Baca info penting tentang penerbangan & hotel selama pandemi Virus Corona (COVID-19).

Jakarta

Tentang Jakarta

Siapa bilang Jakarta tak bisa menjadi destinasi seru buat liburan? Buktinya, banyak tempat wisata di Jakarta yang bisa bikin liburanmu lebih menyenangkan dan penuh warna. Sebagai ibukota dari Republik Indonesia, Jakarta menawarkan banyak hal baru yang mungkin tidak bisa didapatkan di kota lainnya. Segala hal yang menarik bisa kamu temukan di Jakarta! Salah satunya adalah menemukan tempat wisata di Jakarta yang bikin liburanmu makin istimewa. Jakarta atau Daerah Khusus Ibukota Jakarta terdiri dari 5 (lima) kota administrasi yaitu Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kota Administrasi Jakarta Utara, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Selatan, dan Kota Administrasi Jakarta Timur. Selain itu, ada juga 1 (satu) kabupaten administrasi yaitu Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang terkenal dengan pemandangan alam dan lautnya yang sangat indah.  Jakarta adalah kota terbesar nomor 6 di dunia. Kamu bisa menemukan apapun yang kamu inginkan di Jakarta. Dari wisata belanja dengan mall atau pusat perbelanjaan yang megah, sampai wisata keluarga yang ramah anak, semua ada di Jakarta. Bukan cuma itu, beragam event kelas nasional maupun internasional juga sering digelar di Jakarta. Kota ini juga memiliki fasilitas lengkap dengan transportasi publik yang terintegrasi. Tidak heran, Jakarta selalu memiliki tempat tersendiri di hati para turis atau pecinta wisata seperti kamu, sobat tiket. Selain itu, daya tarik Jakarta juga tidak lepas dari keberagaman kuliner khas ibukota yang mengundang selera. Kamu bisa jalan-jalan sambil kulineran untuk menikmati pengalaman liburan di kota metropolitan terbesar di Indonesia ini.  Jangan ragu lagi untuk segera berangkat ke Jakarta dan menikmati beragam event, atraksi, maupun tempat wisata di Jakarta pilihan dengan memesan tiket to do di tiket.com. Pesan tiket to do untuk menemukan aktivitas seru di Jakarta hanya dengan sekali klik. Kemudahan pemesanan tiket ini bisa kamu dapatkan jika kamu memilih tiket.com untuk mendapatkan tiket tempat wisata di Jakarta. Ayo seru-seruan ke Jakarta bareng tiket.com, sobat tiket!
Menampilkan 614 Produk

30 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta

Sebagai ibukota, Jakarta adalah kota modern dan metropolitan yang menjadi pusat bisnis dan edukasi. Kamu akan menemukan banyak bangunan-bangunan tinggi dengan arsitektur modern di sini. Namun, Jakarta juga menyimpan banyak barang-barang bersejarah dan karya seni di dalam museum-museumnya yang tersebar di mana-mana. Ada juga banyak wisata keluarga dan wisata anak, seperti taman bermain air dan theme park di sini.

1. Monumen Nasional (Monas)

Ikon Kota Jakarta ini dibangun untuk memperingati semangat juang rakyat Indonesia dan juga para pahlawan kemerdekaan. Salah satu fakta tentang monumen ini yang paling unik adalah bagian api di puncak monumen ini terbuat dari emas. Kompleks monumen ini juga luas dan telah dijadikan ruang publik. Pengunjung bisa jalan-jalan santai, berolahraga, dan bersepeda di sini.

2. Istana Merdeka

Istana Merdeka adalah istana presiden yang berlokasi tepat di jantung kota Jakarta. Meski tidak terbuka untuk umum, kamu bisa melihat langsung arsitekturnya yang megah dari luar. Dari Monas, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 2 menit untuk mencapai tempat ini dan melihat-lihat sebelum kembali jalan-jalan santai di tengah kota.

3. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium yang terletak di dalam mal Central Park adalah akuarium indoor terbesar yang ada di Indonesia. Ada lebih dari 3500 spesies binatang akuatik dan non-akuatik di sini. Interiornya juga didesain dengan cantik dan modern sehingga bisa menjadi spot instagramable. Ada juga pertunjukan terjadwal untuk beberapa area.

4. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah bisa dibilang sebagai miniaturnya Indonesia. Kamu akan menemukan replika rumah-rumah adat, danau dengan pulau buatan (mewakili pulau-pulau di Indonesia), berbagai museum, gedung teater, dan banyak taman dengan tema unik.

5. Dunia Fantasi

Jika kamu mencari theme park, Dunia Fantasi (Dufan) bisa menjadi destinasi utamamu! Ada banyak wahana yang menyenangkan di Dufan Ancol. Mulai dari yang menantang seperti Tornado, Histeria, dan Halilintar, hingga yang cocok untuk semua usia dan ramah anak, seperti Bianglala, Alap-Alap, dan Turangga Rangga.

