Mulai dari USD 7,79USD 7,48
Info Penting & Highlight

  • Khusus tanggal 30 dan 31 Desember, waktu kunjungan/last redeem pukul 17.00 WITA.
  • Pada tanggal 30 & 31 Desember area Festival Park dan Mandalaloka hanya bisa diakses untuk pengunjung yang membeli tiket countdown.
  • Jika kamu membeli lebih dari 1 tiket, bagian “Detail Pengunjung” cukup diisi dengan data 1 orang saja (salah satu pengunjung).

  • GWK adalah ikon kebudayaan Bali yang menampilkan patung Dewa Wisnu, patung tertinggi di dunia!
  • Saksikan kemegahan pertunjukan kolosal Ogoh-ogoh yang terinspirasi dari ritual Pengerupukan Hari raya Nyepi.
  • Jalan-jalan sekitar taman di Cultural Park atau nonton Tari Kecak dengan pemandangan matahari terbenam.
  • Cocok untuk: Sang Petualang.

Paket

Venue
Tentang produk ini
Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK)
Mulai dari USD 7,79
USD 7,48 

Selengkapnya Tentang Garuda Wisnu Kencana Cultural Park 2024

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK): Taman Budaya Ikonik di Bali

Ringkasan Informasi GWK

🎟️Harga Tiket GWK

Mulai dari Rp105.800

🎢Fasilitas

Toilet, Area Parkir, Teater, Restoran, Festival Park, Musala

🕛Jam Buka

10.00-20.00 waktu setempat

📍Alamat

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park - Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80364

📢Promo Hari Ini

Tiket Masuk GWK 2024 di sini 

🏖️Rekomendasi Tempat Wisata Bali

Bali Zoo, Monkey Forest Ubud, Bali Safari & Marine Park, Bali Bird Park, Waterbom Bali

*Data di atas dapat berubah sewaktu-waktu

 

Tentang Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Jalan-jalan ke Bali belum lengkap rasanya kalau belum melihat megahnya patung GWK Bali. GWK merupakan singkatan dari Garuda Wisnu Kencana. Meski baru diresmikan pada 2018, nyatanya patung ini telah dibangun sejak 1990. Saking megahnya, pembangunan patung Dewa Wisnu menunggangi garuda ini bahkan membutuhkan waktu hingga 28 tahun!

Bahan patung Garuda Wisnu Kencana terbilang sangat unik. Patung GWK dibangun dari 4.000 ton baja dan tembaga. Untuk pembangunan konstruksinya, patung GWK dibuat dari tembaga sebanyak 21.000 batang baja dan 170.000 baut dengan total berat 2.000 ton. 

Patung GWK dijadikan sebagai taman budaya dan ikon pariwisata Bali dan Indonesia. Ada beberapa jenis-jenis patung GWK yang bisa kamu temui di area Garuda Wisnu Kencana. Seperti Plaza Garuda, Bhuta Nama, Patung Dewa Wisnu, dan masih banyak lagi.

Kini, semua jerih payah itu terbayarkan karena patung tersebut menjadi salah satu yang tertinggi di dunia dan juga mengundang wisatawan lokal maupun internasional. Tinggi GWK mencapai 121 meter. Bahkan, patung ini sudah terlihat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, lho! Semakin dekat kamu ke tempat wisata ini, semakin sulit melihat keseluruhan patung tersebut saking megah dan besarnya!

Selain patung tersebut, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana juga menyediakan banyak area wisata lainnya yang nggak kalah keren. Mulai dari teater, taman, kolam, sewa segway, hingga spot foto yang khas. Nggak salah kalau GWK Bali dikatakan sebagai salah satu tempat Instagramable di Bali. Cocok banget untuk kamu dan keluarga, teman-teman, bahkan pasangan! 

Yuk simak informasi lebih lengkap tentang mulai dari sejarah GWK dan fungsi patung GWK, fakta-fakta menarik, harga tiket masuk GWK, fasilitas yang ada, dan yang lainnya di bawah ini.

Sejarah GWK

Sejarah GWK cukup panjang lho, sobat tiket. GWK sendiri dibangun cukup lama, yakni 28 tahun. Proyek pembangunan Patung GWK pertama kali digagas pada tahun 1989 oleh seniman Bali, I Nyoman Nuarta. Pada tahun 1990, ide ini mendapatkan persetujuan dari Presiden RI saat itu, Soeharto. I Nyoman Nuarta ditunjuk sebagai arsitek pembangunan patung ini.

