Baca info penting tentang penerbangan & hotel selama pandemi Virus Corona (COVID-19).

New South Wales

Tentang New South Wales

New South Wales merupakan salah satu negara bagian di Australia yang khas dengan perkotaan di pesisir pantai dan juga taman nasionalnya. Sydney sebagai ibukota dari negara bagian ini menjadi salah satu alasan kenapa banyak sekali orang datang liburan ke New South Wales. Tapi selain itu, semua yang ada di luar Sydney juga menawarkan hal baru yang bisa memberikan kesan mendalam ketika kamu mencobanya. Tempat wisata di New South Wales sangat dekat dengan yang namanya tantangan, sesuai dengan karakteristik tempat wisata yang ada di Australia secara umum. Di Sydney kamu bisa naik ke Sydney Harbor Bridge untuk bisa menikmati pemandangan kota yang mengesankan. Selanjutnya kamu bisa juga mencoba terjun payung ke Pantai Wollongong. Masih ada cara lain untuk menikmati pemandangan New South Wales yakni dengan naik balon udara yang tersedia di beberapa tempat. Bagi kamu pecinta satwa, kamu bisa bertemu dengan banyak satwa liar di New South Wales yang pastinya bisa menjadi pengalaman tak terlupakan. Kamu bisa mampir ke Pantai Pebbly untuk bertemu dengan kanguru atau ke Byron Bay untuk bertemu dengan paus bungkuk ketika mereka sedang bermigrasi. Meskipun banyak tempat wisata di New South Wales yang menantang, bukan berarti kamu tidak bisa bersantai di sini. Kamu bisa mencoba yoga di Byron Bay, spa di Sydney, atau bersantai sambil berjemur di pantai-pantai cantik seperti Pantai Hyams, Pantai Bondi, atau Pantai Palm. Wisata kuliner juga menjadi salah satu yang sayang banget untuk dilewatkan kalau kamu liburan ke New South Wales. Sebagai kawasan yang berada di tepi laut, pastinya kamu bisa mencicipi makanan laut yang sangat segar. Kamu tidak akan kesulitan menemukan restoran, kafe, atau bistro di sini yang menghidangkan makanan lezat.

Tempat Wisata di New South Wales

Menampilkan 3 Produk

30 Rekomendasi Tempat Wisata di New South Wales

Berbagai objek wisata di New South Wales dikenal dengan keindahan alamnya, terutama pulau dan pantai yang cantik. Namun, ada juga sejumlah lokasi bersejarah yang bisa kamu kunjungi di sini. Berikut ada 30 destinasi wisata terbaik di New South Wales yang kami rekomendasikan!

1. Sydney Opera House

Datang berlibur ke Sydney, maka Sydney Opera House menjadi tempat wisata di Sydney yang wajib dikunjungi. Bahkan, tempat wisata hits ini menjadi salah satu yang paling ikonik dan menggambarkan Sydney. Opera House memang memiliki arsitektur bangunan yang menarik, yaitu berbentuk seperti cangkang. Tempat ini berfungsi sebagai venue dari event-event terkenal, seperti pertunjukan teater, musikal, balet, dan masih banyak lagi.

2. Hyde Park

Hyde Park menjadi salah satu tempat wisata di Sydney yang gratis, alias tidak berbayar. Di taman ini, kamu bisa menikmati udara yang sejuk dengan pemandangan yang asri. Hyde Park merupakan taman tertua di Sydney yang masih menjadi tujuan wisata para wisatawan atau pun penduduk asli di kota ini. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Hyde Park, seperti bersantai, olahraga, piknik, dan sebagainya. Waktu yang tepat untuk menikmati kesejukan di taman ini adalah saat pagi atau sore hari, ketika matahari tidak terlalu terik. Di sini, kamu juga bisa melihat ANZAC, salah satu bangunan bersejarah di Sydney.

3. Taronga Zoo

Sama seperti kota dan negara lainnya, Sydney memiliki sebuah kebun binatang yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Taronga Zoo merupakan kebun binatang yang namanya terkenal hingga skala internasional. Untuk masuk ke tempat wisata di Sydney ini, kamu memang akan dikenakan biaya yang cukup mahal. Namun, akan terbayar kok setelah kamu masuk dan berinteraksi dengan hewan-hewan di tempat ini.

