Baca info penting tentang penerbangan & hotel selama pandemi Virus Corona (COVID-19).

Filipina

Tentang Filipina

Filipina adalah negara yang mengagumkan karena berbagai alasan. Selain memiliki pemandangan yang indah, negara ini juga memiliki pantai-pantai yang cantik, dan penduduk lokal yang ramah. Di pulau ini, kamu bisa melepaskan penat dengan bersantai di samping pantai sambil minum es kelapa muda. Terletak di Asia Tenggara, Filipina memiliki tiga wilayah geografis utama, yaitu Luzon, Visayas, dan Mindanao. Ibukotanya adalah Manila. Ketika mengunjungi pulau ini, sobat tiket harus menyempatkan waktu untuk pergi ke Boracay. Di sana, kamu bisa mengelilingi banyak pulau, seperti Pulau Buaya, Pantai Puka, dan Pantai Diniwid. Cobain deh snorkeling dan lihat terumbu-terumbu karang serta ikan-ikan yang berwarna-warni. Pasti asyik! Di ibukotanya, Manila, kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata menarik seperti Enchanted Kingdom, Manila Ocean Park, The Dessert Museum, dan Paradizoo. Selain mengunjungi tempat wisata menarik di atas, kamu juga bisa mempelajari lebih lanjut mengenai negara Filipina dengan mengunjungi benteng dan gereja. Tempat wisata terkenal di Filipina, antara lain adalah Katedral Manila, Gereja San Agustin dan Benteng Santiago. Selain Manila dan Boracay, ada berbagai pulau lain yang menarik untuk dikunjungi di negara ini, seperti Pulau Cebu. Di Cebu, sobat tiket bisa mencoba olahraga air yang asyik seperti parasailing, surfing, diving dan masih banyak lagi. Wow! Banyak banget kan hal yang bisa kamu lakukan dalam satu hari. Ke mana pun kamu pergi, tentu saja kamu nggak boleh melewatkan mencicipi makanan lokal di negara tersebut. Di Filipina, beberapa makanan tradisional yang bisa kamu temukan adalah ayam adobo, balut, sinigang (semur daging asam), lechon (babi panggang) dan Kare Kare (semur buntut sapi). Gimana? Tertarik mengunjungi Filipina? Agar perjalanan kamu lebih lancar, kamu bisa memesan tiket ke tempat wisata terkenal di Filipina melalui tiket.com loh! Ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa kamu beli berdasarkan aktivitas yang kamu sukai. Ayo, mari jelajahi Filipina bersama tiket.com, sobat tiket!

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Filipina

Berbagai lokasi wisata di Filipina dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 tempat wisata terbaik di Filipina yang kami rekomendasikan!

  • Banaue Rice Terrace

Kamu akan melihat pemandangan hijau sejauh mata memandang ketika tiba di sini. Sawah dengan tinggi 1.500 meter di atas permukaan laut ini telah ada sejak 2.000 tahun yang lalu, dibangun oleh Suku Batad. Kini, tempat ini telah ditetapkan sebagai salah satu UNESCO World Heritage.

  • Chocolate Hills

Tempat ini adalah wilayah perbukitan di Filipina yang diberi nama “Chocolate Hills” karena bukit-bukitnya yang akan berubah warna menjadi cokelat di musim kemarau. Hal ini terjadi karena rerumputan yang menutupi bukit mengering di musim tersebut.

  • Gunung Mayon

Dengan tinggi lebih dari 200 meter, gunung ini merupakan salah satu daya tarik utama di Filipina. Jika dilihat dari jauh, gunung ini bahkan mirip dengan Gunung Fuji yang terkenal juga di Jepang. Untuk melakukan pendakian, kamu perlu mengajukan izin lebih dulu ke pihak pemerintah, ya!

  • Boracay

Saat mencari tempat wisata di Filipina, kamu pasti akan menemukan Boracay di hampir semua pencarian internet. Hal ini karena Boracay adalah sebuah pulau cantik yang berjarak 315 km dari Manila, ibukota Filipina, dan memiliki banyak pantai dengan pasir dan air laut yang masih bersih. Yang terkenal di sini adalah White Beach yang dinamai demikian karena pasir yang putih dan luas sepanjang pantai. Selain bisa menikmati pemandangan yang indah sambil bersantai, kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas menyenangkan, seperti snorkeling, scuba diving, dan banyak lagi!

