Apa Itu Hotel Refund?

Batal nginep di hotel? Sobat tiket nggak perlu repot lagi karena sekarang, kamu sudah bisa mengajukan refund melalui aplikasi tiket.com! Hotel Refund memungkinkan kamu untuk mendapatkan uang kamu kembali setelah membatalkan pemesanan hotel. 

Bagaimana Cara Refund Pesanan Kamar Hotel di tiket.com?

Cara Refund Hotel Mudah Dengan Hotel Refund! | tiket.com

1. Buka halaman Your Orders

Menu Your Orders tersedia di panel bawah aplikasi tiket.com, lalu tap "Hotel". 

 

Cara Refund Hotel Mudah Dengan Hotel Refund! | tiket.com

2. Pilih pemesanan hotel yang ingin kamu batalkan

Pilih pesanan yang ingin kamu batalkan (pastikan pemesanan dapat dikembalikan sesuai dengan kebijakan pembatalan dari tiap-tiap hotel. Jika tidak, maka tombol dalam keadaan nonaktif).

 

Cara Refund Hotel Mudah Dengan Hotel Refund! | tiket.com

3. Tap tombol "Refund" 

Scroll ke bawah dari pesanan yang kamu pilih untuk menemukan tombol “Refund”, tap untuk lanjut. Jika kamu memesan dengan fitur Bayar di Hotel, tombol akan muncul sebagai “Batalkan Pesanan”.

 

Cara Refund Hotel Mudah Dengan Hotel Refund! | tiket.com

4. Pilih alasan Refund

Tap “Kenapa ingin ajukan refund?” untuk memilih alasan Refund yang ingin kamu ajukan. Kemudian tap “Hitung Estimasi” untuk meninjau jumlah perkiraan Refund.

Cara Refund Hotel Mudah Dengan Hotel Refund! | tiket.com

5. Tap “Mulai Proses Refund”

Setelah selesai meninjau jumlah perkiraan refund yang akan kamu terima, tap tombol “Mulai Proses Refund” untuk lanjut.

 

Cara Refund Hotel Mudah Dengan Hotel Refund! | tiket.com

6. Baca Syarat dan Ketentuan

Centang kotak Syarat & Ketentuan sebagai tanda kamu telah membaca dan menyetujui ketentuan yang berlaku. Lalu, tap “Ajukan Permohonan Refund”. Kalau kamu bayar dengan kartu kredit, pengembalian uang akan dikreditkan ke kartu kredit terdaftar (kamu tidak dapat mengubah opsi transfer refund). Kalau kamu menggunakan metode pembayaran lain, kamu bisa memilih rekening bank yang telah terdaftar di akun tiket.com-mu atau tambahkan rekening baru.

 

Cara Refund Hotel Mudah Dengan Hotel Refund! | tiket.com

7. Konfirmasi pengajuan refund

Setelah menyetujui Syarat & Ketentuan yang berlaku, tap tombol “Proses Refund” dan pengajuan refund-mu akan segera diproses.

Cara Refund Hotel Mudah Dengan Hotel Refund! | tiket.com

8. Permohonan pengajuan refund berhasil

Tap “Lihat Daftar Refund” untuk melihat dan memantau status refund-mu. Setelah proses refund berhasil, status refund akan berubah secara otomatis. 

Syarat & Ketentuan Refund Hotel

FAQ Tentang Refund Hotel

  1. Jumlah dana refund yang kamu terima tergantung pada kebijakan setiap hotel. Setelah melakukan pengajuan refund, kamu bisa melihat total estimasi dana yang akan kamu terima. 
  2. Jika kamu menggunakan metode pembayaran kartu kredit pada saat memesan, maka dana refund kamu akan dikembalikan ke rekening kartu kredit yang kamu gunakan. Sedangkan untuk metode pembayaran lainnya (kecuali metode Cicilan Tanpa Kartu Kredit), dana refund kamu akan dikembalikan ke rekening bank milik kamu. Pastikan untuk mencantumkan rekening bank yang valid.
  3. Jika kamu membayar pesanan seluruhnya menggunakan tiket Point, maka dana refund akan dikembalikan dalam bentuk tiket Point ke akun kamu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan sistem tiket Point + debit/kredit/transfer/pay later. Jika kamu ingin melakukan refund, maka jumlah tiket Point yang digunakan saat melakukan pembayaran akan kembali ke akun kamu, dan jumlah uang yang dibayarkan akan kembali ke rekening bank atau kartu kredit yang terdaftar.
  4. Jika kamu melakukan pembayaran dengan metode Cicilan Tanpa Kartu Kredit (Kredivo atau Akulaku), maka dana refund akan dikembalikan dalam bentuk penambahan limit pemakaianmu atau chargeback akun Kredivo atau Akulaku yang kamu miliki. 
  5. Jika kamu mendapatkan reward tiket Point dari hasil pembayaran pesanan di awal, dan kamu melakukan refund, maka reward tiket Point yang kamu dapatkan saat pemesanan di awal akan hangus. 
  6. Jika kamu membayar pesanan seluruhnya menggunakan gift voucher, kamu tidak bisa mendapatkan refund gift voucher/promo code. Jika kamu membayar sebagian pesanan dengan gift voucher, jumlah yang dibayarkan dengan gift voucher juga tidak akan dikembalikan dalam proses refund. 
  7. Kamu bisa mengecek status dan detail refund melalui halaman “My Order.” 
  8. Jumlah estimasi dana refund yang tertera dan besaran dana refund yang kamu terima bisa berbeda dikarenakan adanya perubahan nilai tukar mata uang dan atau perubahan kebijakan hotel. Selain itu, jumlah estimasi dana refund tertera belum termasuk biaya transfer bank.
  9. Pengajuan refund yang sudah dikirimkan tidak dapat dibatalkan karena setiap pengajuan akan langsung diproses.
  10. Proses refund melalui tiket.com dilakukan selambat-lambatnya dalam waktu sampai dengan 14 (empat belas) hari kerja sejak permintaan refund diterima oleh tiket.com atau ditentukan lain menurut kebijakan hotel dan disertai dengan kelengkapan data dan dokumen yang disyaratkan. tiket.com tidak bertanggung jawab jika mitra penyedia secara hukum tidak dapat melakukan pengembalian dana kepada pelanggan. Proses refund tersebut dapat dikenakan biaya. Jika kamu masih belum menerima refund dalam kurun waktu tersebut, mohon hubungi customer care tiket.com. Ketentuan refund ini menggantikan seluruh ketentuan refund yang dinyatakan di dokumen lain.

  11. tiket.com tidak menerima refund sebagian. Refund untuk pemesanan hotel akan berlaku untuk seluruh masa menginap dan jumlah kamar yang sudah tercantum pada satu nomor pesanan/satu kode booking.

Bagikan ke