4. Art Gallery of New South Wales

Buat kamu yang mencintai dan tertarik pada bidang seni, maka kamu wajib untuk menyempatkan datang ke Art Gallery of NSW saat di Sydney. Art gallery ini menampilkan banyak karya seni tidak hanya yang berasal dari Australia, tetapi juga dari dunia internasional. Di tempat wisata di Sydney ini kamu bisa melihat karya seni yang indah. Serta bisa memberikan kamu pengalaman berbeda melalui koleksi-koleksi pameran hingga penelitian dari tempat ini.

5. Bondi Beach

Bondi Beach merupakan salah satu tempat wisata di Sydney yang terkenal. Selain bisa menikmati keindahan pantai dengan air laut berwarna biru kehijauan, Bondi Beach memang menjadi tempat wisata yang asik untuk berjemur atau berolahraga. Di pantai ini, kamu bisa menikmati olahraga pantai yang seru, seperti surfing dan voli pantai. Jadi, kamu bisa menghabiskan waktu dengan seru-seruan di pantai ini. Kamu juga bisa menemukan tempat untuk berbelanja ataupun makan. Tidak ada biaya masuk lho, untuk bisa menikmati keindahan pantai di Sydney satu ini.

6. Morisset Park

Bisa berinteraksi langsung dengan binatang asal Australia seperti Kanguru, tentu bisa menjadi pengalaman yang takkan terlupakan. Di Morisset Park, kamu bisa berinteraksi langsung dengan Kanguru yang hidup di alam liar ini. Kamu juga bisa lho mengajak Kanguru-Kanguru yang ada disana untuk ber-selfie ria. Tentunya hal ini bisa menjadi pengalaman langka yang tidak bisa kamu temui di tempat lain.

7. Darling Harbour

Bersantai sambil menikmati keindahan Sydney bisa kamu lakukan dengan berjalan-jalan di sekitar Darling Harbour. Di tempat yang tidak pernah sepi ini, kamu bisa menyaksikan pertunjukan kembang api yang indah pada saat malam hari. Tidak hanya itu, kamu juga bisa lho mencoba berbagai jenis makanan yang dijual di sekitar Darling Harbour ini sambil menikmati suasana di sini.

8. Manly Beach

Selain Bondi Beach, ada Manly Beach yang bisa kamu sambangi untuk bisa merasakan bermain di pantai Sydney. Saat musim panas, pantai ini menjadi salah satu pantai favorit untuk melakukan berbagai water sport, seperti surfing, parasailing, snorkeling, scuba diving, dan berenang di tepi pantai. Manly Beach juga menjadi tempat yang asik untuk nongkrong. Kamu bisa mengunjungi kafe-kafe yang ada di sekitar pantai ini dan menikmati semilir angin dari pantai.

9. Sydney Harbour Bridge

Selain Opera House, Sydney Harbour Bridge juga menjadi salah satu ikon dari Kota Sydney dan juga negara Australia. Sebetulnya, Sydney Harbour Bridge ini merupakan sebuah jembatan yang menjadi jalur utama dari penyebrangan Sydney Harbour. Jembatan dari kerangka besi dengan bentuk melengkung ini merupakan jembatan yang menghubungkan antara Pusat Bisnis Sydney dengan North Sydney. Namun, bentuknya yang unik dan terlihat begitu megah, menjadikan Sydney Harbour Bridge menjadi salah satu tempat wisata yang biasa dikunjungi wisatawan saat berada di kota ini.

10. Market City

Tidak lengkap rasanya apabila berlibur atau berkunjung ke suatu tempat namun tidak berbelanja barang-barang khas di tempat tersebut. Berbicara soal jalan-jalan, tentu ada oleh-oleh yang perlu kamu beli sebagai buah tangan untuk kerabat. Market City bisa menjadi tujuan belanja kamu di Sydney karena barang-barang dijual dengan harga yang murah.

11. Wollongong Lighthouse

Wollongong Harbour Breakwater Lighthouse atau yang terkenal dengan Wollongong Lighthouse adalah destinasi yang wajib dikunjungi di Wollongong. Lighthouse ini sudah tidak aktif lagi sejak tahun 1974, namun hingga saat ini masih kokoh berdiri di salah satu tepi pantai Wollongong. Di sekitar area ini terdapat tempat makan dan pelabuhan kecil. Tempat ini juga kerap dijadikan spot foto pre-wedding karena instagramable.