Namun, proses pembangunan terhenti pada tahun 1998 akibat krisis moneter yang melanda Indonesia. Patung GWK terbengkalai selama lebih dari satu dekade sebelum dilanjutkan kembali pada tahun 2013 oleh PT. Alam Sutera Realty Indonesia.

Dalam tahap lanjutan pembangunan, I Nyoman Nuarta bekerja sama dengan sekitar 120 seniman patung lainnya untuk menyelesaikan proyek ini. Patung GWK terbuat dari campuran baja dan tembaga dengan total berat mencapai 4.000 ton. Struktur patung ini terdiri dari tembaga, kuningan, dan ditopang oleh 21.000 batang baja serta 170.000 baut.

Setelah melalui serangkaian tes yang mencakup uji ketahanan terhadap angin, pengujian rongga secara berkala, dan pengujian tanah, proyek pembangunan Patung GWK akhirnya selesai pada tanggal 22 September 2018. Presiden Joko Widodo meresmikan patung ini sebagai salah satu aset kebanggaan Indonesia.

Makna Filosofi Garuda Wisnu Kencana

Patung GWK mengandung makna filosofis yang dalam dan menggambarkan simbolisme budaya dan nasional. Filosofi Garuda Wisnu Kencana bisa dilihat dari namanya. Nama "Garuda Wisnu Kencana" mengacu pada patung raksasa yang menggambarkan Dewa Wisnu menunggangi burung Garuda dan memakai mahkota emas.

Dalam kepercayaan Hindu, Dewa Wisnu adalah pelindung alam semesta atau "sthiti". Burung Garuda melambangkan kesetiaan dan pengabdian tanpa syarat serta menjadi salah satu lambang nasional Indonesia. Nama "Kencana" memiliki arti "emas", sama seperti mahkota emas yang dipakai oleh patung Dewa Wisnu.

Filosofi patung GWK mencerminkan cinta, tanggung jawab, keberanian, dan pengabdian. Garuda sebagai tunggangan Dewa Wisnu melambangkan kekuatan, keberanian, dan kesetiaan. Sedangkan Dewa Wisnu melambangkan peran pentingnya sebagai penjaga dan pemelihara dunia.

Patung GWK juga menjadi simbol kebanggaan dan identitas budaya bagi masyarakat Bali dan Indonesia secara keseluruhan. Selain itu, GWK juga diharapkan dapat menjadi magnet pariwisata yang menarik pengunjung dari seluruh dunia untuk menyaksikan keindahan dan keagungan patung ini serta mengenal lebih dalam kebudayaan Bali.

Fungsi Patung GWK

Salah satu fungsi utama dari pembangunan Patung GWK adalah untuk menjadikan kawasan ini sebagai tujuan wisata baru di Bali. Patung GWK tidak hanya menampilkan nilai budaya bangsa, tetapi juga menjadi tempat untuk memamerkan seni nusantara kepada pengunjung dari dalam dan luar negeri.

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park telah dibuka sebagai tempat wisata sejak 22 September 2018. Meskipun bangunan ini terdiri dari 30 lantai, pengunjung hanya diperbolehkan naik hingga lantai 23. Lantai 24-30 merupakan bagian kepala Dewa Wisnu yang tidak boleh dikunjungi oleh sembarang orang.

Pada lantai 23, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang spektakuler dengan jarak pandang mencapai 20 km yang meliputi wilayah Kuta, Sanur, Nusa Dua, dan Tanah Lot. Di lantai dasar, pengunjung dapat melihat sejarah panjang pembangunan, pameran seni, serta informasi seputar bangunan ini.

Fakta-Fakta Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana menjadi simbol ikonik wisata Bali dan salah satu landmark kebanggaan Pulau Dewata. Sebagai tujuan wisata Bali, GWK menjadi tempat pertunjukan pameran, konferensi nasional hingga konferensi internasional. Berencana berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana? Yuk ketahui dahulu fakta-fakta menarik mengenai Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana di bawah ini: 

  1. Memiliki Makna Filosofis

Patung Garuda Wisnu Kencana memiliki makna sebagai simbol penyelamatan dunia dan lingkungan sebagai salah satu kepercayaan umat Hindu. Sedangkan garuda melambangkan pengabdian dan kebebasan. Filosofi Garuda WIsnu Kencana sangat dalam ya, sobat tiket!

