Apa Itu Asuransi COVID-19?

Di tengah pandemi ini, kamu tentu membutuhkan perlindungan lebih untuk kesehatan dan keselamatanmu. Asuransi COVID-19 hadir sebagai solusi perlindungan diri dari COVID-19 dengan total santunan hingga IDR 20 juta.

 

Sekarang, kamu nggak perlu khawatir lagi saat terbang pada masa pandemi ini. Dengan asuransi dari tiket.com, kamu dapat menikmati perjalanan yang lebih aman dengan perlindungan ekstra.

Manfaat Asuransi COVID-19

Berikut adalah detail cakupan dan kompensasi dari Asuransi COVID-19. Jumlah yang tertera adalah kompensasi maksimum.

 

Benefit

Limit Pertanggungan

Periode Pertanggungan

Santunan meninggal dunia dan cacat tetap akibat kecelakaan

IDR 20.000.000

Berlaku lump sum

30 hari sejak tanggal keberangkatan
Santunan tunai harian rawat inap akibat COVID-19

IDR 250.000/hari

Maks. IDR 3.500.000

(Nilai ini merupakan akumulasi, jika "santunan isolasi mandiri akibat COVID-19" sudah diklaim, maka sisanya akan dibayarkan untuk manfaat ini) 

Santunan isolasi mandiri akibat COVID-19

IDR 1.000.000

Berlaku lump sum

Penggantian biaya tes PCR akibat terdiagnosis positif COVID-19

Sesuai nilai kerugian, maks. IDR 1.000.000

Pembatalan perjalanan akibat COVID-19

Sesuai nilai kerugian, maks. IDR 750.000

3 hari sebelum tanggal keberangkatan
Santunan kehilangan pendapatan akibat COVID-19

