempat wisata di Medan yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Kamu bisa pesan tiket tempat wisata di Medan hanya di tiket.com. Sebagai kota metropolitan, tidak sulit untuk mencapai kota Medan dari luar kota. Bandara Internasional Kuala Namu Medan menjadi salah satu gerbang masuk kota Medan yang paling penting. Bandara yang menjadi bandara terbesar ketiga di Indonesia ini melayani penerbangan domestik dan internasional. Kamu bisa pesan tiket pesawat ke Medan di tiket.com untuk bisa lebih mudah mencapai ibukota Sumatera Utara ini. Kota multietnis Medan memang bisa kamu pilih sebagai destinasi wisata untuk dikunjungi saat liburan. Kota yang dahulu merupakan wilayah kekuasaan Kesultanan Deli ini menyimpan kekayaan wisata yang luar biasa. Berbagai tempat wisata instagrammable bisa kamu temui di Medan. Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata di Medan yang penuh dengan nilai sejarah. Jangan lupakan pula kekayaan kuliner Medan, seperti Durian Ucok, soto Medan, mie balap, dan lainnya. Untuk kamu yang hobi belanja, Medan juga punya destinasi wisata belanja yang akan membuat kamu betah untuk berburu souvenir atau oleh-oleh. Sobat tiket, jika kamu ingin menjadikan Medan sebagai destinasi wisata kamu saat liburan nanti, kamu bisa pesan tiket tempat wisata di Medan hanya di tiket.com. Kamu bisa pesan tiket tempat wisata untuk liburan asyik di Medan langsung dari genggaman kamu melalui aplikasi tiket.com. Ayo liburan ke Medan, sobat tiket!

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Medan

Medan adalah salah satu kota modern di Sumatera Utara yang menyimpan berbagai macam tempat wisata alam dan modern yang menarik. Mulai dari danau vulkanik, air terjun, hingga gunung, kamu bisa menemukan semuanya di sini! Area Berastagi yang tidak terlalu jauh dari Medan juga patut kamu kunjungi!

1. Danau Toba

Trip Danau Toba mungkin adalah tempat wisata alam paling terkenal di Medan maupun Sumatera Utara. Danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara ini menawarkan pemandangan terbuka yang cantik dengan sebuah pulau di tengah danau. Selain pemandangannya, Danau Toba juga sering dikaitkan dengan legenda Indonesia sehingga semakin terkenal di kalangan wisatawan domestik. Di sini, kamu juga bisa menghabiskan beberapa malam menginap karena sudah lengkap fasilitas akomodasinya.

2. Pulau Samosir

Pulau ini merupakan pulau yang ada di tengah Danau Toba. Jadi, jika kamu sudah berkunjung ke Danau Toba, pastikan trip Samosir juga masuk ke rencana perjalananmu, ya. Selain menikmati pemandangan alam, kamu juga bisa menyantap kuliner lokal, dan melakukan wisata sejarah dan budaya, terutama budaya Batak di sini.

3. Danau Siombak

Danau Siombak adalah sebuah danau buatan yang sudah sering menjadi destinati akhir pekan favorit bagi warga lokal. Selain pemandangannya yang cantik, ada banyak kegiatan menyenangkan di sini untuk keluarga. Kamu bisa memancing dan hasil tangkapanmu bisa langsung dimasak dan disantap di tempat. Ada juga kolam bola untuk anak-anak dan fasilitas sewa perahu untuk mengeksplorsai danau.

4. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja sebenarnya adalah sebuah kawasan bukit kapur berwarna putih dengan sebuah danau berwarna kehijauan di tengahnya. Karena inilah tempat ini lebih dikenal sebagai kawah putih. Meski baru mulai terkenal belakangan ini, tempat ini sudah mulai semakin terdengar namanya, terutama di kalangan wisatawan domestik.

5. Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie, sesuai namanya, adalah rumah miliki seorang saudagar Tiongkok bernama Tjong A Fie. Rumahnya ini memiliki gaya arsitektur Tiongkok namun dengan sedikit campuran gaya Eropa dan Melayu. Dibuka sebagai museum untuk umum di tahun 2009, dan dengan luas hingga 6.000 meter persegi, Museum Tjong A Fie Mansion kini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya favorit di Medan.