  1. Patung Tertinggi Ketiga di Dunia

Garuda Wisnu Kencana dikategorikan sebagai patung tertinggi ketiga di dunia, lho. Tinggi GWK mencapai 121 meter. Patung GWK mengalahkan patung Kuil Musim Buddha di China, patung The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar, dan Patung Liberty di Amerika Serikat.

  1. Terletak di Area yang Suci

Awalnya, area Garuda Wisnu Kencana merupakan kawasan bekas tambang kapur. Kemudian diubah menjadi kompleks taman yang dikelilingi air mancur dengan sumber mata air suci yang memiliki makna Parahyangan Somaka Giri.

  1. Diresmikan oleh Presiden Jokowi 

Sebagai ikon wisata Bali yang populer, Garuda Wisnu Kencana diresmikan pada 22 September 2018 oleh Presiden Jokowi sebagai patung kebanggan Indonesia

  1. Waktu Pembangunan 28 Tahun

Patung GWK mulai dibangun pada 8 Juni 1997. Pada perjalanannya, terjadi krisis moneter yang membuat pembangunannya terhenti. Kemudian pada tahun 2013, pembangunan patung GWK kembali diteruskan dan diresmikan pada tahun 2018.

Aktivitas Seru di GWK Bali

GWK menawarkan pengalaman yang tak terlupakan untuk kamu. Dengan patung Dewa Wisnu menunggang Garuda setinggi 110 meter sebagai daya tarik utamanya, GWK juga menawarkan berbagai atraksi menarik lainnya. Berikut ini beberapa aktivitas seru di GWK Bali yang bisa kamu lakukan saat berkunjung.

  1. Menikmati Pertunjukan Budaya Bali

Aktivitas seru di GWK Bali yang pertama adalah menonton pertunjukan budaya Bali. Di GWK Bali, kamu akan dimanjakan dengan berbagai pertunjukan budaya Bali yang memukau. Saksikanlah tarian Bali yang terkenal dengan gerakan mata penarinya yang elegan dan indah. Kamu juga bisa menikmati pertunjukan tari kecak yang menampilkan penggalan cerita Ramayana dengan latar belakang matahari terbenam yang spektakuler. 

  1. Berkeliling dengan Segway atau Skutis

Aktivitas seru di GWK Bali selanjutnya adalah berkeliling dengan Segway atau Skutis. GWK Bali memiliki area yang sangat luas, mencakup 60 hektare. Jika ingin menjelajahi seluruh area tersebut dengan cepat dan mudah, kamu bisa menyewa Segway atau Skutis (skuter elektrik). Sewa Segway atau Skutis di luar tiket masuk GWK. Jadi kamu harus membayar secara terpisah. Biaya sewa sekitar Rp60.000 hingga Rp80.000 untuk 15 menit penggunaan.

  1. Berfoto Pakai Baju Adat Bali

Aktivitas seru di GWK Bali selanjutnya adalah berfoto dengan pakaian adat Bali. Mumpung di Bali, tidak ada salahnya kamu barefoot dengan pakaian adat Bali! Di GWK Cultural Park, kamu bisa melakukan sesi pemotretan di sela-sela kunjungan Anda. Kencana Photo Studio menawarkan paket foto Personal, Couple, dan Family. Paket tersebut sudah termasuk sewa baju adat dan cetak foto. 

  1. Wisata Kuliner

Aktivitas seru di GWK Bali selanjutnya adalah wisata kuliner. Sebagai tempat wisata yang populer di Bali, GWK menawarkan berbagai pilihan kuliner untuk memanjakan lidah Anda. Restoran Jendela Bali adalah tempat yang tepat untuk mencicipi masakan khas Bali yang lezat. Anda dapat mencoba menu andalan mereka, seperti ikan bakar sambal matah yang segar dan menggugah selera, atau bebek goreng krispi yang renyah dan gurih. 

  1. Membeli Suvenir Khas Bali

Aktivitas seru di GWK Bali selanjutnya adalah beli suvenir. Tak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh dari Bali. Di Kencana Souvenir, yang terletak di dalam kompleks GWK, kamu bisa menemukan ribuan produk buatan lokal. Mulai dari baju pantai yang cantik, essential oil yang harum, perhiasan perak yang elegan, hingga ukiran Bali yang indah. 