12. North Wollongong Beach

North Wollongong Beach merupakan tempat wisata di Kota Wollongong dan salah satu pantai terindah yang ada di sini. Objek wisata hits ini sangat cocok untuk wisata keluarga karena ada beberapa fasilitas yang menarik bagi anak-anak dan orang dewasa seperti rock pool. Kamu bisa berenang dan merasakan sensasi air laut di rock pool. Selain itu, bagi kamu yang hobi berselancar, pantai ini cocok banget lho karena memiliki ombak-ombak yang cukup tinggi. Tak hanya itu, pantai ini juga dilengkapi fasilitas barbeque, lapangan voli, kamar mandi, dan tempat makan.

13. Bald Hill

Bald Hill menyajikan keindahan alam yang spektakuler. Tempat wisata di Wollongong ini cocok untuk melihat keindahan alam di sekitar kota. Tidak hanya pantai-pantai yang terlihat, tetapi juga bukit-bukit indah di sekitar kota. Waktu yang cocok untuk mengunjungi Bald Hill adalah saat siang dan malam hari untuk merasakan sensasi hang gliding di Wollongong.

14. Sea Cliff Bridge

Sea Cliff Bridge merupakan tempat wisata lain yang tidak kalah indahnya. Destinasi wisata di Wollongong ini adalah jembatan yang panjangnya 665 meter yang kerap digunakan sebagai tempat berlari kala pagi dan sore hari.

15. Kiama

Suasana tempat ini mirip dengan Wollongong Light House. Namun, satu hal yang membedakannya yaitu blowhole yang merupakan sebuah batu besar yang bolong di tengahnya sehingga dapat mendorong ombak laut hingga 20 meter ke atas. Selain blowhole, kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk melihat keindahan alam di sekelilingnya. Terdapat juga beberapa tempat makan dan pusat perbelanjaan di Kiama.

16. Symbio Wildlife Park

Mencari tempat wisata anak? Coba deh melipir ke Symbio Wildlife Park. Destinasi wisata di Wollongong ini menawarkan pengalaman berinteraksi dengan hewan khas Australia. Pada saat masuk, kamu akan diberi makanan Kanguru dan Wallaby. Selain dua hewan tersebut, kamu juga bisa melihat emu, meerkat, cheetah, panda merah, buaya, dan monyet Golden Lion Tamarin.

17. Historical Aircraft Restoration Society

Berdiri pada 1979, museum ini merupakan organisasi non-profit yang bertujuan melestarikan sejarah pesawat Australia. Semua pesawat memiliki cerita masing-masing lho, kamu bisa menemukan pesawat dari peristiwa perang dunia kedua. Hal yang terkenal di sini adalah merasakan bagaimana jalan di atas sayap pesawat Boeing 747. Kamu bisa foto-foto juga lho dan pastinya instagramable banget!

18. Nan Tien Temple

Untuk kamu yang suka wisata religi, tak ada salahnya mengunjungi kuil Buddha Nan Tien. Objek wisata di Wollongong ini memiliki keindahan arsitektur yang bisa kamu rasakan saat menginjakkan kaki di pelataran taman kuil Nan Tien. Terdapat juga beragam festival yang bisa kamu saksikan di sini lho!

19. Pantai Wattamolla

Ingin menikmati hamparan pasir putih dan air laut? Kamu bisa mengunjungi Pantai Wattamolla. Di sini, kamu juga bisa snorkeling, berenang, atau hanya sekadar berjalan-jalan santai di hutan. Adanya pohon-pohon menjulang tinggi menambah asyiknya Pantai Wattamolla untuk dijadikan spot wisata keluarga.

20. Kelly Falls

Suka dengan wisata air terjun? Tak ada salahnya berkunjung ke Kelly Falls. Tempat wisata di Wollongong ini cocok untuk area piknik keluarga di alam terbuka. Di sini, kamu akan menemukan air terjun dengan air yang jernih yang jatuh dari atas tebing.

21. Dolphin Watch Cruises

Salah satu objek wisata yang terkenal di New South Wales adalah tur lumba-lumba. Dimulai dari jam 10 pagi, tur ini akan mengajakmu keliling Jervis Bay untuk melihat lumba-lumba. Kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat ikan paus humpback di sepanjang perjalanan. Jika mengikuti tur ini, siap-siap menggunakan baju yang hangat ya karena angin laut yang kencang bisa membuatmu kedinginan.

22. Jervis Bay Marine Park

Tempat wisata di Kota Huskisson ini memiliki dua hal yang menarik sehingga wajib dikunjungi. Pertama, kamu bisa menjelajah via jalan setapak selama satu jam sembari menikmati hutan pohon gumtree. Banyak spot foto instagramable yang bisa kamu ambil sepanjang jalan ini. Kedua, keindahan salah satu pantai dengan pasir terputih di dunia. Terdapat dua pantai yang wajib dikunjungi, yakni Pantai Greenfield dan Pantai Hyams.

23. Blue Mountains National Park

Penat berkeliling di Kota Sydney? Mungkin itu tanda-tandanya kamu perlu eksplor wisata alam di Sydney dengan berkunjung ke Blue Mountains National Park. Destinasi wisata di Sydney ini merupakan ikon wisata di Australia. Terdapat banyak kegiatan luar ruangan yang layak untuk dicoba, seperti hiking, rock climbing, abseiling, dan mountain biking.

24. Byron Bay

Di pesisir utara New South Wales, kamu bisa menemukan tempat wisata menakjubkan, yakni Byron Bay. Kombinasi antara pesisir pantai dan dataran tinggi membuat Byron Bay wajib dikunjungi. Terdapat berbagai hal yang bisa kamu lakukan, seperti hiking sepanjang Cape Byron Track menuju Lighthouse. Dari atas Lighthouse, kamu bisa menikmati pemandangan laut serta lumba-lumba dan paus.

25. South Coast

Tak hanya pesisir utara dengan hutan hujan tropisnya, pesisir selatan dari New South Wales juga memiliki banyak objek wisata yang wajib dikunjungi. Adalah South Coast, tempat yang cocok untuk wisata pantai yang serupa dengan Gold Coast.

26. Taman Nasional Mungo

Terletak di jantung New South Wales, Taman Nasional Mungo menawarkan sensasi liburan bak berada di Mesir. Soalnya, taman nasional ini dikelilingi oleh pasir. Kamu bisa menjelajah taman nasional dengan sepeda. Objek wisata di taman ini yang kerap dikunjungi adalah Danau Mungo yang merupakan danau kuno bersejarah.

27. Sapphire Coast

Sapphire Coast atau yang terkenal dengan Bega Valley merupakan objek wisata di pesisir selatan New South Wales. Terdapat banyak pantai dan hutan belantara yang jarang diketahui pelancong. Kamu bisa menemukan satwa liar dan flora dari beragam varietas.

28. Sydney Aquarium

Melipir sejenak ke kawasan Darling Harbour, kamu bisa mengunjungi Sea Life Sydney Aquarium. Aquarium yang satu ini terbilang unik karena terdapat delapan zona wilayah di dalamnya. Selain itu, kamu bisa melihat 700 spesies hewan dan 1.300 jenis ikan khas Australia. Adapun di zona Jurassic Seas, kamu bisa melihat hewan laut purbakala yang masih hidup hingga sekarang. Kemudian, di Dugong Island kamu dapat menyaksikan atraksi petugas yang memberi makan dugong.

29. Paddy’s Market

Ingin berbelanja dan mencari harga yang murah di Sydney? Datang saja ke Paddy’s Market. Ini adalah tempat untuk membeli barang-barang khas Australia dengan harga yang murah. Selain dapat menemukan benda dan makanan khas Australia, kamu juga bisa menemukan benda-benda seni khas Suku Aborigin lho!

30. Sydney Tower

Sydney Tower merupakan bangunan tertinggi di Kota Sydney dan tertinggi kedua di Australia. Menara setinggi 309 meter ini memang dibuka untuk umum sehingga kamu bisa mengunjungi tempat wisata hits ini. Di dalamnya terdapat tempat makan yang menawarkan rasa kuliner khas Australia dengan latar belakang pemandangan Sydney. Selain itu, kamu juga bisa membeli tiket ke Observation Deck untuk menyaksikan pemandangan Sydney dalam sudut 360 derajat.