6. Air Terjun Sipiso-piso

Nama “Sipiso-piso” sebenarnya berasal dari kata “pisau” yang menggambarkan derasnya arus air terjun bagaikan sebuah pisau tajam. Karena merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, kamu bisa menikmati pemandangannya dari jauh maupun dari ketinggian sekalipun. Dan jika kamu ingin mencapai dasar air terjunnya, kamu bisa menuruni sekitar 1.000 anak tangga. Bukan sesuatu yang mudah, namun sangat sepadan dengan pemandangannya dan juga cocok untuk kamu yang berjiwa petualang! Yuk, pesan Medan Tour dengan destinasi ini di tiket.com sekarang!

7. Istana Maimun

Bangunan yang satu ini dulunya merupakan Istana Kesultanan Deli. Kini, tempat wisata di Medan ini menjadi salah satu bangunan dan destinasi paling ikonik di kota. Dengan luas lebih dari 2.000 meter persegi dan 30 ruangan di dalamnya, kamu bisa mengeksplorasi tempat wisata sejarah ini sampai puas seharian. Bahkan, ada banyak juga spot instagramable di luar dan dalam bangunan, terutama di malam hari saat lampu-lampur istana menyala terang.

8. Aek Sijornih

Aek Sijornih adalah sebuah air terjun di Desa Aek yang terkenal akan kejernihan airnya. Bahkan, karena alasan ini juga, namanya menjadi “Sijornih” (jernih). Terdiri dari dua air terjun kecil, kamu bisa menikmati suasana segar dan damai serta pemandangan yang indah di sini.

9. Bumi Perkemahan Sibolangit

Sesuai namanya, area ini adalah salah satu area perkemahan terbaik di Berastagi yang merupakan favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Dengan ketinggian 500 mdpl dan pohon-pohon pinus yang mengisi area ini, kamu bisa menikmati udara yang sejuk di sini selama berkemah bersama teman-teman atau keluarga. Jarak dari pusat Kota Medan ke sini hanya sekitar 1 jam perjalanan menggunakan bus.

10. Hairos Water Park

Hairos Water Park adalah destinasi wisata keluarga yang menjadi favorit di Medan. Dengan wahana-wahana menyenangkan untuk anak-anak dan juga wahana yang lebih menegangkan untuk pengunjung dewasa. Suasananya juga menyegarkan, loh!

11. Bukit Lawang

Bukit Lawang adalah salah satu bagian dari Taman Nasional Gunung Lauser yang sudah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara sekalipun. Hal ini karena Bukit Lawang merupakan tempat rehabilitasi dan reintroduksi orang utan Sumatera Utara sejak 1970an. Di sini, selain melihat orang utan, kamu juga bisa mencoba kegiatan tubing, menjelajah hutan, dan mandi di sungai.

12. Gunung Sibayak

Bagi kamu yang hobi mendaki, atau baru ingin mencoba hobi ini sebagai pemula, Gunung Sibayak bisa jadi destinasi utamamu! Pemandangan kota dan matahari terbit dari puncaknya adalah sesuatu yang tak boleh kamu lewatkan! Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota serta jalur pendakiannya yang tidak terlalu sulit, gunung ini merupakan salah satu yang paling populer di Medan. Kamu bahkan hanya memerlukan waktu sekitar 1-2 jam untuk mencapai puncaknya. Di area parkir pun sudah tersedia fasilitas lengkap, seperti warung sewa tenda, dan toilet.

13. Danau Lau Kawar

Terletak di kaki Gunung Sinabung, danau ini juga memiliki warna hijau kebiruan, seperti Danau Toba dan Linting. Memiliki luas sekitar 200 hektar dan pepohonan yang rindang di sekitar kaki gunung, tempat ini menghadirkan pemandangan serta suasana yang menyegarkan. Ada juga area untuk berkemah di sekitar kaki gunung. Namun, tempat wisata ini sayangnya harus ditutup sementara jika Gunung Sinabung (yang merupakan gunung api aktif) sedang erupsi.

14. Masjid Raya Kota Medan

Masjid ini adalah salah satu bangunan bersejarah yang paling ikonik di Medan. Telah berdiri sejak lebih dari 100 tahun yang lalu, masjid dengan bentuk segi delapan ini hingga kini masih berdiri kokoh dan berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam. Jika kamu tidak berkunjung untuk beribadah, kamu bisa melihat-lihat dan mengeksplorasi bagian luarnya, terutama arsitekturnya yang megah dan kolam yang cantik.

15. Green Hill Sibolangit

Tempat ini merupakan salah satu taman rekreasi terbaik di area Berastagi. Ada banyak wahana-wahana menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga. Dan karena terletak di ketinggian 550 mdpl, kamu juga akan menikmati suasana sejuk yang menyegarkan selama di sini. Tempatnya juga instagramable, loh!

16. Pantai Bali Lestari

Sesuai namanya, tempat ini memang dikembangkan sedemikian rupa agar menyerupai pantai-pantai di Bali. Kalau kamu sudah pernah ke pantai di Bali, kamu mungkin akan merasakan suasana yang tidak jauh berbeda di sini. Kamu bisa berjemur di pantai, atau berteduh di bawah pohon, berenang di pinggi pantai, atau bermain banana boat bersama rombonganmu!

17. Merdeka Walk

Merdeka Walk bisa dibilang sebagai salah satu objek wisata di Medan yang paling terkenal, baik di kalangan turis maupun warga lokal. Di tempat ini, kamu bisa mencoba wisata kuliner, mencicipi makanan-makanan lokal yang lezat di berbagai macam tempat makan. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat banyak tempat wisata sejarah dan ikonik yang tak kalah menarik, seperti gedung Bank BNI, Kantor Pos Medan, gedung Bank Mandiri, dan Rumah Tjong A Fie.

18. Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Sesuai namanya, air terjun yang satu ini punya keunikan tersendiri karena memiliki 2 warna berbeda, yaitu putih keabuan dan biru muda. Hal ini karena ada kandungan fosfor dan belerang di airnya. Dengan ketinggian sekitar 100 meter, kamu bisa melihat langsung kemegahan air terjun ini dari dasarnya. Namun, untuk mencapai tempat ini, kamu harus melewati hutan. Jadi, persiapkan dirimu untuk perjalanan tersebut, ya!

19. Danau Linting

Danau Linting Medan merupakan salah satu danau air panas alami yang ada di Sumatera Utara. Airnya berwarna hijau karena ada kandungan belerang. Dengan luas kurang lebih 1 hektar dan kedalaman kolam sekitar 100 meter, para pengunjung bisa berenang di tepian danau. Namun, tentu harus berhati-hati karena kedalamannya. Jadi, pastikan kamu memang bisa berenang, ya.

20. The Le Hu Garden Medan

Taman ini adalah salah satu lokasi utama untuk kamu yang ingin berfoto-foto di lokasi yang cantik. Taman terbuka ini memang didesain dengan bunga warna-warni dan lokasi yang indah sehingga cocok disebut sebagai spot wisata instagramable. Selain berfoto-foto, kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas lain, seperti memancing, bersantap di restoran, atau naik perahu.

21. Bukit Gundaling Berastagi

Dari puncak bukit setinggi 1.500 mdpl ini, kamu bisa melihat Berastagi dari spot terbaik. Kamu bahkan bisa melihat semua gunung yang ada di area ini. Selain hanya menikmati pemandangan, kamu bisa juga mengeksplorasi area ini dengan menunggang kuda.

22. Pagoda Lumbini

Pagoda yang berwarna kuning keemasan di Berastagi ini adalah replika Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar. Meskipun kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam berkendara dari pusat kota, kemegahannya sangat sepadan dengan perjalananmu. Kamu bisa berfoto-foto dan mengeksplorasi area luarnya. Sedangkan area dalamnya masih digunakan untuk beribadah.

23. Graha Santa Maria Velangkanni

Dari luar, bangunan ini memang tampak seperti sebuah pura atau kuil Hindu, namun, sebenarnya adalah sebuah gereja Katolik. Tempat yang telah berdiri selama belasan tahun ini memang dibangun dengan fungsi sebagai tempat ibadah. Namun, wisatawan tetap bisa berkunjung dan mengeksplorasi bagian luarnya (terutama arsitektur eksteriornya) jika tidak akan beribadah.

24. Mikie Funland

Mikie Funland adalah salah satu destinasi wisata anak dan keluarga favorit di Berastagi. Ada 35 wahana di sini yang bisa kamu coba bersama anak-anak. Semuanya tentu menyenangkan namun juga aman untuk si kecil. Dan karena terletak di ketinggian 1.400 mdpl, kamu bisa bermain dan menghabiskan waktu bersama keluarga dengan udara segar sepanjang hari di Funland Mikie Holiday Medan!

25. Pantai Lagundri dan Sorake Nias

Kedua pantai ini terletak dalam satu garis pantai yang sama sehingga sering dikunjungi bersamaan. Salah satu daya tarik utamanya adalah ombaknya yang tinggi dan kencang sehingga menjadi favorit para peselancar dari berbagai belahan dunia. Selain berselancar, kamu juga bisa menikmati pemandangan dan suasana pantai yang menyegarkan. Di sekitar pantai juga banyak penginapan memadai.

26. Tangkahan

Merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser, tempat ini adalah surganya para pecinta wisata alam. Dengan tanah tropis yang berbukit, hutan tropis yang menyegarkan, dan suasana yang sejuk, tentu saja banyak wisatawan yang menyukai tempat ini. Di Tangkahan, kamu bisa trekking, berenang, menjelajah gua kelelawar, mengunjungi air terjun, dan banyak lagi! Yuk, pesan Tangkahan Tour di tiket.com sekarang!

27. Pulau Berhala

Pulau yang berada di tengah Selat Malaka ini adalah salah satu pulau terluar di wilayah Indonesia. Untuk mencapainya, kamu harus naik feri selama 4-5 jam dari pelabuhan. Meskipun perjalanannya cukup jauh, kegiatan dan pemandangan di sini sangat sepadan. Kamu bisa snorkeling atau menikmati pemandangan matahari terbenam dari pinggir pantai. Pulau ini juga masih sangat bersih dan asri tanpa fasilitas buatan manusia. Jadi, tidak ada penginapan maupun tempat makan komersil di sini. Kamu harus membawa sendiri makanan dan minumanmu saat ke sini.

28. Museum Sumatera Utara

Museum Sumatera Utara adalah yang terbesar di Medan dan juga seluruh Sumatera Utara. Ada lebih dari 6.000 koleksi barang-barang bersejarah di museum dua lantai ini. Mulai dari informasi tentang hewan khas provinsi ini, arca peninggalan Hindu-Buddha, hingga diorama kehidupan pra-sejarah.

29. Taman Buaya Asam Kumbang

Sesuai namanya, tempat ini adalah rumah bagi berbagai macam buaya. Bahkan, tempat ini termasuk sebagai salah satu taman buaya terbesar di Indonesia. Kamu bisa melihat langsung aktivitas hewan-hewan ini di tempat yang aman dan terfasilitasi. Selain buaya, tempat ini juga menjadi rumah bagi beberapa spesies lain, seperti ular piton dan bebek (bisa kamu beri makan dengan biaya tambahan).

30. Pantai Cermin

Pantai yang satu ini bukan sekedar pantai saja, tapi merupakan tempat wisata alam yang sudah dikembangkan secara modern sehingga semakin menarik. Selain area pantai, ada juga area permainan di sekitarnya yang tak kalah menarik. Di area pantai dan laut, kamu bisa mencoba jet ski, banana boat, speed boat, dan lain-lain. Kamu bahkan bisa juga menunggangi kuda untuk mengeksplorasi pantai. Di area permainannya, ada kolam renang dengan wahana menarik, taman burung, restoran dan lain-lain.