destination banner

Jelajahi wisata Semarang terpopuler

Indonesia

35+ Rekomendasi Tempat Wisata Semarang Terbaru, Liburan Yuk!

35+ Rekomendasi Tempat Wisata Semarang Terbaru, Liburan Yuk!

Saat jalan-jalan ke Jawa Tengah, ada satu kota yang wajib dikunjungi, yaitu Semarang. Wisata Semarang bisa kamu jadikan opsi saat mengunjungi Jawa Tengah. Semarang adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, yang memiliki sejarah kaya sebagai pusat perdagangan kolonial Belanda. Kota ini terkenal dengan pelabuhan Tanjung Emas yang strategis, serta beragam tempat ibadah yang mencerminkan keragaman budaya.

Semarang menawarkan wisata beragam, termasuk Kota Lama berarsitektur kolonial, pantai eksotis di Marina, dan taman hiburan. Selain itu, kuliner khas seperti lumpia dan hidangan laut segar membuat kota ini menjadi tujuan kuliner yang menarik.

Semarang memiliki banyak tempat wisata yang menarik.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Semarang yang paling populer. Cek juga tempat wisata di Semarang terbaru yang bisa kamu kunjungi. Cari tahu juga ​​rekomendasi wisata Semarang terbaru 2024.

Tempat Wisata Semarang Terdekat dari Pusat Kota

1. Lawang Sewu

Bangunan ini adalah salah satu yang paling ikonik dan bersejarah di kota. Banyak masyarakat yang mengaitkan gedung ini dengan cerita-cerita mistis, namun tidak hanya itu daya tariknya. Arsitektur bangunannya sendiri sangat mencerminkan gaya kolonial sehingga termasuk instagramable. Di dalamnya, ada lebih banyak ruangan dengan desain yang tak kalah instagramable, termasuk deretan pintu yang jika difoto secara sejajar akan terlihat seperti cermin. Pesan paket wisata Lawang Sewu dari Jogja di tiket.com, harga paket mulai dari Rp465.000.

  • Lokasi:Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 08:00 - 17:00

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek katalog paket halaman ini di tiket.com untuk harga lebih update.

2. Sam Poo Kong

Satu lagi bangunan ikonik di pusat Kota Semarang: Sam Poo Kong. Tempat ini sebenarnya merupakan klenteng untuk beribadah, namun ada area terbuka yang bisa didatangi semua pengunjung. Kamu juga bisa mempelajari sejarah Laksamana Cheng Ho (Zheng He), seorang pelaut dari Tiongkok yang menjelajahi Nusantara di abad ke-13. Tiket.com sediakan tiket masuk Sam Poo Kong, harga mulai dari Rp35.000 per orang.

  • Lokasi: Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 08:00 - 20:00

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek katalog paket halaman ini di tiket.com untuk harga lebih update.

3. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk adalah salah satu bangunan peninggalan era kolonial yang hingga kini masih berdiri kokoh dan terjaga dengan baik. Menggunakan gaya neo klasik, bangunan dengan gaya arsitektur Eropa ini terlihat megah dan cantik bahkan dari kejauhan sekalipun. Memasuki area Gereja Blenduk tidak dikenakan biaya tiket masuk.

  • Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.32, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 06:00 - 24:00

Daftar Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

4. Masjid Kapal Semarang

Tempat wisata selanjutnya terbilang unik, yaitu Masjid Kapal Semarang. Masjid yang satu ini memang memiliki bentuk yang menarik, yaitu menyerupai sebuah kapal. Di dalamnya, ada empat lantai yang fungsinya berbeda-beda. Lantai 1 untuk acara dan pertemuan, lantai 2 dan 3 untuk ibadah, dan lantai 4 adalah area terbuka untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Harga tiket masuk Masjid Kapal Semarang mulai dari Rp3.000 per orang.

  • Lokasi: Jl. Kyai Padak, Podorejo, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 04:00 - 20:00

5. Semarang Gallery

Sedang di Semarang bersama keluarga? Kamu bisa mencoba kunjungi wisata Semarang untuk keluarga yaitu Semarang Gallery. Galeri seni yang satu ini mengambil tempat di sebuah bangunan tua yang sudah disulap menjadi galeri yang elegan untuk menampung berbagai hasil karya seni. Karya seni yang ditampilkan kebanyakan adalah dari seniman-seniman Indonesia. Semarang Gallery sangat direkomendasikan dikunjungi sebagai tempat wisata di Kota Semarang. Harga tiket masuk Semarang Gallery mulai dari Rp10.000 per orang.