Tiket Masuk GWK 2024 

Bicara mengenai destinasi wisata Bali yang ikonik, pasti nggak akan ada habisnya. Berbagai macam wisata alam maupun buatan terus dibuat atau dirawat untuk mengundang wisatawan, nggak hanya domestik, tapi juga mancanegara! Salah satu lokasi yang dari dulu hingga saat ini sangat diminati oleh turis adalah Garuda Wisnu Kencana Cultural Park atau GWK, taman dengan sebuah patung raksasa hingga 122 meter!

Harga Tiket Masuk Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK)

Jika sobat tiket ingin mengunjungi GWK Cultural Park Bali, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp105.800 untuk membeli tiket GWK. Kalau ingin mendapatkan harga tiket masuk GWK 2024 yang lebih murah, sobat tiket bisa terus pantengin tiket.com dan nantikan promo GWK 2024 yang dijamin termurah dan mudah! 

Tiket masuk GWK 2024 sudah termasuk akses masuk ke GWK, welcome drink di Jendela Bali Restaurant, tiket masuk Asana Artseum, tiket pertunjukan budaya, dan tiket film animasi "Petualangan Garuda Cilik" di Garuda Sineloka.

*Harga tiket GWK dapat berubah sewaktu-waktu, cek katalog paket halaman ini untuk harga lebih update.

Fasilitas dan Aktivitas di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK) Bali

Jadi, ada apa di GWK Bali? Nah, sobat tiket yang ingin mengunjungi lokasi Garuda Wisnu Kencana akan disuguhkan berbagai macam aktivitas yang bisa kalian lakukan. Salah satunya adalah pementasan festival budaya yang sering dilaksanakan di areal GWK Bali. Selain itu, banyak juga kegiatan dan area lainnya seperti:

  • Lotus Pond;

  • Wisnu Plaza;

  • Plaza Kencana;

  • Indraloka Garden;

  • Festival Park;

  • Street Theater, dan masih banyak event lainnya.

Untuk sobat tiket yang ingin mengunjungi destinasi wisata Bali ini nggak perlu ragu karena taman GWK Bali dilengkapi berbagai macam fasilitas seperti:

  • Toilet;

  • Musala;

  • Restoran;

  • Food court;

  • Segway/skutis;

  • Spot foto;

  • Pedestal Tour Shelter.

Lokasi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Setelah beli tiket GWK, kamu harus segera mengecek lokasinya agar tidak salah jalan. Garuda Wisnu Kencana berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bal. Untuk mengunjungi GWK Bali, kamu bisa langsung berangkat menuju alamat GWK Bali. Tentunya, patung GWK Bali yang tinggi nggak akan membuat kamu tersasar. Bahkan, dari Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar, kamu sudah dapat melihat keindahan patung ini.

Cara Menuju Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK)

Dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, lokasi GWK Festival Park terletak hanya 20 menit saja ke Selatan. Jadi, kamu bisa menggunakan jasa taksi konvensional atau taksi dan ojek online untuk menuju ke lokasi GWK. Di daerah ini juga terdapat banyak hotel maupun penginapan, sehingga kamu nggak perlu bingung mencari hotel yang jaraknya hanya beberapa menit saja dari GWK Bali.

Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk menyewa mobil atau motor. Dengan menyewa kendaraan, kamu akan lebih leluasa mengunjungi berbagai macam destinasi wisata di Bali, selain patung Garuda Wisnu Kencana.

Jam Operasional Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Mungkin saat ini sobat tiket bertanya-tanya, “Kapan GWK Bali buka?” Patung GWK Bali bisa dikunjungi setiap hari dari pukul 10.00 sampai 20.00 WITA. Catat jam operasional GWK Bali, ya! Jangan sampai kalian datang di jam yang salah dan merusak rencana liburan kalian sendiri.

Ingin Berlibur ke Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK)?

Nah, kalau sobat tiket sudah fix ingin datang untuk melihat megahnya Patung GWK Bali, ada baiknya kamu memesan tiket terlebih dahulu secara online di tiket.com. Selain akan membuat rencana liburanmu semakin matang, kamu juga berkesempatan menikmati promo tiket masuk GWK 2024 dan mendapatkan tiket masuk GWK dengan harga termurah dan pastinya dengan mudah! Tunggu apa lagi? Yuk, pesan tiket GWK di tiket.com sekarang!