IDR 1.250.000

Berlaku lump sum apabila dirawat di RS maupun faskes

30 hari sejak tanggal keberangkatan
Harga premi per pax IDR 25.000  

Syarat & Ketentuan

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Manfaat Asuransi

Dokumen Klaim

Bantuan & Klaim

  1. Perlindungan Asuransi COVID-19 adalah produk asuransi yang diterbitkan oleh PT Asuransi Wahana Tata (Aswata) yang bertindak sebagai Penanggung dan telah mendapatkan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  2. Tertanggung berarti orang yang namanya terdaftar sebagai peserta asuransi dengan melakukan pembelian produk asuransi ini bersamaan dengan pembelian tiket pesawat melalui tiket.com.
  3. Asuransi COVID-19 ini hanya dapat dibeli melalui halaman www.tiket.com, m.tiket.com, dan aplikasi tiket.com (Android & iOS).
  4. Asuransi COVID-19 ini berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI) berdomisili di Indonesia dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki izin tinggal di Indonesia, dan berusia antara 2 (dua) hingga 65 (enam-puluh lima) tahun. Apabila Tertanggung berusia dibawah 2 (dua) tahun atau lebih dari 65 (enam-puluh lima) tahun pada saat periode pertanggungan polis asuransi berlangsung dan Tertanggung melakukan pengajuan klaim, maka klaim akan otomatis ditolak.
  5. Asuransi COVID-19 ini berlaku di seluruh wilayah dan yurisdiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  6. Asuransi COVID-19 ini menjamin pengguna layanan tiket.com yang melakukan pembelian tiket perjalanan menggunakan pesawat , dari dan untuk ke seluruh wilayah di Indonesia.
  7. Tertanggung yang dapat dijamin adalah yang namanya tertera pada polis asuransi / surat rangkuman perlindungan yang sama dengan nama yang tertera pada tiket pesawat yang dibeli bersamaan dengan produk Asuransi COVID-19 ini.
  8. tiket.com tidak melakukan pengelolaan terhadap premi asuransi dan hanya berperan sebagai perantara antara Anda sebagai Tertanggung dengan Penanggung melalui halaman situs web atau aplikasi milik tiket.com.
  9. tiket.com berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila ditemukan tindakan kecurangan dari Anda sebagai pengguna layanan tiket.com yang sehubungan dengan produk asuransi ini.
  10. Penanggung berhak, dan tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan perubahan pertanggungan produk asuransi ini, memperbaharui dari waktu ke waktu terkait syarat dan ketentuan produk asuransi ini selama tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia, Anda disarankan melakukan pengecekan Syarat dan Ketentuan produk asuransi ini dari waktu ke waktu sebelum melakukan pembelian produk asuransi.Santunan meninggal dunia karena kecelakaan diberikan apabila peserta meninggal dunia karena kecelakaan pada periode polis, sesuai limit pertanggungan yang dipilih.
  11. Dengan membeli produk Asuransi COVID-19 ini, Anda sebagai Tertanggung akan mendapatkan manfaat asuransi sesuai dengan yang tertera pada Tabel Manfaat yang terdapat pada bagian Manfaat Asuransi.Nama yang ditanggung wajib sama dengan nama yang tertera pada tiket yang dibeli bersamaan dengan Asuransi ini.
  12. Dengan membeli Asuransi COVID-19 ini, Anda berarti setuju dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Penanggung, termasuk pada hasil keputusan atas klaim yang Anda ajukan dikemudian hari.
  13. Sebagai Tertanggung, Anda dapat mengajukan klaim Asuransi COVID-19 ini dengan mengakses tautan yang terdapat pada bagian Bantuan dan Klaim. Segala biaya yang timbul untuk mendapatkan dokumen atau bukti yang dipersyaratkan untuk proses verifikasi klaim merupakan tanggungan Anda.
  14. Produk asuransi ini bersifat non-refundable dengan alasan apapun.
  15. Asuransi COVID-19 ini memberikan manfaat (1) Santunan Meninggal Dunia dan Cacat Tetap akibat Kecelakaan selama perjalanan yang dipertanggungkan, (2) Santunan Tunai Harian Rawat Inap di rumah sakit akibat terdiagnosa positif COVID-19, (3) Santunan Isolasi Mandiri akibat terdiagnosa positif COVID-19, (4) Penggantian Biaya PCR test akibat terdiagnosa positif COVID-19, (5) Penggantian biaya Pembatalan Perjalanan akibat terdiagnosa positif COVID-19, (6) Santunan Kehilangan Pendapatan akibat terdiagnosa positif COVID-19.
  16. Khusus manfaat (2) Santunan Tunai Harian Rawat Inap di rumah sakit akibat terdiagnosa positif COVID-19, batas nilai pertanggungan yang dapat diberikan oleh Penanggung merupakan akumulasi jika manfaat (3) Santunan Isolasi Mandiri akibat terdiagnosa positif COVID-19 telah diklaim terlebih dahulu. Dan jika manfaat (2) Santunan Tunai Harian Rawat Inap di rumah sakit akibat terdiagnosa positif COVID-19 telah di klaim hingga batas tertinggi nilai pertanggungan, maka tidak ada penggantian tambahan yang dapat dibayarkan untuk manfaat (3) Santunan Isolasi Mandiri akibat terdiagnosa positif COVID-19 jika terdapat klaim setelahnya.