  • Lokasi: Jl. Taman Srigunting No.5-6, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari (Senin tutup), pukul 10:00 - 20:30

6. Gua Maria Kerep Ambarawa

Seperti Gua Maria lainnya, tempat ini merupakan destinasi wisata religi untuk umat Katolik. Tempat ini juga dipenuhi patung Bunda Maria serta patung lainnya yang menggambarkan kisah hidup Yesus. Gua Maria ini juga berfungsi sebagai sebuah tempat ibadah. Harga tiket masuk Gua Maria Kerep Ambarawa mulai dari Rp3.000 per orang.

  • Lokasi: Jl. Gua Maria Kerep, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 06:00 - 22:00

7. Kota Lama

Kota Lama di Semarang, seperti Kota Tua di Jakarta, layaknya sebuah kapsul waktu di tengah kota. Tempat wisata di Semarang ini dipenuhi bangunan-bangunan dengan arsitektur gaya kolonial yang tentu cocok untuk berfoto-foto atau sekedar jalan-jalan dengan suasana yang berbeda saja.

  • Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: 24 jam

8. Kampung Batik

Wisata di kota Semarang tidak lengkap kalau belum mengunjungi Kampung Batik. Di kampung ini, kamu bisa menambah pengetahuan tentang seni dan budaya asli Indonesia ini secara mendalam dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Kamu juga bisa membeli pulang berbagai hasil karya seni batik untuk oleh-oleh. Selain itu, daya tarik lainnya adalah sebuah lukisan batik di tembok sepanjang kurang lebih 46 meter yang menggambarkan sejarah terbentuknya Semarang.

  • Lokasi: Jl. Batik No.698A, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 07:00 - 20:00

Wisata Alam Semarang

9. Pantai Baruna

Wisata alam dan wisata pantai lengkap rasanya kalau kamu berkunjung ke Pantai Baruna. Tempat wisata Semarang ini adalah salah satu pantai paling instagramable di Semarang, banyak spot foto eksotis yang bisa kamu potret, karena ada padang rumput ilalang yang rindang serta laut lepas di lokasi yang sama. Pantai ini memang kurang cocok untuk kamu yang ingin berenang atau mencoba aktivitas watersport, tapi sangat cocok untuk kamu yang ingin bersantai sambil menyantap camilan lokal dan menikmati pemandangan. Menikmati Pantai Baruna perlu membayar tiket masuk mulai dari Rp5.000 per orang.

  • Lokasi: Bandarharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 05:00 - 22:00

10. Danau Rawa Pening

Wisata kota Semarang menawarkan daya tarik wisata alam, yaitu Danau Rawa Pening. Kamu bisa sewa perahu untuk berkeliling sekaligus mencari spot foto terbaik. Ada juga wahana-wahana lain yang tak kalah menyenangkan, seperti perahu bebek, becak mini, ATV, dan lain-lain. Harga tiket masuk Danau Rawa Pening mulai dari Rp10.000 per orang

  • Lokasi: Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 08:00 - 21:00

11. Hutan Pinus

Tidak seperti hutan pinus biasa, yang terletak di Semarang ini sudah dihiasi dengan berbagai macam dekorasi yang lucu dan warna-warni sehingga semakin instagramable. Selain itu, salah satu spot unik di sini adalah pohon pinus dengan batang yang memang bengkok sehingga bisa diduduki untuk berpose dan berfoto dengan latar belakang deretan pohon yang indah.

  • Lokasi: Krangkeng, Batur, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: 24 jam

12. Air Terjun Semirang

Selain hutan Pinus, wisata alam Semarang ada Air Terjun Semirang. Lokasinya dekat Kota Semarang. Tentunya perjalananmu akan sangat sepadan dengan pemandangannya. Air Terjun Semirang menawarkan air terjun yang menakjubkan dan menyegarkan. Airnya masih sangat jernih dengan pepohonan di sekitarnya. Harga tiket masuk Air Terjun Semirang mulai dari Rp10.000 per orang.