6. Sea World

Jika kamu ingin menjelajahi dunia laut, kamu bisa ke Sea World Ancol yang juga ada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol! Di sini, ada berbagai akurium yang menampung ribuan spesies hewan laut. Dengan misi pendidikan, konservasi, dan hiburan, kamu dan si kecil juga bisa belajar lebih banyak tentang hewan-hewan ini.

7. Ocean Dream Samudra

Ocean Dream Samudra juga mengangkat tema hewan laut. Namun, di sini, kamu bisa melihat langsung pertunjukan hewan-hewan yang lucu, seperti lumba-lumba, singa laut, dan lain-lain. Selain itu, tempat ini juga merupakan pusat studi konservasi ex-situ lumba-lumba karena memiliki fasilitas dan manajemen lumba-lumba yang lengkap dan memadai.

8. Atlantis Water Adventure

Seperti namanya, Atlantis Water Adventure adalah taman bermain air dengan tema peradaban dan kota kuno di area Mediterania yang telah lenyap. Selain arsitektur dan desainnya yang keren, ada banyak wahana menyenangkan di sini untuk kamu dan keluarga, terutama si kecil.

9. Ereveld Ancol dan Ereveld Menteng Pulo

Jakarta juga merupakan salah satu kota yang diserbu pada masa Perang Dunia II. Banyak prajurit dan juga warga sipil Indonesia dan Belanda yang kehilangan nyawanya karena ini. Ereveld Ancol (kebanyakan makam warga sipil) dan Menteng Pulo (kebanyakan makam prajurit) dibangun untuk para korban perang tersebut. Dulu, area ini hanya terbuka untuk keluarga dan kerabat saja, namun sekarang sudah dijadikan tempat wisata publik. Para pengunjung bisa sekaligus belajar sejarah Perang Dunia II di sini.

10. Kepulauan Seribu

Meski letaknya sudah diluar Pulau Jawa, daerah ini masih termasuk dalam provinsi DKI Jakarta. Banyak warga lokal yang menghabiskan akhir pekan di pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Masing-masing pulau menawarkan keindahannya sendiri. Biasanya kegiatan yang utama adalah snorkeling, BBQ di pantai, melihat matahari terbit, dan bersepeda di pantai. Ada juga banyak penginapan yang tersedia di sini untuk kamu yang ingin bermalam.

11. Pantai Ancol

Pantai Ancol telah menjadi salah satu objek wisata di Jakarta yang terkenal sejak dulu. Ada berbagai area yang bisa kamu kunjungi, seperti Pantai Lagoon, Beach Pool and Carnaval, dan banyak lagi. Masing-masing dengan keindahan pantai yang memukau. Selain itu, kamu juga bisa berwisata kuliner di sini karena ada banyak restoran dan kafe yang tersebar di semua area pantai.

12. Taman Margasatwa Ragunan

Kebun binatang ini adalah salah satu yang cukup terkenal. Taman sebesar 147 hektar ini adalah rumah bagi lebih dari 2000 spesies binatang. Kamu dan si kecil bisa melihat langsung berbagai satwa liar yang menakjubkan.

13. Grand Indonesia

Untuk urusan belanja, kamu tidak akan kehabisan destinasi pusat perbelanjaan di Kota Jakarta. Mulai dari mal modern hingga pasar tradisional. Untuk belanja barang-barang bermerk di mal besar, kamu bisa ke Grand Indonesia Mall. Mal ini merupakan salah satu mal terbesar di seluruh Indonesia. Selain berbelanja, kamu juga bisa bersantap di sini dan berfoto-foto karena desain interiornya yang cantik.

14. Galeri Indonesia Kaya

Di dalam mal Grand Indonesia, ada Galeri Indonesia Kaya yang juga patut kamu kunjungi. Dengan basis teknologi modern, galeri ini bertujuan menyajikan informasi kekayaan budaya Indonesia. Kamu akan menemukan informasi tentang alat musik tradisional, kuliner lokal, tradisi, baju adat, hingga mainan tradisional Indonesia di sini.

15. Museum Nasional

Museum yang telah berdiri sejak 1868 ini menyimpan berbagai koleksi sejarah, seni, dan budaya Indonesia, mulai dari zaman kerajaan. Areanya dibagi-bagi sesuai dengan tema sejarahnya.

16. Masjid Istiqlal

Masjid ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dan mampu menampung hingga 120.000 umat. Bangunannya memiliki desain yang megah dan mengagumkan. Bagi para Non-Muslim, kamu bisa mengunjungi tempat ini di luar jam ibadah dengan mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup.

17. Kota Tua

Sama seperti namanya, area ini masih berisi berbagai gedung, termasuk museum, dengan arsitektur gaya kolonial Belanda. Kamu akan merasa seperti kembali ke masa lalu. Selain berkunjung ke berbagai museum yang ada di area ini, kamu juga bisa bersantai di area tengahnya yang terbuka. Banyak warga lokal yang berkumpul di sini bersama orang-orang tersayang sambil menikmati camilan lokal.

18. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa telah beroperasi sejak dulu dan merupakan salah satu lokasi penting dalam perdagangan ke dan dari Jakarta. Kini, pelabuhan tersebut masih beroperasi dengan baik dan bisa dikunjungi wisatawan. Kamu bisa juga mengunjungi tempat ini di hari yang sama saat kamu ke Kota Tua. Cukup sewa sepeda dan pemandu, dan kamu bisa bersepeda langsung ke pelabuhan ini sebelum kembali lagi ke Kota Tua.

19. Museum Bank Indonesia

Seperti namanya, museum ini menyimpang berbagai koleksi sejarah keuangan Indonesia. Kamu bisa melihat berbagai uang koin dan kertas yang dulu pernah digunakan di Indonesia namun sudah tidak berlaku lagi sekarang.

20. Taman Wisata Alam Mangrove

Berada di Jakarta Utara, tempat ini cocok untuk kamu yang ingin beristirahat sejenak dari keramaian kota. Ada jembatan gantung di tengah hutan bakau, jembatan pantau untuk melihat keindahan sekelilingnya, hingga burung-burung cantik di sini.

21. Glodok

Glodok dikenal sebagai chinatown-nya Jakarta. Telah ada sejak zaman kolonial Belanda, area ini kini penuh dengan toko-toko dan klenteng. Biasanya jika bukan untuk beribadah di klenteng, para pengunjung pergi ke Glodok untuk berbelanja sampai puas. Mulai dari belanja baju dan barang-barang fesyen lainnya hingga obat.

22. Museum Tekstil

Seperti namanya, museum ini memiliki koleksi tekstil Indonesia. Ini adalah tempat yang bisa kamu tuju jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang teknik tenun kain-kain Indonesia dan juga batik Indonesia. Kamu juga bisa memesan sesi kelas batik di sini, loh!

23. Museum Bahari

Karena memang merupakan museum yang menyimpan koleksi hal-hal yang berhubungan dengan kemaritiman di Indonesia, kamu akan menemukan berbagai koleksi kapal dan perahu yang pernah digunakan. Sebelum dijadikan museum, pada zaman Kolonial Belanda, tempat ini merupakan gudang untuk menyimpan hasil bumi.

24. Museum Wayang

Seperti namanya, museum ini berisi koleksi Wayang Indonesia. Wayang sendiri adalah seni pertunjukan asli Indonesia yang termasuk dalam puppet show dan memiliki nilai budaya tinggi. Selain menampilkan koleksi boneka Wayang, kamu juga bisa mempelajari nilai dan pentingnya Wayang dalam sejarah dan budaya Indonesia.

25. Setu Babakan

Untuk kamu yang menyukai wisata budaya, kamu bisa ke Setu Babakan. Selain edukasi budaya, kamu juga akan terpukau dengan beberapa fasilitas di sini, seperti danau buatan dan juga rumah tradisional yang masih berdiri kokoh hingga hari ini.

26. Waterbom PIK

Waterbom PIK adalah tempat wisata di Jakarta yang cocok untukmu dan keluarga saat kamu ingin bermain bersama dan menikmati kesegaran! Ada berbagai wahana dan perosotan dengan ketinggian berbeda-beda. Mulai dari yang menegangkan hingga kolam untuk santai.

27. Gereja Katedral Jakarta

Gereja ini merupakan gereja Katolik terbesar yang ada di Jakarta. Dalam sejarahnya, gereja ini merupakan saksi kunci dalam penyebaran agama Katolik di Jakarta dan Indonesia. Masih berfungsi hingga sekarang sebagai tempat ibadah, gereja ini juga terbuka untuk umum sebagai salah satu cagar budaya yang patut dikunjungi. Kamu bisa melihat langsung kemegahan arsitekturnya dan uniknya desain interior gedung ini.

28. KidZania Jakarta

Merupakan tempat wisata yang terkenal di banyak negara, KidZania juga hadir di Jakarta! Di sini, si kecil bisa bermain peran berbagai jenis pekerjaan, mulai dari pemadam kebakaran, wartawan, pilot, polisi, perawat, dokter gigi, dan banyak lagi! Pesan tiket Kidzania Jakarta di halaman To Do sekarang!

29. Mall Taman Anggrek

Mal yang satu ini juga masuk ke daftar mal terbesar yang ada di Indonesia. Bahkan, saat dibuka pada tahun 1996, mal ini merupakan mal terbesar di Asia Tenggara. Selain hanya sekedar berbelanja atau mencari tempat makan di sini, daya tarik utamanya adalah ice skating rink yang ada di tengah mal.

30. Museum MACAN

Salah satu tempat wisata terbaru di Jakarta adalah Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara). Museum yang berisi berbagai karya seni klasik dan kontemporer ini dengan cepat menjadi salah satu tempat wisata hits karena ada berbagai spot di dalamnya yang tidak hanya cantik dilihat namun juga cocok untuk berfoto-foto. Beberapa karya seni yang paling populer di sini adalah milik Yayoi Kusama.

Pilihan penerbangan di tiket.com: