Baca info penting tentang penerbangan & hotel selama pandemi Virus Corona (COVID-19).

Palembang

Tentang Palembang

Apa yang pertama kali terpikirkan di benakmu saat menyebut nama Palembang? Apakah yang kamu pikirkan adalah tempat wisata di Palembang? Ataukah justru spot menarik yang populer di kota ini seperti Jembatan Ampera dan lainnya? Kota Palembang adalah ibukota Provinsi Sumatra Selatan. Kota yang dilintasi oleh Sungai Musi ini adalah destinasi yang recommended untuk kamu yang ingin menemukan pengalaman baru saat liburan. Kamu bisa pesan tiket tempat wisata di Palembang secara online melalui tiket.com. Sangat banyak tempat wisata di Palembang yang bisa kamu pilih jika kamu liburan di kota ini. Berbagai tempat wisata sejarah seperti Benteng Kuto Besak, Monumen Perjuangan Rakyat Palembang, Pulau Kemaro, dan lainnya bisa kamu kunjungi untuk berwisata sembari belajar. Jika kamu lebih suka berkunjung ke tempat wisata alam, kamu bisa berkunjung ke Taman Hutan Wisata Punti Kayu. Untuk penggemar wisata kuliner, jangan lewatkan kesempatan mencicipi pempek asli Palembang di tempat makan yang bertebaran di berbagai sudut kota ini. Jika kamu berasal dari luar kota atau luar Sumatra, salah satu moda transportasi yang paling mudah dan cepat untuk menuju kota ini adalah dengan menggunakan pesawat terbang. Kota Palembang memiliki sebuah bandara bertaraf internasional yang disebut Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Kamu bisa pesan tiket pesawat ke Palembang melalui tiket.com untuk memulai pengalaman liburan seru di kota yang juga disebut sebagai “Bumi Sriwijaya” ini. Selain bisa pesan tiket pesawat dengan mudah, kamu juga bisa pesan tiket masuk tempat wisata di Palembang hanya dengan sekali sentuhan jari melalui tiket.com. Dengan proses transaksi yang mudah dan cepat, tiket.com selalu bisa menjadi andalan kamu untuk mendapatkan tiket tempat wisata di Palembang yang kamu mau. Instal aplikasi tiket.com untuk mendapatkan tiket yang kamu inginkan sekarang juga. Ayo mulai petualangan seru kamu di Palembang bersama tiket.com, sobat tiket!
Menampilkan 0 Produk

Sorry, no results

No attraction match your criteria. please change your search.

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang

Merupakan kota terbesar kedua di Sumatra, Palembang menyimpan segudang tempat wisata keren yang tak boleh kamu lewatkan. Tempat wisata alam, sejarah, budaya, ada semuanya di sini!

1. Jembatan Ampera

Saat berkunjung ke Palembang, tentu saja ikon kota yang satu ini tak boleh kamu lewatkan! Dibangun pada tahun 1962, jembatan raksasa ini menghubungkan Seberang Ilir dan juga Seberang Ulu yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jika ingin melihat kecantikannya lebih lagi, kamu bisa berkunjung pada malam hari saat lampu jembatan menyala terang.

2. Air Terjun Lematang Indah

Ada beberapa air terjun di Palembang, namun air terjun yang satu ini termasuk salah satu yang paling mudah dijangkau sehingga disukai warga lokal dan turis. Air Terjun Lematang Indah tak jauh dari pusat kota dan tidak ada jalan berliku-liku dan menantang yang harus kamu lewati untuk mencapainya. Tapi, tetap perlu hati-hati saat menuruni tangga, ya! Setelah itu, tinggal nikmati keindahan dan kesegarannya saja!

3. Museum Negeri Balaputra Dewa

Pasti sudah familiar dengan rumah di lembaran uang Rp10.000, dong? Nah, kalau kamu sedang ke Palembang, kamu bisa langsung lihat Rumah Limas aslinya di museum ini! Selain rumah tersebut, kamu juga bisa menikmati pemandangan rindang yang mengelilingi museum ini.

4. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Tak hanya keraton, Kerajaan Sriwijaya juga meninggalkan sebuah taman cantik yang kini menjadi salah satu destinasi di Palembang yang terkenal. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya yang dulunya disebut Taman Sriksetra ini berisi beberapa bangunan dengan arsitektur kuno, sebuah bendungan, dan kolam yang cantik.