  • Tubbataha Reef

Satu lagi situs warisan dunia UNESCO yang ada di Filipina: Tubbataha Reef. Tempat ini sangat kaya akan karang dan biota laut lainnya. Bahkan, 75% dari total spesies karang yang ada di dunia hidup di area ini! Bagi kamu yang suka menyelam, tempat ini sangat cocok untukmu karena keindahan bawah lautnya yang tiada duanya.

  • Pulau Coron

Pulau Coron adalah objek wisata di Filipina yang bagus pemandangan alamnya. Di sini, kamu akan melihat langsung air laut yang masih jernih dan bersih sampai kamu bisa melihat dasarnya tanpa harus menyelam. Kegiatan favorit turis di sini adalah snorkeling dan juga melihat matahari terbenam di Bukit Tapas.

  • Pulau Mactan

Pulau Mactan terletak di Provinsi Cebu dan dihuni oleh kurang lebih 430.000 orang. Yang menjadikan pulau ini salah satu tempat wisata favorit di Filipina adalah produksi alat-alat musik sebagai souvenir. Sebut saja gitar, ukulele, dan sebagainya. Selain itu, ada juga resor bintang 5 di pulau yang bisa kamu pilih sebagai akomodasi saat menikmati momen wisata di sini.

  • Air Terjun Maria Cristina

Air terjun setinggi 98 meter ini tidak hanya cantik pemandangannya, tapi juga memiliki cerita legenda. Dikatakan bahwa dulu ada 2 bidadari, Maria dan Cristina, yang sama-sama jatuh cinta kepada manusia lalu menikah di sini. Kini, selain mendengar cerita dan menikmati pemandangan, pengunjung juga bisa berenang, terutama sekitar bulan Maret dan April (musim kemarau) saat airnya tidak terlalu deras.

  • Manila Ocean Park

Terletak di Manila, ibukota Filipina, taman laut ini merupakan rumah dari kurang lebih 14.000 biota laut. Selain bisa melihat-lihat langsung hewan-hewan laut yang menakjubkan, kamu juga bisa melihat hewan-hewan darat, menyaksikan pertunjukan hewan yang menarik, dan berfoto-foto sampai puas.

  • Kota Tua Vigan

The Heritage City of Vigan merupakan kota tua peninggalan zaman kolonial Spanyol. Kamu akan menemukan banyak bangunan dengan gaya arsitektur Eropa, Tiongkok, dan Filipina.

  • Museum Nasional Filipina

Untuk tempat wisata sejarah, kamu bisa berkunjung ke Museum Nasional Filipina. Ada banyak koleksi barang-barang bersejarah di sini, mulai dari koleksi bidang arkeologi, antropologi, hingga geologi. Salah satu koleksi yang wajib kamu lihat langsung adalah San Diego, sebuah kapal dagang yang pernah berlayar dari Manila hingga Acapulco, Meksiko. Saat ditemukan, artefak dan koleksi lainnya di dalam kapal ini masih utuh dan dalam kondisi yang bagus.

  • Pantai El Nido

El Nido sering dianggap sebagai surga kedua di Filipina setelah Boracay. Dengan tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi serta air laut yang masih bersih dan bening, tidak heran pantai ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan. Di sini, selain menikmati pemandangan, kamu bisa juga mencoba kayaking atau berlayar.

  • Pulau Siargao

Pulau ini terkenal akan ombaknya yang besar sehingga populer di kalangan peselancar. Tapi, kamu juga bisa menikmati tempat ini dengan snorkeling atau berenang di tepi pantai saja. Selain air lautnya yang jernih dan pantainya yang bersih, ada juga resor mewah di sini.

  • Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa

Menyusuri sungai ini, kamu akan masuk ke dalam gua yang memiliki stalaktit dan stalagmit dengan bentuk yang menarik. Ada yang bentuknya bulat sehingga disebut jamur, ada yang mirip dengan lambung kapal sehingga disebut Titanic, dan banyak lagi.

  • Osmeña Peak, Mantalongon Dalaguete, Cebu

Osmeña Peak adalah titik tertinggi di Cebu dan merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dari ketinggian. Kamu bisa melihat pemandangan bukit-bukit dengan latar belakang laut biru di sini.

  • Pulau Sumilon, Cebu

Kamu bisa snorkeling, santai di pantai, atau berenang di tepi pantai saat berkunjung ke sini. Selain pemandangannya yang indah, ada dataran pasir putih di sini yang menghilang saat air laut pasang dan muncul lagi ketika air laut surut.

  • The Hinatuan Enchanted River

Sungai di Mindanao ini airnya mengalir sampai ke Samudera Pasifik. Airnya masih jernih dan bening, kamu bahkan bisa melihat dasarnya langsung. Kamu juga bisa berenang untuk menikmati kesegaran airnya.

  • Sohotan Cave

Dengan perahu yang tidak terlalu besar, kamu bisa mengeksplorasi gua-gua di area ini yang masing-masing memiliki formasi batu yang terbentuk secara alami dengan bentuk yang unik. Selain itu, kamu juga bisa berenang di tempat yang belum terlalu ramai turis ini.

  • Pulau Balicasag

Untuk tempat diving yang menawarkan pemandangan bawah laut yang cantik namun belum ramai turis, kamu bisa ke Pulau Balicasag. Saat menyelam, kamu bisa melihat langsung berbagai spesies hewan laut yang berenang ke sana kemari.

  • Manjuyod Sandbar

Manjuyod Sandbar sering disebut sebagai Maldives-nya Filipina karena juga memiliki rumah-rumah sewa di atas laut. Kamu bisa menginap di sini, berenang di sekitar pantai, dan bersantai sambil menikmati pemandangan langit malam penuh bintang.

  • Cambugahay Falls

Air terjun di Siquijor ini terkenal karena memiliki 3 tingkat air terjun dengan aliran yang tidak terlalu deras serta kolam di bawahnya yang tersedia untuk berenang. Selain itu, ada juga ayunan di dekat air terjun yang bisa kamu gunakan untuk melompat ke kolam.

  • Mount Tapyas

Dengan menaiki 721 anak tangga, kamu bisa mencapai puncak Mount Typas untuk melihat pemandangan alam di bawahnya yang cantik dan tiada duanya. Kamu juga bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam di sini.

  • San Agustin Church

Gereja di Manila yang megah ini dibangun pada masa kolonial Spanyol dan bertujuan menggantikan kedua gereja sebelumnya di lokasi yang sama namun hangus terbakar karena terbuat dari kayu. Yang satu ini kini dibuat dari batu dan tetap berdiri kokoh meski sudah melewati banyak gempa bumi.

  • Rizal Park

Taman ini mendapatkan namanya dari Jose Rizal, seorang pahlawan nasional Filipina. Di sini, ada kolam, taman hias, dan area berjalan untuk para pengunjung. Kamu bisa menikmati kesegaran udara sambil jalan-jalan santai di sini.

  • Basilica del Santo Nino

Dibangun pada 1739, tempat ini merupakan gereja Katolik Roma tertua di Filipina. Kamu juga bisa mengetahui lebih banyak tentang sejarah kekristenan di Cebu di dalam kompleks gereja ini.

  • Burnham Park

Burnham Park adalah taman rekreasi yang cocok untukmu dan keluarga. Kamu bisa sewa sepeda untuk bersepeda di area yang sudah disediakan, sewa perahu untuk menjelajahi taman air, bermain ice skating di skating rink yang ada, atau bahkan bermain bola di lapangan sepakbola.

  • Cebu Taoist Temple

Saat tiba di sini, kamu bisa langsung melihat kemegahan arsitekturnya, termasuk tembok depannya yang menyerupai Tembok Besa Cina. Kuil ini dulu dibangun oleh sejumlah penduduk etnis Tionghia yang tinggal di dekat sana. Sesuai namanya, kuil ini adalah tempat ibadah untuk penganut kepercayaan Taoisme.

  • Pasanjan Falls

Kamu bisa mencapai air terjun setinggi 91 meter ini dengan perjalanan yang melalui sungai menggunakan sampan. Begitu tiba di sana, kamu bisa menikmati kesegarannya sekaligus berfoto-foto.

  • Mount Apo

Mount Apo yang terletak di Davao adalah gunung tertinggi di Filipina yang juga adalah gunung berapi. Dengan tinggi 2.954 meter di atas permukaan laut, kamu bisa mendaki gunung ini sampai ke puncaknya dalam waktu 1-3 hari. Namun, kamu perlu mendapatkan izin serta didampingi pemandu, ya!

  • The Hundred Islands National Park

Seperti namanya, di taman nasional ini, kamu bisa menyewa perahu dan melakukan island hopping ke banyak sekali pulau yang ada di area ini. Bahkan beberapa pulau juga menyediakan penginapan. Semuanya tentu dengan pemandangan alam yang sangat indah!