  • Lokasi: Loket wisata, Gogik, Kec. Ungaran Bar., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 08:00 - 16:00

13. Pantai Marina

Wisata pantai terdekat bisa kunjungi Pantai Marina. Merupakan salah satu pantai favorit warga lokal dan wisatawan. Tempat wisata di Semarang ini cocok untuk jalan-jalan atau lari santai, tentunya cocok juga untuk kegiatan memancing. Pemandangan lautnya menjelang matahari terbenam juga tak boleh kamu lewatkan!. Harga tiket masuk Pantai Marina mulai dari Rp5.000 per orang.

  • Lokasi: Tawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144
  • Hari & jam buka: Setiap hari (Senin tutup), pukul 06:00 - 18:00

14. Wisata Alam Penggaron

Mencari wisata alam terdekat terdekat dari Semarang Gallery? Kamu bisa kunjungi Wisata Alam Penggaron. Area ini lebih banyak dipenuhi deretan pohon pinus dan sejumlah area yang lebih terbuka. Selain sebuah tempat jalan-jalan dan foto-foto, area ini juga sering dimanfaatkan untuk latihan pramuka, komunitas pecinta alam, dan lain-lain. Harga tiket masuk area Hutan Penggaron mulai dari Rp6.000 per orang.

  • Lokasi: Siroto, Susukan, Kec. Ungaran Tim., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 08:00 - 18:00

15. Grand Maerokoco Mangrove

Tempat wisata di Semarang ini adalah destinasi wisata yang sempurna untuk kamu yang ingin jalan-jalan di area yang menyegarkan dengan pemandangan indah. Ada jembatan bambu yang bisa kamu gunakan untuk mengeksplorasi area ini sekaligus berfoto-foto. Hutan ini sebaiknya dikunjungi di musim panas, ya! Di musim hujan, area ini biasanya lebih berlumpur dan sulit dikunjungi. Harga tiket masuk Grand Maerokoco Mangrove mulai dari Rp20.000 per orang.

  • Lokasi: Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 07:00 - 18:00

16. Lembah Kalipancur

Ingin mencoba aktivitas wisata alam Semarang yang menyenangkan dan modern tapi dengan suasana pedesaan? Langsung saja ke Lembah Kalipancur! Ada berbagai fasilitas aktivitas outdoor yang lengkap, seperti kandang rusa, kolam renang, sepeda air, dan banyak lagi. Ada juga tempat makan untuk mencicipi kuliner lokal sambil ditemani pemandangan yang indah. Untuk menikmati wisata Semarang ini tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

  • Lokasi: Jl. Raya Kalipancur Manyaran, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 09:00 - 18:00

17. Pantai Maron

Wisata pantai Semarang selain Pantai Marina ada Pantai Maron. Dipenuhi dengan tumbuhan bakau untuk mencegah abrasi laut. Meski begitu, pantai ini kini sudah dilengkapi dengan jembatan bambu yang cantik dan juga gazebo untuk jalan atau duduk-duduk santai dan menikmati pemandangan. Tidak heran jika pantai ini termasuk salah satu tempat wisata yang instagramable. Wisata terdekat dari Pantai Maron ada Pantai Tirang, letaknya persis seberang Pantai Maron. Harga tiket masuk Pantai Maron mulai dari Rp5.000 per orang.

  • Lokasi: Tugurejo, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: 24 jam

18. Brown Canyon

Kamu mungkin sudah familiar dengan Grand Canyon di AS. Nah di Semarang, Jawa Tengah, ada yang namanya Brown Canyon. Area ini terdiri dari deretan batuan cadas berwarna kecoklatan, memberikan pesona yang unik dan indah. Kamu tentu bisa berfoto-foto dengan pose terbaikmu di sini!. Memasuki area wisata Brown Canyon tidak perlu membayar tiket masuk.

  • Lokasi: Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: 24 jam

19. Goa Kreo

Objek wisata Semarang ini terbentuk karena fenomena alam yang membendung Sungai Kreo, sehingga terbentuk Goa Kreo. Di tempat ini, kamu juga akan menemukan banyak kera. Namun, tidak hanya itu, ada juga banyak spot foto menarik (bukan alami, ya, tapi buatan manusia) di lokasi ini. Jadi, kamu bukan hanya berkunjung ke tempat wisata alam terbuka, tapi juga spot foto di Semarang. Harga tiket masuk Goa Kreo mulai dari Rp5.000 per orang.

  • Lokasi: Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 08:00 - 17:00

Tempat Wisata Semarang Romantis

20. Bukit Gombel

Di puncak bukit ini, kamu bisa menikmati pemandangan Kota Semarang dari spot terbaik. Karena terletak lebih tinggi, kamu bisa melihat kota dengan leluasa tanpa halangan. Tempat wisata di Semarang ini juga memberikan suasana yang romantis sehingga cocok untuk dikunjungi bersama pasangan. Menikmati Bukit Gombel tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

  • Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No.5A, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & Jam buka: 24 jam

21. Kafe Jembatan Harapan Maerakaca

Jembatan Harapan adalah sebuah jembatan yang menghubungkan dua gazebo dengan latar belakang serta lokasi yang indah. Di jembatan ini juga ada kafe di mana kamu bisa mencoba wisata kuliner di Semarang dengan menyantap kuliner lokal yang lezat sambil menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang cantik. Tidak heran tempat ini jadi salah satu tempat wisata Semarang romantis yang wajib kamu kunjungi dengan pasangan. Memasuki area Kafe Jembatan Harapan Maerakaca dikenakan biaya tiket masuk mulai dari Rp7.000 per orang.

  • Lokasi: Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 07:00 - 19:30

22. Eling Bening

Eling Bening, destinasi wajib di Semarang. Panorama sawah, kebun kopi, dan pegunungan memukau. Fasilitas termasuk kolam renang, flying fox, playground, restoran seafood, cocok untuk suasana romantis dengan berbagai hidangan lezat. Pas banget untuk kamu yang mencari tempat wisata Semarang romantis. Tempat ideal untuk melarikan diri dari keramaian kota.

  • Lokasi: Jln. Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Semarang.
  • Hari & jam buka: 09.00-22.00.

Wisata Semarang untuk Keluarga

23. Setiya Aji Flower Farm

Tempat wisata yang paling bagus bisa kunjungi Setiya Aji Flow Farm. Sesuai namanya, tempat ini adalah sebuah kebun bunga yang berisi berbagai macam jenis tanaman yang warna-warni dan cantik. Karena letaknya di dataran yang agak tinggi, udara di sini pun lebih sejuk sehingga wisatamu di sini tentu akan lebih nyaman. Hari tiket masuk Setiya Aji Flower Farm mulai dari Rp7.000 per orang.

  • Lokasi: Jl. Kendalisodo, Piyato, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 07:00 - 18:00

24. Museum Kereta Ambarawa

Sesuai namanya, objek wisata di Semarang yang satu ini memamerkan berbagai macam lokomotif yang pernah beroperasi di Indonesia, termasuk yang dari era kolonial. Cocok banget jadi tujuan wisata Semarang untuk keluarga. Selain melihat-lihat dan berfoto-foto dengan koleksi kereta di sini, kamu juga bisa naik kereta untuk berkeliling, loh! Namun, cek dulu jadwal keberangkatannya, ya!

  • Lokasi: Jl. Stasiun No.1, Panjang Kidul, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 08:00 - 16:00

25. Kebun Durian Semarang

Tempat makan durian terdekat ada di area Kota Semarang. Pastinya bila durian adalah makanan favoritmu, maka kamu tidak boleh melewatkan tempat wisata yang satu ini. Di kebun ini, kamu tidak hanya bisa menikmati buah lezat tersebut, tapi juga memetik serta diajarkan bagaimana cara menanam dan merawat pohonnya.

  • Lokasi: Jl. Mr. Koesbiono Tjondro Wibowo, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 09:00 - 16:00

26. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park adalah taman hiburan di Semarang yang cocok bagi orang dewasa, remaja, maupun anak-anak. Ada beragam wahana menarik dan juga menantang yang bisa kamu temukan di wisata Semarang untuk keluarga satu ini, lho! Beberapa di antaranya adalah roller coaster, mega drop, swinger, dan masih banyak lagi! Tiket masuk Saloka Theme Park bisa kamu dapatkan di tiket.com. Harga tiket masuk Saloka Theme Park dibanderol mulai Rp120.000.

  • Alamat: Saloka Theme Park, Jalan Fatmawati Nomor 154, Gumuksari, Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50773
  • Hari & jam buka: 10.00-19.00

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek katalog paket halaman ini untuk harga lebih update di tiket.com

27. The Wujil Aquapark

The Wujil Aquapark adalah taman bermain air yang berada di kompleks The Wujil Resort & Conventions. Wahana air yang menawarkan pengalaman seru menjadi daya tarik utama The Wujil Aquapark, terutama bagi anak-anak. Meskipun merupakan bagian dari resor, taman air ini terbuka untuk umum, sehingga kamu tidak perlu menginap di resor untuk menikmati fasilitasnya. Kamu bisa beli tiket masuk The Wujil Aquapark di tiket.com mulai dari Rp65.000.

  • Alamat: Jalan Soekarno Hatta, Setiggen, Wujil, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Hari & jam buka: 07.00-17.00

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek katalog paket halaman ini untuk harga lebih update di tiket.com

28. Taman Djamoe Indonesia

Berkunjung ke taman wisata Semarang yang ikonik, yaitu Taman Djamoe Indonesia. Seperti namanya, taman ini berisi berbagai macam tanaman jamu yang bisa pengunjung eksplorasi di dalam sebuah rumah kaca. Namun, tidak hanya tanaman jamu, ada juga taman terbuka yang bisa dieksplorasi dengan lebih leluasa. Selain itu, ada juga restoran di sini. Jadi kamu bisa sekaligus makan siang setelah menjelajahi tempat ini. Harga tiket masuk Taman Djamoe Indonesia mulai dari Rp15.000 per orang.

  • Lokasi: Bergas Kidul, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 09:00 - 16:00

29. Wisata Taman Bunga Celosia

Ingin mencuci mata dengan pemandangan yang segar-segar? Langsung saja ke Wisata Taman Bunga Celosia! Sesuai namanya, wisata Semarang ini memamerkan koleksi berbagai macam bunga-bunga cantik yang warna-warni, seperti melati, anggrek, dan bahkan Rafflesia arnoldi. Selain itu, taman ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas memadai, seperti toilet, mushola, dan restoran. Harga tiket masuk Taman Bunga Celosia mulai dari Rp20.000 per orang. Taman Bunga Celosia bisa menjadi alternatif wisata terdekat dari Setiya Aji Flower Farm, hanya berjarak 5 km atau 13 menit perjalanan menggunakan mobil.

  • Lokasi: Jl. Ke Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Kab. Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 08:00 - 17:00

30. Waduk Jatibarang

Tempat wisata terdekat dari Masjid Kapal Semarang, yaitu Waduk Jatibarang. Waduk ini adalah destinasi yang tepat untuk kamu yang ingin bersantai bersama keluarga di akhir pekan sambil menikmati pemandangan. Kamu bisa menyewa speedboat untuk mengeksplorasi, mencoba kegiatan memancing, atau sekedar jalan-jalan santai di sekitar danau. Waduk Jatibarang tempat wisata yang cocok kalau kamu ingin cari spot fotografi di Semarang.

  • Lokasi: Jl. Jamalsari Tim. 1, Kedungpane, Kec. Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: 24 jam

31. Kampoeng Rawa

Wisata terdekat dari Danau Rawa Pening adalah Kampoeng Rawa. Tempat wisata di Semarang ini merupakan bangunan yang mengapung di Danau Rawa Pening, Ambarawa. Selain merupakan bangunan yang unik dan cantik, di sini juga ada rumah makan. Jadi, kamu bisa menyantap kuliner lokal dengan suasana dan pemandangan yang berbeda. Yuk kunjungi kampoeng Semarang ini!

  • Lokasi: Jl. Khan Abdul Halim, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 08:00 - 20:00

Wisata Semarang Viral Tiktok

32. Dusun Semilir

Dusun Semilir adalah sebuah tempat wisata yang terletak di desa Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Ini merupakan salah satu wisata Semarang terbaru yang terkenal dengan konsep agrowisata dan ekowisata yang menawarkan pengalaman yang unik bagi pengunjung. Kamu bisa membeli paket tour Dusun Semilir di tiket.com yang dibanderol mulai Rp685.000.

  • Lokasi: Jl. Soekarno - Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661
  • Hari & jam buka: 09:00 - 18:00 (weekday), 08:00 - 19:00 (weekend)

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu, cek katalog paket halaman ini untuk harga lebih update di tiket.com

33. Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo menawarkan beragam spot cantik untuk foto Instagramable, seperti balon udara, tenda gelembung, hammock, kursi ayunan, dan lainnya. Tempat wisata Semarang viral Tiktok ini cocok untuk kamu yang hobi berfoto. Tetapi perlu dicatat, ada biaya tambahan untuk berfoto di beberapa lokasi ini, selain tiket masuk. Misalnya, berfoto di tenda gelembung dikenakan biaya tambahan mulai dari Rp5.000 hingga Rp40.000, tergantung ukuran tenda.

  • Alamat: Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614
  • Hari & jam buka: Setiap hari pukul 08.00-17.00

34. Umbul Sidomukti

Tempat wisata di Semarang ini berlokasi di lereng Gunung Ungaran. Tempat ini menawarkan udara segar, pemandangan indah, aktivitas outbound, kolam renang dengan air yang sejuk dari pegunungan, serta kafe yang menawan. Umbul Sidomukti adalah destinasi liburan ideal di Semarang. Kamu juga dapat menginap di villa atau resort, dan untuk makan, ada Pondok Lesehan dengan pemandangan menarik.

  • Alamat: Umbul Sidomukti, Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661
  • Hari & jam buka: 09.00-18.00 (weekdays) dan 08.00-18.00 (weekend)

35. Koeta Toea

Koeta Toea Semarang adalah pusat oleh-oleh terbesar dengan berbagai brand F&B kota ini. Selain menikmati kuliner lezat, kamu akan terpesona oleh desain bangunannya yang unik. Saat masuk ke salah satu tempat wisata di Semarang terbaru ini, rasanya seperti berjalan-jalan di desa kecil di Eropa. Setiap sudutnya sangat instagramable, sempurna untuk para pecinta fotografi! Tidak heran Koeta Toea masuk dalam jajaran wisata Semarang viral Tiktok yang wajib kamu kunjungi.

  • Alamat: Jl. Brigjen Sudiarto No.448b, Pedurungan Tengah, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50192
  • Hari & jam buka: 10.00-21.00 (weekdays) dan 09.00-22.00 (weekend)

36. Kampung Pelangi

Objek wisata Semarang selanjutnya sama seperti Kampung Warna-Warni Jodipan di Malang yang terkenal,yaitu Kampung Pelangi. Merupakan pemukiman warga yang tembok serta atapnya telah dicat warna-warni. Dari kejauhan, kamu sudah bisa melihat kecantikan warnanya yang meriah. Lalu, kamu bisa juga masuk ke dalam untuk berfoto-foto sekaligus berinteraksi dengan warga di sana. Harga tiket masuk Kampung Pelangi Semarang mulai dari Rp3.000 per orang.

  • Lokasi: Jl. DR. Sutomo No.89, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: 24 jam

37. Wisata Kampung Krisan Clapar

Wisata Semarang selanjutnya terletak di area Bandungan, tempat ini sebenarnya adalah lahan perkebunan bunga krisan yang juga dibuka untuk umum. Di dalamnya, kamu bisa melihat langsung bunga-bunga krisan cantik yang sudah mekar. Selain itu, ada juga jasa pemandu yang akan membawamu berkeliling dan menjelaskan tentang proses penanaman bunga ini. Harga tiket masuk Kampung Krisan Clapar mulai dari Rp10.000 per orang.

  • Lokasi: Jl. Kendalisodo, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 08:00 - 17:00

Wisata Semarang Terbaru 2024

38. Lumina Grand Maerakaca

Lumina Grand Maerakaca adalah kompleks wisata yang menawarkan berbagai bangunan unik dari berbagai negara seperti Santorini, Meksiko, Turki, Arab, dan Jepang. Meskipun kamu tidak dapat memasuki setiap bangunan tersebut, tapi penampilannya yang indah tetap dapat dinikmati. Di sini juga tersedia penyewaan baju khas dari negara-negara tersebut. Jadi, kamu bisa berfoto dengan kostum yang sesuai dengan tema bangunan tersebut. Cocok banget jadi pilihan tempat wisata Semarang untuk anak muda.

  • Lokasi: Jl. Puri Maerokoco, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Semarang
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 07:00 - 18:00

39. Gubug Serut

Gubug Serut awalnya hanya merupakan tempat istirahat bagi warga setempat, namun kini telah menjadi tempat wisata yang menarik. Di sini, kamu dapat menikmati sensasi duduk di tepi sungai sambil menikmati keindahan alam di sekitarmu. Kamu bisa duduk di dalam gubuk yang didirikan di tepian sungai sambil menikmati jajanan lokal. Tidak ada biaya tiket yang harus kamu bayar, hanya perlu membayar ongkos parkir. Jika kamu ingin bermain air, kamu juga dapat menyewa ban di sini.