5. Kopi Roda

Dulu, tempat ini merupakan penggilingan kopi yang cukup ternama. Meski tak lagi beroperasi, Kopi Roda kini sering menjadi salah satu spot foto populer di Palembang karena suasana vintage-nya.

6. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang adalah salah satu destinasi wisata religi di Palembang yang menarik. Arsitekturnya menggabungkan tiga kebudayaan, yaitu Eropa, Indonesia, dan Tiongkok.

7. Danau Ranau

Danau Ranau bisa jadi tujuan wisata yang cocok untuk kamu dan keluarga. Danau terbesar kedua di Sumatera ini menawarkan pemandangan yang indah serta suasana yang tenang dan menyegarkan. Selain bersantai bersama, kamu juga bisa berendam di pemandian air panas.

8. Danau Air Batu

Danau Air Batu sebenarnya dulu merupakan kubangan yang terbentuk karena aktivitas penambangan. Kini, kubangan tersebut sudah terisi air dan menjadi danau yang bisa kamu lihat hari ini. Daya tarik utamanya adalah airnya yang berwarna hijau muda dan cantik untuk difoto-foto.

9. Masjid Cheng Ho

Satu lagi destinasi wisata religi yang unik di Palembang: Masjid Cheng Ho. Arsitekturnya juga termasuk unik karena mencampur kebudayaan Arab, Tiongkok, dan Nusantara. Tempat bersejarah ini pun masih berfungsi sebagai tempat ibadah hingga hari ini.

10. Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Jika kamu dan rombonganmu suka berwisata ke tempat wisata alam terbuka yang menyediakan fasilitas lengkap untuk aktivitas outdoor, yang satu ini bisa jadi pilihan utamamu! Punti Kayu adalah satu-satunya lokasi wisata hutan di Palembang. Dengan luas 50 hektar, kamu bisa mengeksplorasi tempat ini sambil bersantai atau berfoto-foto di berbagai fasilitas rekreasinya, seperti taman, jembatan kayu, dan perahu.

11. Amanzi Waterpark

Untuk wisata keluarga yang menyenangkan dan modern, kamu bisa langsung ke Amanzi Waterpark! Di objek wisata di Palembang ini, ada banyak wahana asyik dan keren untuk menyegarkanmu. Sebut saja, Cora Pool, The Falls, dan Zimba. Kamu bisa pesan tiketnya di tiket.com sekarang untuk proses yang mudah dan harga terjangkau!

12. Air Terjun Maung

Dengan ketinggian 80 meter, kamu pasti sudah bisa membayangkan kecantikan air terjun ini, bukan? Pemandangannya bertambah cantik karena adanya dinding-dinding jurang serta rumput hijau yang membagi air terjun yang mengalir.

13. Bukit Siguntang

Terletak sekitar 3 km dari Sungai Musi, bukit ini dulunya merupakan tempat bertapa pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Bukit ini juga menjadi tempat makam sejumlah bangsawan Palembang. Hingga kini, Bukit Siguntang masih menjadi salah satu tempat wisata yang sakral.

14. Taman Pelangi Sriwijaya

Taman Pelangi Sriwijaya adalah tempat wisata di Palembang yang cocok untuk keluarga dan pasangan. Di sini, ada berbagai wahana permainan dengan harga tiket terjangkau. Namun, daya tarik utamanya adalah berbagai lampu warna-warni di seluruh taman yang menyala terang di malam hari. Tentu bisa menjadi tempat yang romantis, bukan?

15. Air Terjun Bidadari

Lokasi wisata ini cocok untuk kamu yang suka tempat wisata alam cantik serta menenangkan. Dengan ketinggian 30 meter, air terjun ini memberikan suasana yang menyegarkan dan sejuk. Selain itu, ada banyak pohon rindang dan akar menggantung yang menambah kecantikannya.

16. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Suka tempat wisata sejarah? Jika ya, kamu bisa berkunjung ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Palembang Darussalam. Kamu bisa mengajak si kecil belajar lebih banyak tentang kisah sejarah melalui koleksinya yang lengkap.

17. Rumah Rakit Sungai Musi

Salah satu bangunan unik yang tak boleh kamu lewatkan di sini adalah Rumah Rakit Sungai Musi. Sesuai namanya, rumah-rumah di sini berdiri di atas rakit dan sudah ada sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Untuk kamu yang suka wisata budaya, tentu saja area yang satu ini wajib masuk ke daftarmu.