  17. Khusus manfaat (4) Penggantian Biaya PCR test akibat terdiagnosa positif COVID-19 akan dibayarkan apabila pemeriksaan tersebut dilakukan setelah perjalanan telah selesai dilakukan dan selama periode pertanggungan polis asuransi ini aktif.
  18. Periode pertanggungan polis asuransi adalah 1 (satu) bulan sejak jadwal keberangkatan terjadwal pada tiket pesawat kecuali untuk manfaat (5) Penggantian biaya Pembatalan Perjalanan akibat terdiagnosa positif COVID-19 berlaku dari 3 (tiga) hari sebelum tanggal keberangkatan terjadwal pada tiket pesawat dan berakhir pada tanggal keberangkatan terjadwal pada tiket pesawat
  19. Asuransi COVID-19 ini dapat di-klaim sebanyak 1 (satu) kali klaim selama periode pertanggungan polis asuransi berlangsung.
  20. Apabila Tertanggung memiliki lebih dari 1 (satu) polis aktif, maka klaim hanya dapat dilakukan pada 1 (satu) polis dan untuk 1 (satu) kali perawatan saja.
  21. Pertanggungan Asuransi COVID-19 ini menjadi batal dan berakhir tanpa pengembalian (non-refundable) dalam hal Tertanggung melakukan pembatalan, penjadwalan ulang, atau tidak melakukan boarding pada penerbangan sesuai dengan jadwal pada tiket penerbangan yang dibeli (kecuali pembatalan akibat terdiagnosa positif COVID-19, maka pertanggungan tetap berlaku).
  22. Bukti kepesertaan Asuransi COVID-19 ini akan dikirimkan dalam bentuk elektronik melalui surat elektronik (email) berupa Surat Rangkuman Perlindungan dan Ketentuan Polis.
  23. Tidak ada masa tunggu (waiting period) atau masa aktivasi polis (policy activation period) untuk Asuransi COVID-19 ini.
  24. tiket.com tidak memiliki kewajiban dan/atau tanggung jawab apapun terkait dengan pembelian produk Asuransi COVID-19 yang dilakukan oleh pengguna layanan tiket.com.
  25. Tertanggung disarankan untuk membaca dengan seksama semua penjelasan tentang jaminan dan pengecualian yang terkandung dalam Ketentuan Polis Asuransi COVID-19 ini.
  26. Asuransi COVID-19 merupakan produk asuransi milik PT Asuransi Wahana Tata (Aswata).
  27. Pengecualian pertanggungan produk Asuransi COVID-19:
    • Kematian yang terjadi bukan akibat dari kecelakaan atau terjangkit COVID-19;
    • Tertanggung melakukan bunuh diri / percobaan bunuh diri, dan sejenisnya;
    • Tertanggung dihukum mati oleh pengadilan;
    • Tindak pidana yang dilakukan oleh Tertanggung yang menyebabkan kerugian;
    • Segala kerugian yang timbul dari kondisi yang sudah ada sebelumnya (pre-existing conditions), kondisi bawaan (congenital conditions) dan kondisi keturunan (hereditary conditions);
    • Tertanggung terlibat dalam penugasan militer atau kepolisian atau penerbangan non-komersial atau kegiatan olahraga berbahaya apapun;
    • Segala kerugian yang timbul terkait dengan kehamilan atau persalinan atau kesuburan atau mempercantik diri atau tindakan medis lainnya yang pernah dijalani sebelumnya;
    • Kerugian yang timbul akibat kelainan mental atau kejiwaan, kecanduan alkohol atau obat-obatan (narkoba);
    • Segala kerugian yang timbul akibat dari AIDS atau infeksi kuman HIV;
    • Segala kerugian yang timbul akibat dari penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual;
    • Penyakit yang digolongkan sebagai bencana alam, yang dinyatakan oleh pemerintah;
    • Pemeriksaan kesehatan rutin atau pemeriksaan medis yang dilakukan bukan untuk maksud pengobatan cedera akibat kecelakaan atau terjangkit COVID-19;
    • Tertanggung masuk dalam daftar terorisme dan daftar hitam;
    • Pengecualian lainnya sesuai PSAKDI 2016 (berlaku untuk manfaat (1) Santunan Meninggal Dunia dan Cacat Tetap akibat Kecelakaan).
  28. Anda mengizinkan PT Asuransi Wahana Tata untuk menggunakan atau memberikan informasi dan/atau keterangan lainnya mengenai Anda selaku Tertanggung yang tersedia, diperoleh, atau disimpan oleh PT Asuransi Wahana Tata (sesuai yang tercantum dalam permintaan penerbitan polis pertanggungan ini, polis, atau dokumen lain dari produk asuransi) dalam rangka pengajuan penerbitan polis pertanggungan ini, penginformasian ketentuan polis atas pengajuan penerbitan polis pertanggungan ini, permintaan data dalam hal penanganan klaim atas pertanggungan ini, serta pembayaran klaim atas pertanggungan ini. Anda juga mengerti bahwa Anda berhak untuk melakukan koreksi atau penambahan atas informasi dan keterangan mengenai Anda selaku Tertanggung tersebut dengan menghubungi PT Asuransi Wahana Tata.
  29. Anda memberikan wewenang kepada PT Asuransi Wahana Tata untuk menggunakan dan/atau memberikan informasi dan/atau keterangan mengenai Anda selaku Tertanggung kepada pihak lain yaitu reasuransi (dalam hal pensesian risiko asuransi) dan/atau regulasi dan/atau lembaga yang memiliki hubungan kerja sama dengan PT Asuransi Wahana Tata (jika ada) sehubungan dengan polis pertanggungan ini. Data yang diberikan adalah data Anda selaku Tertanggung yang berkaitan dengan penerbitan polis pertanggungan ini dan hanya untuk kepentingan pertanggungan asuransi.

Bagikan ke