  • Lokasi: Jl. Persen Raya, Sekaran, Kec. Gn. Pati, Semarang
  • Hari & jam buka: Setiap hari, pukul 06:00 - 18:00

40. Kampung Tematik Dung Tungkul

Jika kamu ingin merasakan wisata alam yang berbeda, kunjungi Kampung Tematik Dung Tungkul. Di sini, kamu dapat bermain air dan menikmati hidangan khas seperti tiwul, getuk, pecel gendar, dan wedang uwuh. Kamu akan merasakan sensasi pulang kampung dan bernostalgia di sini. Dari kejauhan, kamu juga bisa melihat Gunung Ungaran yang indah.

  • Lokasi: Meteseh, Tembalang, Semarang
  • Hari & jam buka: 16.00-21.00 (Sabtu, Senin, Selasa, Rabu), 16.30-21.00 (Jumat), 06.00-17.00 (Minggu)

41. Desa Wisata Branjang

Desa Wisata Branjang merupakan salah satu desa wisata yang terkenal karena dikelola dengan baik dan menawarkan berbagai aktivitas menarik. Di sini, kamu dapat mencicipi berbagai hasil bumi khas seperti durian, alpukat, dan gula aren. Juga terdapat kelas belajar membuat perhiasan dari resin dan hiasan akuarium yang bisa kamu ikuti. Selain itu, wisata jelajah sawah juga tersedia di sini. Jika kamu berkunjung antara bulan November hingga Desember, kamu dapat menikmati Festival Branjangan yang menampilkan pertunjukan budaya dan kuliner.

  • Lokasi: Truko, Branjang, Ungaran Barat, Semarang.
  • Hari & jam buka: Senin-Jumat, pukul 08:00 - 17:00

42. Desa Wisata Kalongan

Desa Wisata Kalongan adalah tempat yang nyaman untuk dikunjungi karena fasilitasnya yang lengkap. Kamu bisa mengunjungi toko oleh-oleh kerajinan bambu dari Jazuli Bambu Art dan melihat usaha kulit lumpia. Di sini juga terdapat Curug Gending Asmoro yang menawarkan keindahan alam yang tak kalah menarik. Jangan lupa juga untuk mampir ke Pasar Sawahan yang hanya buka pada saat Minggu Legi dan Minggu Pahing. Kamu bisa mencicipi berbagai penganan lokal yang lezat di sini.

  • Lokasi: Rejowinangun, Kalongan, Kec. Ungaran Tim., Kabupaten Semarang
  • Hari & jam buka: 24 jam

43. Pantai Tirang

Pantai Tirang adalah tempat yang sempurna untuk menunggu matahari terbenam. Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Jika kamu suka memancing, pantai ini juga merupakan tempat yang tepat untuk melemparkan umpanmu. Di sini, kamu dapat menemukan berbagai jenis ikan seperti ikan kakap putih, dokan, mujair, dan ikan sembilan. Terdapat juga gazebo yang nyaman untuk bersantai dan mengisi perut.

  • Lokasi: Tugurejo, Tugu, Semarang
  • Hari & jam buka: 24 jam

Cara Menuju Tempat Wisata di Semarang

Banyaknya tempat wisata di Semarang yang lagi hits dengan keunikannya masing-masing, tentu membuat kamu semakin yakin untuk menghabiskan waktu liburanmu yang berharga di kota ini. Sekarang tempat wisata di Semarang bisa kamu jangkau dengan mudah melalui transportasi udara dan darat, berikut beberapa opsi pilihannya:

  • Pesawat

Destinasi wisata Semarang bisa kamu tuju melalui transportasi pesawat. Perjalanan waktu Jakarta - Semarang via pesawat ditempuh waktu penerbangan 1 jam 10 menit dengan keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta dan mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani. Pesan tiket pesawat rute Jakarta - Semarang melalui tiket.com, berbagai pilihan maskapai dan nikmati promo tiket pesawat dari tiket.com