18. Kampung Kapitan

Memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi, kampung ini dulunya merupakan lokasi di mana warga Tionghoa pertama kali menetap saat Palembang masih dalam jajahan Belanda. Kini, kampung ini menjadi salah satu destinasi wisata budaya terbaik di Palembang.

19. Waterpark Danau Tanah Mas

Meskipun namanya adalah ‘Waterpark’, kamu tidak hanya akan menemukan taman bermain air dan kolam renang yang menyegarkan. Ada banyak fasilitas rekreasi lainnya di sini. Mulai dari perahu bebek hingga taman dinosaurus. Tentu bisa menjadi destinasi wisata anak yang sempurna, bukan?

20. Fantasy Island Palembang

Satu lagi destinasi wisata keluarga yang bisa menjadi pilihanmu: Fantasy Island Palembang. Sesuai namanya, ada banyak fasilitas rekreasi untukmu dan si kecil di sini. Sebut saja wahana gokart, kolam renang untuk anak (kedalaman 50 meter saja), dan kereta gantung.

21. G Art Studio

Untuk kamu yang suka koleksi foto-foto unik selama wisata, kamu wajib berkunjung ke G Art Studio. Di sini, ada banyak latar belakang foto interaktif yang sudah didesain sedemikian rupa agar terlihat nyata / 3D.

22. Goa Putri

Goa Putri adalah salah satu destinasi terbaik di Palembang untuk kamu yang berjiwa petualang. Di goa yang sudah berusia 350 meter ini, kamu bisa mengeksplorasi sekitar 150 meter bagiannya. Fun fact: nama goa ini diambil dari sebuah batu di dalamnya yang konon merupakan jelmaan Putri Balian. Ia berubah menjadi batu karena terkena sumpah Si Pahit Lidah.

23. Sungai Gerong

Berada di tepian Sungai Musi, Sungai Gerong cocok dikunjungi bersama keluarga. Tak hanya cocok untuk santai-santai, area ini sekarang sudah dilengkapi berbagai fasilitas, mulai dari fasilitas olahraga hingga penangkaran rusa dan kupu-kupu.

24. Taman Kembang Iwak Besak

Kalau kamu ingin olahraga santai di tempat terbuka yang cantik dan menyegarkan, langsung saja ke Taman Kembang Iwak Besak. Dulu, taman ini dibangun sebagai area olahraga untuk orang Belanda di Palembang. Kini, dilengkapi dengan danau, jalur pejalan kaki, serta taman bermain anak, taman ini menjadi salah satu spot akhir pekan populer di Palembang.

25. Klenteng Chandra Nadi

Dibangun pada 1733, klenteng ini berfungsi sebagai tempat ibadah dan juga destinasi wisata sejarah menarik di Palembang. Arsitekturnya yang didominasi warna merah pasti akan menarik perhatianmu saat kamu berkunjung.

26. Pulau Kemaro

Daya tarik utama Pulau Kemaro adalah sebuah vihara besar serta pagoda 9 lantainya yang menjulang tinggi. Pulau ini juga menjadi lokasi legenda kisah percintaan seorang putri dan pangeran yang sudah tak asing lagi di antara warga lokal.

27. Sekanak Sidewalk

Sekanak Sidewalk masih termasuk objek wisata baru karena termasuk rangkaian persiapan Asian Games 2018. Area pejalan kaki di pinggir Sungai Sekanak dicat warna-warni, begitu juga dengan rumah-rumah warga di sekitarnya. Tak heran jika lokasi ini kini menjadi salah satu spot jalan-jalan santai yang ternama di Palembang.

28. Kampung Arab Palembang

Sesuai namanya, bangunan-bangunan di kampung ini masih menggunakan arsitektur zaman dulu yang mempesona dan menarik perhatian. Semua bangunan ini masih terawat dengan baik sehingga pasti akan tampak cantik di foto.

29. Benteng Kuto Besak

Satu lagi destinasi wisata sejarah yang menarik. Dulu, benteng ini adalah bagian dari bangunan Keraton Palembang. Namun, tak hanya nilai sejarah tersebut yang menjadikannya menarik. Ada satu lagi fakta unik mengenai tempat ini, yaitu bahan materialnya menggunakan putih telur.

30. Museum Tekstil Palembang

Museum Tekstil Palembang yang masih kental dengan arsitektur gaya Eropa menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan edukatif favorit keluarga. Koleksinya yang lengkap dipadukan dengan gaya bangunan yang unik tentu memberikan nilai plus tersendiri untuk tempat ini.