  • Mobil

Jelajahi pulau jawa dengan menggunakan mobil sebagai transportasi menuju wisata Semarang. Kalau kamu berangkat dari Jakarta, total perjalanan Jakarta - Semarang ditempuh 6 jam 37 menit. Pastikan kendaraan kamu dalam kondisi prima sobat tiket!. Tersedia dua opsi rute yaitu:

  • Via Tol Cikopo - Palimanan
  • Via Tol Cikopo - Palimanan - Tol Semarang - Batang
  • Bus

Di Semarang tersedia 5 terminal utama sebagai destinasi akhir kalau kamu berangkat dari Jakarta, Bandung, Tangerang, dan kota lainnya. Yaitu Terminal Sisemut Ungaran, Terminal Banyumanik, Terminal Penggaron, Terminal Bawen Semarang, dan Terminal Mangkang. Dibutuhkan waktu 8 jam waktu perjalanan Jakarta - Semarang menggunakan bus.

  • Kereta Api

Selain pesawat, mobil, dan bus, menggunakan kereta api salah satu moda transportasi yang praktis dan anti macet. tiket.com menyediakan tiket kereta api rute Jakarta - Semarang dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan akan turun di Stasiun Semarang Poncol atau Stasiun Stasiun Semarang Tawang. Lama waktu perjalanan kereta api Jakarta - Semarang, 7 jam 2 menit.

Sudah pilih transportasi yang akan kamu gunakan untuk berkunjung ke destinasi wisata Semarang? Kalau sudah, tiket.com akan berikan 30 rekomendasi tempat wisata yang hits dan populer, pastinya banyak wisata alam Semarang, wisata kuliner Semarang, hingga wisata kota Semarang yang wajib kamu coba dan datangi. Simak artikel berikut ini yuk!

Nikmati Tempat Wisata di Semarang Bersama tiket.com

Itulah wisata Semarang yang hits dan wajib kamu kunjungi bila sedang liburan ke Semarang, Jawa Tengah. Liburan di Semarang akan lebih enjoy dan santai kalau kamu memesan tempat spa di Semarang melalui tiket.com, cocok untuk rehat sejenak setelah mengunjungi berbagai tempat wisata di Semarang. Sudah tentukan dari 30 tempat wisata Semarang di atas, mana yang akan kamu datangi sebagai tempat liburan?. Yuk pesan Tiket to Do dari tiket.com, dapatkan keceriaan wisata Semarang yang bisa kamu eksplor. Pesan tiket atraksi, event, atau tempat wisata di Semarang yang lagi hits hanya di tiket.com!

Selain berkunjung ke Semarang, jangan lupa nikmati wisata Jawa Tengah dengan bertandang ke tempat wisata di Magelang. Wisata Semarang akan lebih praktis dan mudah dijangkau kalau sobat tiket sewa mobil di Semarang melalui tiket.com, beragam pilihan jenis mobil dan vendor terpercaya.

Kumpulan Review Wisata Semarang oleh Pengunjung

Tempat wisata di Semarang cocok untuk liburan bersama keluarga, pasangan, ataupun trip bersama teman. Ada banyak pilihan wisata Semarang yang tersebar di berbagai kota Semarang. Masih ragu bepergian ke Semarang? Yuk cek review destinasi wisata Semarang terbaru dari ribuan pengunjung yang membeli tiket masuk wisata Semarang melalui tiket.com!

Trans Studio Mini Semarang Pilihan Pas Wisata Ramah Anak

Direview oleh RR (5 Sep)

Anak-anak senang ke sini. Beli e-tiket di tiket.com dan ditukarkan dulu oleh petugas counter.

Saloka Theme Park Tempat yang Menarik untuk Semua Umur

Direview oleh SA (8 Nov)

Spot wisata yang asri dengan lebih dari 20 wahana permainan anak-anak dan segala usia. Mantap sekali.

Wisata Budaya di The Great Temple of Sam Poo Kong

Direview oleh HN (3 Agt)

Tempat wisata religi yang patut dikunjungi kalau ke Semarang. Kebetulan ada atraksi barongsai karena ada acara.

JJ PARK AND PLAY Taman Hiburan Ramah Anak

Direview oleh Supriadi (6 Jan)

Bagus tempatnya cocok buat tempat bermain anak

Terapis Profesional dan Berpengalaman di Pijatku Homespa Semarang

Direview oleh Thika Destiani (3 Mei)

Mantap, langsung rileks dan semangat aktifitas kembali. Terapis ramah dan profesional.